Mobile GadgetNewsSmartphone

Nokia Lumia 800 dan 710: Awal Era Baru Smartphone Windows Phone

Jika melihat tren yang terjadi di seluruh dunia, pasar smartphone akan didominasi dua platform yaitu iOS dan Android. BlackBerry masih terbatas pada pengguna korporat (walaupun di Indonesia faktanya cukup berbeda). Tapi ada satu platform yang sering dilupakan yaitu platform Windows Phone.

Walaupun sudah diperkenalkan sekitar satu tahun lalu, produk dan pengguna Windows Phone masih jarang ditemukan. Microsoft akhirnya cukup beruntung saat Nokia menyatakan komitmennya untuk mengadopsi platform Windows Phone sebagai platform untuk smartphone keluarannya. Kini, setelah sekitar delapan bulan sejak pengumuman tersebut, Nokia memperkenalkan duet smartphone pertamanya yang berbasis Windows Phone 7.5 Mango.

Salah satu kelebihan yang dimiliki Lumia adalah layanan gratis navigasi GPS lengkap dengan panduan suara yang diberi nama Nokia Drive. Juga terdapat layanan Nokia Music yang dulunya diberi nama Ovi Music, untuk mengunduh dan streaming musik legal di beberapa negara.

[tab: Nokia Lumia 800]

Nokia Lumia 800 merupakan seri smartphone Windows Phone 7.5 teratas untuk saat ini. Desainnya amat mirip dengan Nokia N9 yang berbasis Meego, sarat dengan sentuhan minimalis dan kesan bersih. Untuk menghadirkan pengalaman yang lebih baik, Lumia 800 mengandalkan prosesor Qualcomm single-core 1,4 Ghz, RAM 512MB, dan prosesor grafis untuk mempercepat kinerjanya saat menjalankan aplikasi dan game.

Fitur andalan lainnya adalah kamera 8 megapixel dengan lensa Carl Zeiss, autofocus, dan flash LED. Kamera ini juga mampu merekam video HD 720p. Layar 3,7 inci AMOLED dengan teknologi ClearBlack dan desain agak melengkung mendominasi bagian depannya. Kapasitas memori internal memang hanya 16GB dan tidak bisa diperluas menggunakan memory card, tapi Nokia memberikan ruang 25GB gratis dalam bentuk akun SkyDrive. Tentunya untuk mengakses file yang tersimpan di SkyDrive, Anda harus terhubung ke Internet.

Lalu berapa harga Nokia Lumia 800? Nokia berencana menjualnya di kisaran 420 EURO atau sekitar Rp 5,5 juta.

[tab: Nokia Lumia 710]

Alternatif yang lebih murah bisa didapatkan di Lumia 710 yang dibanderol sekitar 270 EURO atau sekitar Rp 3,5 juta. Untuk spesifikasi, tidak berbeda jauh kecuali pada kamera yang hanya 5 megapixel tanpa lensa Carl Zeiss dan kapasitas memori internal yang hanya 8GB. Prosesor yang digunakan sama persis dengan Nokia Lumia 800, yaitu prosesor 1,4GHz, jadi kinerja keduanya diperkirakan akan identik.

Konsep desain yang dianut Lumia 710 memang lebih muda dan menyegarkan, dengan pilihan warna yang ceria dan tutup baterai yang bisa diganti-ganti.

Back to top button