Quantcast
Aksesoris KomputerKomputerNews

ARM Cortex-M0+: Prosesor Paling Hemat Energi di Dunia

arm cortex M0+ a

ARM Cortex processor yang biasanya dijumpai pada perangkat mobile, kembali memperkenalkan processor terbarunya yang bernama ARM Cortex-M0+. Prosesor terbaru ini merupakan penerus dari generasi sebelumnya yaitu Cortex-M0 yang merupakan prosesor terkecil dari produk ARM.

Processor ARM terbaru mengusung teknologi 90nm – 32-bit yang diklaim Low-Cost dan Low-Power. Tidak hanya itu, ARM Cortex-M0+ ini mampu menggurangi daya hingga sepertiga dari energi yang digunakan oleh 8-bit atau 16-bit prosesor. Dan hal ini tidak mempengaruhi peningkatan pada performanya.

Namun ARM Cortex-M0+ saat ini lebih ditujukan untuk mendukung perangkat rumah, medical monitoring, pengukuran, lighting dan piranti control lainnya. Dimana semua itu menjadi keuntungan dari Cortex chip baru yaitu ARM Cortex-M0+ yang low-cost, low-power namun high performance.

CPU ini juga hadir dengan beberapa fitur baru seperti Single-cycle IO untuk kecepatan akses GPIO dan meningkatkan proses debug (pencarian kesalahan), kemampuan trace dan 2 pipeline untuk mengurangi jumlah siklus per instruksi serta meningkatkan akses flash yang semuanya itu pengaruhnya dapat mengurangi konsumsi daya. Cortex-M0+ juga merupakan model yang cocok untuk bahasa pemrograman C dan kompatibel dengan bilangan binary.

Freescale dan NXP Semiconductor telah sepakat untuk lisensi prosesor Cortex-M0 +, dan melihat fakta bahwa 50 perusahaan lisensi prosesor Cortex-M0 sebelumnya, kita mungkin dapat mengharapkan untuk melihat banyak perusahaan lain menunjukkan dukungan mereka.

 

arm cortex M0+

Back to top button