Photaf 3D Panorama: Ciptakan Foto Panorama dengan Android

svg%3E

Kini Anda tidak perlu lagi berlama-lama di depan komputer hanya untuk menghasilkan foto panorama yang ekstra lebar. Dengan Photaf 3D Panorama, Anda cukup memanfaatkan kamera yang ada di perangkat Android.

 

Ada 2 versi Photaf yaitu versi gratis dan versi Pro yang berbayar. Untuk menggunakannya, Anda bisa menjalankan fungsi manual maupun automatic shutter. Di opsi automatic shutter, bidik objek, pilih bulatan shutter di tengah, dan Anda tinggal menggeser pandangan sesuai dengan arah panah. Sensor pintar Photaf akan menangkap gambar yang sesuai secara otomatis ketika Anda menggeser kamera dengan konstan dan stabil. Tampilan di sebelah kiri bawah dan waterpass yang ada di sebelah kanan dan atas layar akan membantu Anda menggeser dengan tepat sebelum Photaf merekam foto selanjutnya.

Photaf bisa memproses antara 9 hingga 12 gambar. Selesai mengambil gambar, pilih opsi Stitch Images yang ada di kanan bawah untuk merangkai semua gambar menjadi sebuah gambar panoramic yang indah.

Opsi Upload bisa digunakan untuk saling berbagi antar para pengguna Photaf di Photaf.com. Akan lebih baik tentunya jika saja ada opsi untuk mengunggah foto ke situs sosial. Meski tak ada, Anda selalu bisa melakukannya melalui menu Gallery.

Photaf menawarkan cara yang menarik untuk melihat hasil foto yang sudah diambil. Selain dengan Touch Mode untuk menggeser gambar, Anda bisa mengaplikasikan Compas Mode yang memanfaatkan accelerometer. Gerakkan kamera ke kiri atau kanan untuk melihat hasil gambar sesuai dengan arah ke mana Anda menghadap.

Pada awalnya, Photaf hanya mendukung gambar dengan resolusi standar. Namun pengembangan selalu berjalan dan versi yang terbaru ini sudah mendukung gambar HD dan Super HD namun hanya di versi Pro saja.

Mode Super HD sebenarnya masih bersifat eksperimental. Maka tak heran jika masih banyak bug, seperti aplikasi yang akan tertutup dengan sendirinya. Tapi jika itu bukan masalah, Anda akan mendapatkan sebuah gambar panoramic yang tak hanya indah tetapi juga lebih detail dengan tingkat resolusi yang tinggi.

 

Versi Pro juga memberikan opsi portrait. Perbandingan gambar panoramic yang dihasilkan pun bisa menjadi tak terlalu wide dan lebih besar sehingga lebih bagus untuk ditampilkan. Meski ada notifikasi bahwa fitur ini hanya untuk Froyo, saya sudah mencobanya di Gingerbread dan masih tetap berjalan lancar.

 

Anda bisa mengatur jangkauan kamera dalam ukuran derajat sebelum kamera mengambil foto yang lain. Dengan begitu, gambar yang diambil bisa lebih banyak dan akan membantu proses Stitch sehingga meminimalisir perpotongan gambar yang tidak pas.

 

Terkadang foto yang diambil mempunyai komposisi warna yang berbeda sehingga gambar yang terangkai terlihat kurang sempurna meski proses stitching berjalan dengan baik. Cobalah klik hasil gambar di bawah ini yang menunjukkan hasil Photaf dengan komposisi warna yang agak berbeda karena pengaruh cahaya di sebelah kiri.

Meski begitu, keadaan sekelilinglah yang mempengaruhi hasil. Jadi jika kondisi sekeliling Anda tidak memiliki perbedaan cahaya yang signifikan, hasil foto akan lebih baik.

Photaf 3D Panorama Pro merupakan aplikasi fotografi bagi Android yang cukup bermanfaat bagi mereka yang hobi fotografi. Aplikasi ini tersedia di Android Market dengan harga $3.99.

 

 

Verified by MonsterInsights