Update iOS 5: Lebih dari 200 Fitur Baru

Salah satu momen yang ditunggu di WWDC 2011 yang diselenggarakan oleh Apple adalah sistem operasi baru OS X Lion dan iOS 5. Bagi para penggemar handheld Apple seperti iPad, iPhone, dan iPod Touch, tentunya kabar dari San Fransisco ini bisa menjadi angin segar setelah sebelumnya Apple hanya memberikan update-update minor bagi perangkat iOS.

Sistem operasi iOS terbaru ini memang belum tersedia bagi end user, tetapi versi betanya sudah bisa diunduh untuk dicoba oleh siapa saja yang memiliki developer ID di Apple melalui web developer Apple. Ada banyak sekali perubahan yang dibawa di iOS versi terbaru yang rumornya akan dirilis secara resmi pada bulan September tahun ini. 200 fitur baru telah dipersiapkan untuk memaksimalkan iPad, iPhone, maupun iPod Touch.

Beberapa di antaranya menjadi pamungkas Apple untuk menarik para pengguna untuk segera meng-update firmwarenya ke versi terbaru ini.

 

1. Notification Center

Apple pernah menuduh Google meniru beberapa fitur yang ada di iPhone untuk dimasukkan ke dalam Android. Tampaknya, sekarang giliran Apple yang sedikit mencontek gaya Android dalam menghadirkan notifikasi. Dengan menyapukan bar bagian atas ke bawah, Anda bisa melihat notifikasi-notifikasi seperti email, pesan teks, pengingat di kalender, dan lain sebagainya. Bahkan saat sedang menjalankan aplikasi, notifikasi akan tetap muncul di bagian atas tanpa mengurangi kenyamanan karena notifikasi tersebut akan segera menghilang setelah beberapa saat. Notifikasi ini juga muncul pada tampilan lockscreen.

 

 

2. iMessage

Tak hanya ingin bersaing Android, iMessage juga dihadirkan untuk berkompetisi dengan BlackBerry. iMessage ini seperti sebuah BlackBerry Messenger versi Apple. Pengguna iMessage bisa saling berkirim pesan antar pengguna perangkat iOS secara realtime seperti sebuah aplikasi instant messaging melalui konektivitas 3G. Selain itu, aplikasi baru ini juga bisa digunakan untuk mengirim pesan multimedia seperti gambar atau video. Sama seperti Notification Center, fitur ini adalah fitur yang benar-benar baru di iOS 5. Oleh karena itu, Anda pun hanya bisa menggunakan fitur ini hanya di iOS 5 dan hanya dengan pengguna iOS 5 yang lain saja.

 

3. Newsstand

Newsstand bisa menjadi sebuah loper virtual bagi iOS. Newsstand telah terintegrasi dengan App Store untuk bisa menghadirkan surat kabar atau majalah favorit Anda. Melalui menu baru ini, majalah atau koran akan secara otomatis selalu terupdate sehingga Anda tak perlu lagi repot-repot membelinya satu persatu.

 

4. Twitter Integration

Dengan terintegrasinya iOS dengan Twitter, Anda bisa dengan mudah ber’kicau’ hanya dengan sign in dengan akun Twitter dari menu setting. Setelah itu, Anda bisa berbagi Tweet dari berbagai menu seperti Safari, Photos, Camera, YouTube, maupun Maps. Jika saja iOS 5 juga terintegrasi dengan Facebook, maka sistem operasi ini akan semakin sempurna.

Beberapa update juga telah disematkan pada menu-menu lain seperti Safari dengan model tab baru yang tak lagi membuang waktu untuk dibuka (khusus iPad) atau menu Photos yang sudah semakin lengkap dengan opsi-opsi editing yang semakin lengkap dan banyak lagi perubahan lain mulai dari yang signifikan hingga yang minor.

svg%3E

Peningkatan-peningkatan lain meliputi:

– iCloud: solusi penyimpanan gratis dari Apple, yang juga berguna untuk menyinkronisasikan berbagai data mulai dari foto, kontak, kalender, dan lagu. Anda juga dapat mengaturnya agar melakukan sinkronisasi otomatis dengan berbagai perangkat iOS lain yang ada seperti iPod Touch dan iPad.

– PC-Free: Kini Anda bisa mengupdate iOS versi terbaru tanpa melalui PC atau Mac. Anda juga bisa mengaktivasi iPhone atau iPad baru Anda tanpa melalui iTunes. Fitur ini sebenarnya sudah lama ada di Android.

– Anda kini bisa mengakses fungsi kamera langsung dari lockscreen, hanya dengan menekan tombol Home dua kali. Kemudian, saat di aplikasi kamera, Anda bisa merekam foto dengan menekan tombol volume up.

– Tombol “Purchased” di aplikasi AppStore yang memuat semua aplikasi yang pernah Anda beli. Ini berguna jika jumlah aplikasi yang dimiliki cukup banyak atau Anda lupa aplikasi apa saja yang pernah dibeli.

– Automatic Downloads: berfungsi mendownload aplikasi yang telah dibeli di perangkat iOS lain secara otomatis. Agak ribet karena begitu mengaktifkannya Anda tidak boleh berganti Apple ID.

– Aplikasi Music baru untuk iPad

– Smart Playlist Sync dari iTunes

– iTunes Tune Store untuk membeli nada dering

– Emoji emoticons

– Rute alternatif di Maps

– Kamus

– Kualitas FaceTime lebih baik

– Wi-Fi Syncing ke iTunes, jadi tidak perlu kabel hanya untuk menyinkronisasikan atau backup perangkat iOS (Yaaayyyyy!!!).

– Wireless Mirroring dengan AirPlay untuk iPad.

Tentunya bagi yang malas upgrade, tinggal menunggu iPhone 5 yang langsung dilengkap iOS 5. Entah kapan keluarnya tuh…

 

 

 

 

Verified by MonsterInsights