XL Rangkul Pengembang Game Lokal, Luncurkan KotaGames

svg%3E
Muara Sipahutar dari penyedia layanan KotaGames berfoto bersama GM Content & Application XL Revie Sylviana Andriani serta Riskha Adam Muharadi dari XL

Para pengembang games asal Indonesia memiliki potensi yang tidak yang kalah dibandingkan pengembang asing. Fakta tersebut mendorong XL Axiata untuk merangkul dan membantu memaksimalkan potensi yang mereka miliki sehingga mampu ikut menikmati kejayaan industri kreatif yang dipresdiksi akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang, seperti yang disampaikan oleh Direktur Teknologi, Content & New Business XL, Dian Siswarini.

“XL melihat peluang yang sangat besar pada bisnis layanan games. Setidaknya di Indonesia terdapat sekitar 40 juta pengguna Facebook, 20 juta FB gamers, belum lagi mobile game dan online game. Di sisi lain, kami juga melihat besarnya potensi yang ada pada para pengembang lokal Indonesia, yang banyak di antaranya prestasinya cukup dikenal di luar negeri.“

Ada 5 pengembang games lokal yang saat ini bekerjasama dengan XL dan akan terus bertambah, karena XL membuka diri untuk bekerja sama dengan sebanyak mungkin pengembang games lokal yang potensial. XL akan membantu mereka me-monetize karya mereka dengan memanfaatkan jaringan XL, termasuk juga menjembatani transaksi antara publisher/CP dengan pengguna games/on line games.

Saat ini, partner layanan Games yang bekerjasama dengan XL antara lain 3 top game publisher yaitu EA, Gameloft, dan Squarenix. Sementara itu, partner lokal, antara lain Toge Production, Agathe, Gamemachi, dan Credoland. Ada ratusan games yang merupakan produk/karya pada pengembang lokal tersebut yang tidak lama lagi akan bisa didapatkan pelanggan XL. Toge Production memiliki Necronator 2, Planetaryconflict, NFECTONATOR (yang mendapat penghargaan internasional), Agathe (al. Football Saga, dan Nyanyi Yuk – banyak meraih penghargaan), Gamemachi (al. WAP game GameMachi), dan Credoland (al. games anak Credoland).

KotaGames
XL juga meluncurkan KotaGames, yaitu Social Games berbasis WAP yang di dalamnya terdapat banyak permainan seperti Monster Fight dan Club Wars. Disebut sebagai Social Games karena pengguna bisa bermain dengan pemain lain dan mengupdate ke account Facebook atau Twitter mereka. Saat ini ada 6 permainan di KotaGames dan terus akan bertambah. Untuk mengakses layanan ini, pelanggan cukup mengakses melalui browser ponsel atau melalui kode akses khusus pengguna XL dengan menghubungi *123*5888#.

Untuk menikmati KotaGames, pelanggan cukup membayar Rp 550 (sudah termasuk PPN) selama 24 jam sehari dan sudah termasuk akses free GPRS saat mengakses KotaGames plus 1000 KGold. KGold adalah mata uang virtual (virtual credits) yang ada di dalam KotaGames yang berguna untuk membeli virtual items untuk pengembangan karakter/tokoh yang dimainkan. Meski layanan KotaGames dapat diakses melalui operator lain, namun fitur seperti penukaran pulsa telpon dengan KGold atau virtual credit dan Tariff Hemat Rp 550 hanya tersedia bagi pelanggan XL. Tarif yang dikenakan bukan merupakan tarif berlangganan.

Layanan ini sudah dapat dinikmati sejak 2 Februari lalu dengan lebih dari 50 ribu pelanggan XL yang telah memainkannya. KotaGames tidak memerlukan download ataupun instalasi apapun dan tidak mengenakan mekanisme berlangganan sehingga Anda tidak perlu melakukan UNREG apabila tidak ingin menikmati layanan ini lagi.

Verified by MonsterInsights