AndroidAplikasi

2 Aplikasi Gratis Baru untuk Cek Penggunaan Data Ponsel Android

Pengguna ponsel Android pastinya sudah mengantisipasi melonjaknya kebutuhan data sebuah ponsel pintar dengan berlangganan layanan data unlimitted. Tetapi mungkin Anda masih tetap penasaran menghitung berapa banyak data yang digunakan sehari hari pada ponsel Android. Berikut adalah 2 apikasi gratis yang tersedia pada Android Market bisa digunakan untuk melacak pengunaan data.

3G Watchdog

3G Watchdog adalah aplikasi gratis yang tersedia pada Android Market. Aplikasi ini mampu melacak penggunaan mobile data, dengan menggunakan data mentah dari ponsel Android itu sendiri untuk menghitung penggunaan data. Setelah menginstal 3GWatch dog, masukkan jumlah kuota, siklus penagihan, dan pengaturan.

3G Watchdog 1

Saat menjalankan aplikasi, 3G Watchdog mulai mengumpulkan data, dan data grafik akan tampil di layar utama yang menunjukkan penggunaan Anda. Anda juga akan melihat ikon baru pada bar pemberitahuan Anda yang berubah warna (hijau / oranye / merah) tergantung pada seberapa dekat Anda untuk mencapai kuota.

3G Watchdog 2

Aplikasi yang membutuhkan memori tersisa sebesar 632KB ini bisa menjadi asisten penggunaan data yang tepat jika dalam sebuah kondisi yang tidak memungkinkan Anda harus dengan berhenti berlangganan data.

My Data Manager

Sama halnya dengan 3G Watchdog, aplikasi My Data Manager juga bisa didapatkan secara cuma cuma dari Android Market. Hanya saja aplikasi My Data Manager menghadirkan statistik penggunaan data masing masing aplikasi yang berjalan pada ponsel Anda. Sehingga Anda bisa memantau aplikasi mana saja yang membuuhkan penggunaan data dalam jumlah besar. Bisa dibilang My Data Manager menghadirkan laporan penggunaan data yang lebih spesifik dibandingkan aplikasi 3G Watchdog.

My Data Manager 1

Aplikasi My Data Manager juga mampu merealisasikan penghematan dengan menggunakan data plan Anda lebih efektif berdasarkan aplikasi yang sering digunakan dan dibutuhkan. Ketika aplikasi dijalankan, Anda akan melihat daftar aplikasi, diurutkan berdasarkan penggunaan data mereka. Widget untuk Data Manager ditampilkan dalam 3 tab kelompok, yaitu penggunaan data untuk ponsel, roaming dan Wi-Fi.

My Data Manager 2

Back to top button