Quantcast
News

Fitur Keamanan dalam Nokia N9

Sebagai sebuah ponsel pintar, Nokia N9 dikabarkan menghadirkan fasilitas keamanan super ketat yang akan membuat Anda nyaman menyimpan data apapun di dalamnya. Berikut adalah fasilitas keamanan dalam Nokia N9 yang dicoba oleh tim dari blog Nokia Conversation. Sebagai informasi, ponsel Nokia N9 yang digunakan masih bersifat prototype, maka kemungkinan besar fasilitas keamanan yang dihadirkan dalam Nokia N9 versi ‘layak jual’ nanti akan menghadirkan fitur keamanan yang lebih mutakhir.

Ketika membuka menu Setting > Security > Device Lock, maka Anda bisa setting type kemanan dengan Autolock, Security code, Number of Tries dan Trusted Person. Autolock bisa diaktifkan dengan memilih interval waktu 5, 10, 30 atau 60 menit. Sedangkan security code meminta Anda memasukkan password untuk membuka kunci keypad dengan setting minimal 5 karakter kode. Sementara itu dalam bagian ‘Number of Tries’ meminta Anda untuk memasukkan berapa kali kesempatan memasukkan paswword yang salah, dengan konsekuensi jika menggunakan semua kesempatan tersebut maka Nokia N9 akan secara otomatis menghapus semua data yang tersimpan di dalamnya. Hal ini akan membuat ‘sang pencuri’ yang mencoba masuk dan mengakses data dalam Nokia N9 tidak akan menemukan apapun dan semua data termasuk email serta aplikasi facebook dan Twitter yang berada dalam posisi ‘login’ tetap aman.

Terakhir adalah menu keamanan ‘Trusted Person’. Fasilitas ini berfungsi ketika Anda lupa password Nokia N9. Fasilitas ini akan aktif hanya ketika Anda mengetik password yang salah untuk membuka ponsel sampai kesempatan hampir habis dan layar berubah menjadi merah sebagai tanda untuk memasukkan kode yang benar atau tekan tombol untuk memulihkan. Jika pada kondisi ini Anda sama sekali tidak dapat mengingat kode tersebut, maka akan diberikan pilihan untuk mengirim informasi password yang benar ke nomor orang yang terpercaya. Pengiriman password tersebut akan dikirimkan kepada orang lain dalam bentuk pesan teks.

Nokia N9 Security Menu 6

Nokia N9 Security Menu 5

Back to top button