Nokia Indonesia Terus Pacu Perkembangan Aplikasi Lokal

Affath Firdausi, mahasiswa UI yang masih meneruskan skripsinya, mungkin tak pernah menyangka sebelumnya bisa menjadi pengembang lokal yang terpilih untuk terbang ke Finlandia untuk magang dan belajar selama sepekan di markas besar ROVIO, pencipta Angry Birds yang tersohor itu. Hal itu terungkap setelah Nokia dalam kerja samanya dengan Rovio, menyelesaikan proses penjurian untuk memilih pengembang aplikasi yang berhasil dalam Nokia Asha Apps Challenge lalu, sebuah kompetisi bagi para pengembang aplikasi lokal untuk memberikan ide bertema Indonesia di aplikasi Angry Birds, untuk seri Nokia Asha.

Affath dengan aplikasi Klepon Stack, berhasil mengangkat budaya lokal dengan menjadikan 3 makanan ringan khas Indonesia seperti klepon dan wajik, menjadi permainan sederhana namun menantang. Game ini pun sudah tersedia di Nokia Store untuk diunduh. Saat kami berkunjung ke laman tersebut, terlihat begitu banyak responden yang memberikan rating 5 bintang dan tanggapan positif, dengan berbagai bahasa.

Selain kerja sama dengan Rovio untuk Nokia Asha Apps Challenge, Nokia juga mengumumkan sebuah program kompetisi pengembang aplikasi, yakni Nokia Lumia Apps on Demand, untuk aplikasi berbasis Microsoft Windows Phone. Di program ini, para konsumen diajak untuk memberikan ide dan saran akan aplikasi ideal yang mereka inginkan di smartphone Nokia Lumia mereka. Ide dan saran akan ditampung di halaman Facebook Nokia Indonesia, untuk kemudian menantang para pengembang aplikasi untuk menciptakan aplikasi-aplikasi berdasarkan ide dari para konsumen tersebut.

Risman Adnan, Director of Developer & Platform Group Evangelism Microsoft Indonesia, dalam acara yang berlangsung kemarin (26/40 di Restoran Kembang Goela Jakarta tersebut, menyambut hal ini dengan positif.

“Ekosistem Windows Phone mencatatkan jumlah pendaftaran aplikasi baru ke Marketplace yang sangat tinggi, baik di tingkat internasional maupun di Indonesia. Ini merupakan bukti akan ketertarikan para pengembang aplikasi untuk menciptakan berbagai konten yang menarik untuk OS Windows Phone. Kami di Microsoft Indonesia bekerja erat dengan mitra kami di Nokia Indonesia untuk tidak hanya membangun ekosistem pengembang aplikasi, tapi juga memupuk dan membimbing mereka untuk menjadi entrepreneur generasi berikutnya.”

Ekosistem Windows Phone di tingkat global mengalami perkembangan yang luar biasa pesat. Dengan lebih dari 70.000 aplikasi yang tersedia, dan lebih dari 300 aplikasi yang didaftarkan tiap harinya, terjadi perkembangan pendaftaran sebesar tiga kali lipat dalam waktu dua belas bulan.

Verified by MonsterInsights