Quantcast
News

XL Luncurkan SMS Donasi Sastra untuk Menjaga Warisan Budaya

 

Warisan budaya memang merupakan suatu hal yang harus tetap dijaga dan dilestarikan sebagai ciri kha bangsa. Untuk itu, dalam rangka menjaga warisan budaya yang merupakan tanggung jawab bersama masyarakat, PT XL Axiata Tbk (XL) melenggarakan SMS Donasi Sastra untuk mendukung upaya pengelolaan Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin.

Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin merupakan salah satu pusat rujukan perjalanan sejarah Sastra Indonesia. Lembaga yang dirintis oleh mendiang HB Jassin ini memiliki koleksi puluhan ribu dokumen perjalanan sastra Indonesia. Bukan hanya buku dan materi karya sastra yang tersimpan di sana, namun juga catatan dan berbagai materi yang menyertai lahirnya karya-karya sastra Indonesia, yang kemungkinan tidak dikoleksi oleh perpustakaan pada umumnya.

Pelanggan XL bisa ikut meletarikan warian budaya dengan berpartisipasi dalam program SMS Donasi Sastra dengan 2 pilihan nilai donasi yaitu Rp.2000 dan Rp.5000. Untuk donasi Rp.2000 ketik: SASTRA dan kirim ke nomor 2000, lalu pulsa akan terpotong Rp.2.200, sudah termasuk PPN 10% atau ketik SASTRA lalu kirim ke nomor 5000 untuk donasi Rp.5.000 (pulsa akan terpotong Rp.5.500, sudah termasuk PPN 10%).

Hasil penggalangan donasi melalui Program SMS Donasi Sastra ini selanjutnya akan diserahkan ke PDS HB Jassin atas nama pelanggan XL. Program SMS Donasi ini akan dibuka mulai 22 Mei hingga 30 juni 2011.

Dukung PDS HB Jassin

XL Luncurkan SMS Donasi Sastra

Jakarta, 22 Mei 2011 Menjaga warisan budaya adalah tanggung jawab bersama masyarakat. Atas pertimbangan itu PT XL Axiata Tbk (XL) melenggarakan SMS Donasi Sastra untuk mendukung upaya pengelolaan Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin yang menyimpan ribuan dokumen catatan perjalanan sastra Indonesia yang sangat bernilai. Selain itu, XL juga bekerjasama dengan komunitas Koin Sastra dalam menyelenggarakan aksi Kliping Massal dalam rangka mendukung pelestarian koleksi PDS HB Jassin di Jakarta, 22 Mei 2011.

GM Sales Jabotabek XL, Haryo Wibowo mengatakan, ”Saat ini adalah momentum yang sangat tepat bagi semua elemen masyarakat untuk kembali bersatu perduli kepada kekayaan budaya Nusantara, termasuk penyelamatan kesusastraan. XL berharap program SMS Donasi Sastra ini bisa mempermudah masyarakat khususnya pelanggan untuk ikut memberikan dukungan Pusat Dokumentasi Sastra HJ Jassin dalam mengelola warisan dokumen sejarah perjalanan sastra Indonesia.”

Kepala Pelaksana PDS HB Jassin, Ariany Isnamurti mengatakan, ”PDS HB Jassin asalah salah satu rujukan utama bagi kita jika hendak meneliti perjalanan sastra Indonesia. Tempat lain yang memiliki koleksi dokumen yang lengkap ada di Museum Leiden, Belanda. Karena ini semua adalah warisan yang sangat bernilai bagi kita termasuk juga generasi penerus kita di masa datang, kami akan sangat terbuka bagi siapapun untuk ikut memelihara koleksi PDS HB Jassin.”

Cara memanfaatkan program ini sangat mudah. Pelanggan XL tinggal mengirimkan SMS, ketik: SASTRA dan kirim ke nomor 2000 (pulsa akan terpotong Rp.2.200, sudah termasuk PPN 10%) atau 5000 (pulsa akan terpotong Rp.5.500, sudah termasuk PPN 10%). Hasil penggalangan donasi melalui Program SMS Donasi Sastra ini selanjutnya akan diserahkan ke PDS HB Jassin atas nama pelanggan XL. Program SMS Donasi ini akan dibuka mulai 22 Mei hingga 30 juni 2011.

Sementara itu, Khrisna Pabicara dari komunitas Koin Sastra mengatakan,”Kliping massal bukan sekadar kegiatan seremonial, melainkan peristiwa bersejarah menandai kebangkitan kita dalam upaya menghargai warisan literasi. Terima kasih atas dukungan semua pihak, terutama pihak XL yang berkenan melansir SMS Donasi Peduli PDS H. B. Jassin.”

PDS HB Jassin merupakan salah satu pusat rujukan perjalanan sejarah Sastra Indonesia. Lembaga yang dirintis oleh mendiang HB Jassin ini memiliki koleksi puluhan ribu dokumen perjalanan sastra Indonesia. Bukan hanya buku dan materi karya sastra yang tersimpan di sana, namun juga catatan dan berbagai materi yang menyertai lahirnya karya-karya sastra Indonesia, yang kemungkinan tidak dikoleksi oleh perpustakaan pada umumnya. Ke depan, XL juga akan turut mendukung program pelestarian karya sastra dalam format digital. Sehingga masyarakat pengguna gadget, terutama pelanggan XL akan lebih mudah menemukan buku karya para sastrawan terkemuka Indonesia.

Back to top button