Quantcast
AplikasiNewsSymbian

Nokia Car Mode, Jadikan Smartphone Nokia Teman Berkendara

Dalam ajang konferensi IAA (Internationale Automobil Ausstellung) yang berlangsung di Frankfurt, Jerman, 14 September 2011 lalu, Nokia mengumumkan teknologi terbarunya, Nokia Car Mode. Sebuah aplikasi tunggal yang dioptimalkan untuk penggunaan smartphone Nokia di dalam mobil. Dalam penggunaannya, untuk menghindari distraksi pengendara, Nokia Car Mode memiliki halaman antarmuka yang akan mempermudah akses dan penggunaan fitur Nokia Drive (navigasi petunjuk jalan pada Nokia Maps dengan bantuan suara), berita terbaru mengenai lalu lintas, pemasang musik dan panggilan suara pada saat mengemudi.

Nokia Car Mode merupakan solusi komersial pertama yang mendukung layanan MirrorLink, yang sebelumnya dikenal dengan nama Terminal Mode. MirrorLink merupakan platform yang menghubungkan smartphone dengan mobil, didukung oleh lebih dari 20 merek global ternama dari berbagai industri yang tergabung dalam Car Connectivity Consortium (CCC). Dengan adanya MirrorLink, smartphone dapat terhubung dengan mudah pada sistem visual mobil, sistem control dan audio. Sehingga konsumen dapat mengontrol smartphone mereka melalui dasbor mobil, seakan-akan ponsel dan aplikasinya terintegrasi pada mobil tersebut.

Nokia Car Mode

Dalam impementasi penggunaan, dalam ajang IAA tersebut juga diperkenalkan perangkat lain yang mendukung layanan MirrorLink, yaitu Alpine ICS X-8. Perangkat tersebut dapat di pasang dan digunakan pada dasbord untuk mobil yang mendukung layanan MirrorLink dan ponsel dengan Bluetooth hands-free. Pada saat smartphone Nokia tersambungkan dengan Alpine ICS-X8, pengguna akan dapat mengoperasikan aplikasi smartphone dengan aman dan nyaman melalui layar sebesar 7 inci ICS-X8 dengan resolusi tinggi.

“Dengan hadirnya MirrorLink, pengguna dapat memiliki akses yang aman dan nyaman pada peta, musik dan panggilan dan ponsel mereka pada saat berada dalam mobil, bahkan pada saat menyetir. Kedepannya, MirrorLink akan memunculkan berbagai fitur menarik lainnya, karena saat ini hanyalah permulaan dimana apa yang dapat kami lakukan adalah menghubungkan perangkat pintar dengan kendaraan. Kami mengharapkan para pengembang dapat terus berinovasi untuk menghadirkan aplikasi baru yang dapat memaksimalkan penggunaan perangkat pada saat berada di mobil.” ujar Floris van de Klarshorst, Direktur Pelayanan Otomotif dari Nokia’s Location & Commerce.

Nokia Car Mode merupakan aplikasi berbasis QT. Aplikasi ini bisa didapatkan dari Nokia Ovi Store pada Q4 2011 untuk smartphone Nokia dengan system operasi Symbian Belle, meliputi Nokia 600, Nokia 700, Nokia 701 dan Nokia N9.

Back to top button