Quantcast
News

Review: Panasonic Lumix DMC-S3

Demam fotografi membuat banyak orang tertarik untuk menekuni bidang seni yang satu ini. Namun banyaknya kamera yang muncul di pasaran lengkap dengan teknologi-teknologi terkini kadang membuat orang untuk bingung memilihnya. Kali ini kantor yangcanggih.com kedatangan sebuah kamera saku kelas entry dari Panasonic yaitu Panasonic DMC-S3 dengan fitur sederhana, berbentuk agak bulat dan ukuranya sangat pas untuk dimasukkan ke saku.

[tab: Konsep & Desain] IMG 0652

Secara keseluruhan Panasonic DMC S3 yang saya terima berwarna hitam glossy di bagian depan dan belakangnya, ditambah aksen berwarna silver mengkilap pada bagian tengah. Dengan bentuk yang agak bulat, membuatnya memiliki keuntungan tersendiri yaitu selain nyaman dalam genggaman, bentuknya juga menjadi tidak terlalu monoton sehingga terlihat sangat stylish.

IMG 0683

Tampilan depan hanya dihiasi oleh sebuah flash, dan lensa wide 28-112mm Lumix DC Vario dengan kemampuan 4x optical zoom yang cukup optimal digunakan untuk melakukan foto candid dari jarak jauh.

IMG 0688IMG 0710

Bagian bawah terdapat speaker, lubang dudukan untuk tripod, serta sebuah penutup yang digunakan untuk menutupi slot memori, dan baterai.
IMG 0673

Pada Bagian samping kanan hanya terdapat sebuah port usb dan bagian samping kiri tidak terdapat port apapun hanya terdapat sebuah logo SDXC yang menandakan kamera ini telah didukung dengan kartu memori SDXC.

IMG 0705

Bagian atas terdapat tombol on/off dan tombol shutter untuk mengambil gambar.

IMG 0704

Bagian Belakang Anda akan menemukan sebuah layar TFT berukuran 2.7-inci dengan tingkat kedalam warna 230K pixels, ditambah dengan beberapa tombol seperti zoom di bagian kanan atas, tombol Mode, Menu/set, flash, exposure, self-timer, display dan dibagian bawah terdapat dua tombol lagi tombol untuk Preview dan delete/back yang semuanya dibuat dengan ukuran yang pas, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk masuk ke menu yang diinginkan melalui tombol-tombol tersebut.

[tab:Fitur dan Performa]

Dari Segi fitur DMC-S3 tidak dilengkapi dengan banyak fitur yang terkadang bisa membuat Anda kebingungan. DMC-S3 hanya dilengkapi dengan berbagai fitur sederhana seperti, normal mode, intelligent auto, scene mode dan movie recording yang semuanya bertujuan untuk membantu Anda menghasilkan gambar dengan lebih baik tanpa harus dipusingkan dengan berbagai macam pengaturan.
Lumix DMC S3 fitur

Untuk memudahkan, penggunaan Fitur Intelligent Auto yang menjadi fitur andalan dari setiap kamera saku milik Panasonic memang sangat efektif sebab dengan mode Intelligent Auto, Anda tidak perlu repot lagi melakukan banyak pengaturan. Yang perlu dilakukan hanyalah menekan tombol shutter dan kamera secara cerdas akan melakukan pengaturan dari ISO dan Scene Mode yang sesuai dengan kondisi pemotretan berkat Intelligent ISO Control dan Intelligent Scene Selector yang dimilikinya.

Lumix DMC S3 White Balance

Lumix DMC S3 ISO

Intelligent ISO pada DMC-S3 tidak hanya berkerja pada mode Intelligent Auto saja, tapi pada mode lain seperti Normal mode, Intelligent ISO juga dapat berkerja dengan sempurna mengatur ISO serta menyesuaikan shutter speed dan diafragma kamera sehingga dapat menghasilkan gambar dengan eksposur yang tepat. Selain itu pada Normal mode, Anda juga dapat melakukan berbagai macam pengaturan seperti ISO, white balance, dan Color.

Lumix DMC S3 Face detection

Lumix DMC S3 Scene Selection

Sama dengan kamera saku lain, DMC-S3 juga dilengkapi dengan fitur face detection, serta beberapa fitur Scene mode meiliputi 16 mode yang dapat dipilih menyesuaikan kebutuhan pemotretan Anda seperti, Mode Potrait, Soft Skin, Self Potrait, Scenery, Panorama Assist, Sports, Night Potrait, Night Scenery, Food, Party, Baby, Sunset, High Sensitivity, Fireworks, Beach dan Snow.

Lumix DMC S3 sensor

Untuk menghasilkan gambar, Panasonic DMC-S3 dibekali sensor sebesar 14.1 megapixel dengan dukungan chip Venus Engine VI yang membuatnya sanggup menghasilkan gambar lebih cepat dengan kualitas baik di dalam maupun diluar ruangan.

Lumix DMC S3 Mega OIS

Panasonic DMC S3 Mega OIS Zoom
Panasonic Lumix DMC-S3 Mega OIS Zoom test, gambar di resize

Kemampuan menghasilkan gambar yang baik pada DMC-S3 juga tidak lepas dari lensa 28-112mm dengan 4x optical zoom miliknya yang didukung dengan Fitur Mega OIS (Optical Image Stabilizer) untuk membantu Anda terhindar dari blur akibat tangan yang bergoyang. Dalam kondisi zoom maksimal fitur ini memang terbukti berkerja dengan sangat sempurna menghasilkan gambar yang bebas blur namun hanya saja detil gambar menjadi agak berkurang.

Lumix DMC S3 Flash

Satu hal yang membuat saya terkesan dari kamera saku mungil ini adalah ketika saya mencoba menggunakan flash untuk membantu memotret didalam ruangan. Jika pada kamera saku kelas entry pada umumnya menggunakan flash terkadang hasil foto pada objek akan terlihat over ekspos dan tone warna menjadi tidak akurat, tapi tidak dengan DMC-S3.

Lumix DMC S3 White With Flash
Lumix-DMC-S3-dengan Flash
Lumix DMC S3 White tanpa Flash
Lumix-DMC-S3-tanpa Flash

Flash pada DMC S3 dapat mengeluarkan power yang tepat menyesuaikan kondisi pemotretan sehingga hasil foto tidak terlalu over ekspos. Jadi, meski menggunakan flash Anda masih dapat mendapatkan hasil foto yang baik dengan tone warna yang relatif akurat.

Meski Panasonic Lumix DMC-S3 ini adalah kamera saku di kelas entry, kualitas movie recording berkualitas standard HD 720p yang dimiliknya ternyata cukup dapat diandalkan baik untuk di dalam maupun di luar ruangan dan berkat adanya speaker terintegrasi di dalam bodynya, Anda juga dapat langsung menikmati hasil rekaman video langsung dari layar 2.7 inci miliknya.

[tab:Kesimpulan]

Fiturnya yang sederhana serta menu-menu yang sangat mudah untuk dipahami, membuat DMC-S3 sangat cocok untuk dimiliki bagi Anda yang awam dengan dunia fotografi. Hasil foto dari DMC-S3 juga cukup baik didalam maupun diluar ruangan, dan dengan mode-mode pemotretan yang tersedia terbukti dapat menghasilkan gambar dengan tone-tone warna yang relatif akurat baik dengan bantuan flash ataupun tanpa bantuan flash sekalipun. Fitur video yang sudah berstandar HD 720p memberikan nilai plus tersendiri, mengingat DMC-S3 adalah sebuah kamera saku di kelas entry yang harga jualnya akan sangat ramah di kantong ini.

[tab:Spesifikasi]

 

Sensor
Max resolution 4320 x 3240
Image ratio w:h 4:3, 3:2, 16:9
Effective pixels 14.1 megapixels
Sensor photo detectors 14.5 megapixels
Sensor size 1/2.33″ (6.12 x 4.51 mm)
Sensor type CCD
Processor Venus Engine IV
Image
ISO Auto, Hi Auto (1600-6400), 100, 200, 400, 800, 1600
White balance presets 4
Custom white balance Yes
Image stabilization Optical
Uncompressed format No
JPEG quality levels Fine, Standard
Optics & Focus
Focal length (equiv.) 28 – 112 mm
Optical zoom
Autofocus Contrast Detect (sensor), Live View
Digital zoom Yes (4x)
Manual focus No
Normal focus range 50 cm (19.69″)
Macro focus range 5 cm (1.97″)
Number of focus points 11
Lens mount None
Screen / viewfinder
Articulated LCD Fixed
Screen size 2.7″
Screen dots 230000
Touch screen No
Live view Yes
Viewfinder type None
Photography features
Maximum aperture F3.1 – F5.6
Minimum shutter speed 8 sec
Maximum shutter speed 1/1600 sec
Aperture priority No
Shutter priority No
Manual exposure mode No
Subject / scene modes Yes
Built-in flash Yes
Flash range 3.3 m
External flash No
Flash modes Auto, On, Off, Red-Eye reduction
Continuous drive Yes (1.5 fps)
Self-timer Yes (2 or 10 sec)
Metering modes Multi
Exposure compensation ?2 EV (at 1/3 EV steps)
WB Bracketing No
Videography features
Format MPEG4
Audio channels Mono
Clips Yes (1280 x 720 (30fps), 640 x 480 (30 fps), 320 x 240 (30 fps))
HD Modes 1280 x 720 (30fps), 640 x 480 (30 fps), 320 x 240 (30 fps)
FPS 1280 x 720 (30fps), 640 x 480 (30 fps), 320 x 240 (30 fps)
Storage
Storage types SD/SDHC/SDXC, Internal
Storage included 70 MB Internal
Connectivity
USB USB 2.0 (480Mbit/sec)
HDMI No
Remote control No
Physical
Environmentally sealed No
Battery Battery Pack
Battery description Lithium-Ion rechargeable battery & charger
Battery Life (CIPA) 250
Weight (inc. batteries) 117 g (0.26 lb / 4.13 oz)
Dimensions 99 x 59 x 21 mm (3.9 x 2.32 x .83″)
Other features
Orientation sensor Yes
Timelapse recording No
[tab: Hasil Foto ]

Berikut adalah hasil foto dari Panasonic Lumix DMC-S3 pada ukuran sebenarnya, tanpa proses retouch dan resize.


Created with Admarket’s flickrSLiDR.

Back to top button