Quantcast
News

Canon XF 300 dan XF 305: Dua Camcorder untuk Para Videografer Profesional

014

Canon menghadirkan dua camcorder profesional terbarunya, XF 300 dan XF 305 di Indonesia. Kedua camcorder ini diperuntukan bagi videografer profesional yang mengedepankan inovasi terkini. Pendatang baru di jajaran camcorder ini merupakan Roll-out camcorder professional pertama yang bisa merekam langsung ke kartu compact flash (CF).

Camcorder Canon XF 300 dan XF 305 mengadopsi MPEG-2 Full HD (4:2:2) file perekaman berbasis codec untuk menghasilkan video profesional dengan detail yang tajam pada resolusi 1920 x 1080p (Full HD). Dengan ditanamkannya tiga Native Canon Sensor CMOS, kedua camcorder ini diklaim dapat menghasilkan video digital dengan gradasi warna yang natural.

Menggabungkan video, audio dan metadata ke dalam satu file tunggal, Canon XF 300 dan XF 305 menggunakan MXF (Material Exchange Format) yang merupakan format terbuka. Format tersebut berguna untuk memaksimalkan kompatibilitas hasil video yang sudah ada dengan sistem editing non-linear. Format rekam Canon MPEG-2 Codec juga menghasilkan video digital berkualitas tinggi dengan bit rate hingga 50 Mbps. Khusus untuk Canon XF 305 sudah dilengkapi juga dengan fitur Terminal Output Genlock, Time Code dan HD/SD-SDI terminal, yang berfungsi untuk pembuatan video multi-kamera dan film 3D.

Kinerja Canon XF 300 dan XF 305 terasa semakin hebat karena dilengkapi dengan dual slot kartu swappable dan kartu UDMA CF yang memudahkan transfer file ke komputer/ laptop. Untuk mendukung pengadopsian dari Canon XF Codec, Canon bekerja sama dengan pengembang software komputer ternama seperti, Adobe, Apple, Avid dan Grass Valley. Hal ini untuk memastikan kekompakan antara camcorder dengan program perangkat lunak yang sering digunakan dalam produksi video dan industri penyiaran.

Camcorder Canon XF 300 dan XF 305 menggunakan lensa 4,1mm – 73,8mm yang setara dengan lensa 29,3mm – 527,4mm pada kamera berformat 35mm. Lensa ini memiliki rasio zoom hingga 18x yang dilengkapi dengan modus Manual Focus yang dapat diatur dengan mudah oleh pengguna. Pada dua camcordernya ini, Canon juga menggunakan HI-UD (High-index, Ultra Low Dispersion) dan Aspherical Lens yang berfungsi untuk meminimalisir noise sehingga memberikan warna yang tajam serta ukuran yang kompak. Lensanya juga terintegrasi dengan sistem SuperRange terbaru berupa Optical Image Stabilizer (OIS) dengan fitur Dynamic dan Powered Mode sehingga meningkatkan kinerja sensor dalam menghasilkan fokus yang lebih cepat.

02 XF 3001
Canon XF 300
05 XF 305
Canon XF 305

Keistimewaan lainnya dari dua camcorder profesional ini adalah penggunaan prosesor Digic III DV yang diklaim mampu menangkap warna-warni alami dengan akurat. Kekuatan inovatif dari prosesor DIGIC DV III ialah fitur teknologi Face Detection, dimana pengguna dapat menetapkan wajah utama dalam kelompok video dan secara otomatis fokus pada wajah utama itu, bahkan ketika subjek juga bergerak.

Keunggulan visual dari camcorder Canon XF 300 dan XF 305 disempurnakan dengan fleksibelitas suara yang ditawarkannya. Fitur mikrofon built-in serta dual XLR input yang dimilikinya sanggup menangkap sumber audio eksternal, sehingga kualitas suara yang dihasilkan akan terdengar jelas dan tajam. Canon XF 300 dan XF 305 juga mendukung Audio PCM 16-bit pada 48 kHz dengan tingkat penyesuaian audio secara otomatis dan manual.

Kedua camcorder ini juga dirancang untuk kenyaman dan fleksibilitas maksimum. Desain Canon XF 300 dan XF 305 memungkinkan pengguna mengambil video gambar secara mantap tanpa harus menahan rasa lelah pada lengan. Keduanya juga dilengkapi dengan monitor LCD 4 inch beresolusi 1,23 juta dots yang bisa berputar dan dapat diposisikan kemana saja, baik ke sisi kanan atau kiri tubuh camcorder agar semakin mempermudah melihat video yang diambil bahkan pada posisi pengambilan video yang paling sulit sekalipun.

Monitor LCD kedua camcorder anyar ini pun menyediakan tampilan Built-in Waveform Memory dan Vectorscope untuk membantu mencapai tingkat eksposur dan warna yang akurat saat pengambilan video. Tidak hanya itu, LCD juga dapat menunjukan monitor fokus dan memperbesar gambar, memungkinkan pengguna untuk mengonfirmasikan objek dalam format HD. Dilengkapi elektronik viewfinder 1,55 megapixel, kamera video profesional ini memberikan resolusi tertinggi di kelasnya untuk critical focus dan cakupan 100 persen pada tampilannya.

Hadir melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk Canon di Indonesia, Canon XF 300 dibandrol dengan harga Rp 79.650.000. Sedangkan Canon XF 305 dipasarkan dengan harga Rp 90.810.000.

04 XF 3002
Canon XF 300
07 XF 305
Canon XF 305
Back to top button