Google+: Jejaring Sosial Baru ‘Pembunuh’ Facebook?

svg%3E

Akhir Juni 2011 lalu, Google meluncurkan layanan jejaring sosial terbarunya yang diberi nama Google+ (GooglePlus). Layanan tersebut diperkirakan bakal menjadi pesaing kuat bagi Facebook. Jejaring sosial ini membuka ruang bagi para penggunanya untuk membagi foto, pesan, dan komentar seperti layaknya di Facebook. Google juga menambahkan layanan peta dan images dalam Google+ ini.

Sebelumnya, Google juga telah melempar produk jejaring sosial Google Wave dan Google Buzz yang ternyata tak laku di pasaran. Namun, dengan produk anyarnya ini, Google tak mau gagal lagi. Dengan kelengkapan fitur-fitur menarik di dalamnya, Google+ pun digadang-gadangkan bakalan jadi ‘pembunuh’ Facebook.

Sepintas Google+ mirip dengan Facebook. Di layar utamanya terdapat deretan posting dari status teman, dan setiap status juga tersedia komentar. Apa saja yang membedakannya dengan Facebook?

Tidak seperti Facebook, di Google+ hubungan Anda dengan teman-teman Anda tidak disama-ratakan. Anda dapat mengelompokkan teman-teman Anda ke dalam teman sekolah, famili, teman kantor, dan lain-lain. Setiap kelompok itu disatukan ke dalam sebuah fitur yang bernama Circle. Sehingga suatu saat Anda akan update status, Anda dapat memilih Circle mana saja yang dapat membaca dan mengomentari status Anda. Tentu saja, Anda dapat menujukan status ke semua teman atau semua Circle.

svg%3E

svg%3E

Selain Circle, fitur lain yang menjadi unggulan Google+ adalah Hangout, dan Spark. Hangouts merupakan layanan conference lebih dari dua orang dengan video chat. Sedangkan Spark adalah fitur yang menghubungkan individu dalam jaringan ini kepada orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap suatu hal.

Dua fitur menarik lainnya yang juga disematkan di dalam Google+ adalah Instant Upload dan Huddle. Instant Upload berguna untuk menambahkan komentar lucu pada foto. Ini merupakan fitur yang tepat untuk membuat orang meringis saat melihat foto Anda. Sedangkan fitur Huddle menyediakan grup-grup di jejaring ini untuk mengirim pesan instan atau melakukan chatting.

Fasilitas sharing foto pada Google+ dikaitkan dengan Picasa (layanan foto dari Google). Anda dapat share sebuah foto atau album foto ke Circle tertentu atau ke setiap teman Anda.

Saat ini Google+ baru bisa dinikmati oleh segelintir pengguna dan hanya bisa dinikmati lewat undangan dari pengguna yang sudah terdaftar. Tapi, Google berjanji secepatnya jejaring sosial ini bisa segera dinikmati oleh jutaan pengakses Google setiap harinya. Rumornya, sang pendiri Facebook Mark Zuckerberg yang termasuk salah seorang yang diundang Google telah memiliki akun di Google+ ini.

Meskipun belum diketahui kapan jejaring sosial ini dapat diakses secara luas, Anda dapat mengikuti terus perkembangannya melalui e-mail. Pihak Google akan menyediakan update informasi terbaru tentang kesediaan Google+ secara luas langsung melalui inbox e-mail Anda. Bila berminat, Anda dapat mendaftarkan e-mail Anda ke plus.google.com.

svg%3E
svg%3E
svg%3E

Verified by MonsterInsights