[Teknologi] Remote Control untuk Mengemudikan Mobil

Pernahkah Anda kesulitan untuk parkir di tempat yang sempit, yang saking sempitnya sampai hampir tak ada ruang untuk membuka pintu? Apa yang Anda lakukan jika menghadapi situasi seperti ini? Membuang waktu lagi untuk mencari tempat yang lebih lega? Atau mendorong mobil Anda secara perlahan ke tempat semestinya?

Perusahaan pembuat mobil asal China, BYD Technologies, memamerkan sebuah teknologi baru dalam perhelatan Beijing International Auto Show 2012 lalu. Teknologi yang ditanamkan pada mobil F3 Plus ini bernama Remote Driving Controller. Konsep ini memungkinkan Anda untuk mengendalikan mobil untuk bergerak maju, mundur, belok kiri dan kanan tanpa harus berada di dalamnya, menggunakan remote sederhana yang mirip seperti remote speaker.

BYD mengklaim bahwa teknologi ini adalah yang pertama kali diterapkan pada mobil untuk konsumer. Meski begitu, kami amat meragukan teknologi ini, terutama efektivitasnya. Ada kemungkinan kemampuan seseorang mengendalikan mobil dengan remote akan lebih buruk dibandingkan kemungkinan mengemudinya.

Tentu saja, Anda hanya bisa mengendalikan mobil tersebut menggunakan remote control dengan kecepatan terbatas. Karena memang teknologi ini ditanamkan untuk membantu jika Anda terjebak dalam situasi di atas. Ke depannya, fitur ini akan menjadi standar dalam seri F3 Plus yang sudah beredar sejak tahun lalu tersebut. Namun belum ada informasi mengenai harga dan kemungkinan mobil tersebut masuk ke Tanah Air. Apakah teknologi tersebut akan populer di masa mendatang? Kita lihat saja.

Verified by MonsterInsights