Quantcast
AplikasiiOS (iPhone/iPad)

5 Aplikasi Facebook Pilihan untuk iPad

Aplikasi Facebook kini tersedia dari berbagai platform mulai dari Symbian, Android hingga iOS. Khusus bagi iOS, sayangnya hanya tersedia versi iPhone atau iPod saja. lalu bagaimana dengan iPad? Tenang saja karena ada 5 aplikasi Facebook client untuk ber-Facebook ria dengan tampilan khas masing-masing.

 

[tab:1. Pica]

 

Resize of IMG 0597

Pica adalah aplikasi Facebook untuk iPad berbasis Facebook Mobile. Tampilannya juga hampir tak berbeda dengan m.facebook.com.

Resize of IMG 05981 Resize of IMG 06001

Sebelumnya, Pica hanya menyediakan fitur dasar Facebook saja seperti update status, melihat foto, mengecek notifikasi, atau memberi komentar tanpa fitur chat. Tapi saat versi 1.7 keluar pada pertengahan bulan April ini, fitur chat sudah bisa dinikmati oleh para penggunanya.

Resize of IMG 06011 Resize of IMG 0602

Jika saja tampilannya juga ikut dipoles, aplikasi ini bisa jadi lebih menarik. Tak perlu log out setelah aplikasi ini ditutup karena Anda harus memasukkan akun Facebook beserta password saat ingin mengakses Facebook melalui Pica kembali.

Aplikasi ini tidak mempunyai versi free. Harganya paling tinggi di antara semua aplikasi Facebook client yang ada di sini yaitu $1.99, begitu pula dengan ukurannya yang sebesar 14MB.

 

[tab:2. Friended]

 

Resize of IMG 06451

Friended mempunyai tampilan yang menarik dan lengkap berbasis Facebook Touch.

Resize of IMG 06441

Pada mode landscape, layar terbagi menjadi 3 bagian. Di sebelah kiri, terdapat gambar-gambar yang baru saja diunggah oleh kawan-kawan Anda. Live feed mengisi bagian tengah dan bisa diganti dengan pilihan menu yang ada di atas seperti status, links, photos, videos, notes, dan groups. Sebelah kanan terdapat friend list yang bisa di-scroll secara horizontal dan juga fitur chat yang bisa dinonaktifkan.

Resize of IMG 0595

Saat tampilan diubah menjadi mode portrait, layar terbagi dua dimana sebelah kiri adalah live feed, dan ketiga tab lain memenuhi sisi kanan.Semua fitur yang menjadi satu ini akan memudahkan Anda mengakses berbagai menu.

Resize of IMG 05961 Resize of IMG 0594 Resize of IMG 0593

Log out dari Friended saat Anda keluar dari aplikasi ini karena saat dibuka kembali, Friended akan menampilkan akun terakhir yang dibuka.

Resize of IMG 0646

Friended versi free berukuran 3.3MB dan versi full yang berukuran sama dengan harga $0.99 sudah mendukung kamera di iPad 2.

 

[tab:3. MyPad]

 

Resize of IMG 0611

Sama seperti Friended, MyPad juga berbasis Facebook Touch dan mempunyai tampilannya sendiri. 3 tab yang dinamis menghiasi layar utamanya. Sewaktu ketiga tab tersebut aktif, Anda bisa menggeser tab kedua dan ketiga untuk melihat detil dari menu yang sedang dipilih baik di mode portrait dan landscape.

Resize of IMG 06361 Resize of IMG 06351 Resize of IMG 06371 Resize of IMG 06391

Di menu apapun, tarik tab yang ada di tengah, lalu lepaskan untuk me-refresh tampilan.

Resize of IMG 06411

Keistimewaan lainnya, aplikasi yang dulunya bernama Facepad ini menyediakan multiple account sehingga Anda tak perlu log out saat ada kawan yang sering meminjam iPad Anda untuk mengakses Facebook.

Resize of IMG 06161

Jangan lupa log out sebelum keluar dari aplikasi ini karena jika tidak, siapapun bisa membuka akun Anda begitu aplikasi ini dibuka lagi.

Fitur chat yang ada tentunya akan melengkapi aplikasi cantik ini.

Resize of IMG 06131 Resize of IMG 0612

Satu-satunya yang perlu diperbaiki adalah pada tampilan landscape. Versi sebelumnya memberikan tampilan penuh saat hanya ada 2 tab yang aktif di mode landscape. Di MyPad dengan update terbaru, tab ketiga mempunyai tampilan biru sehingga terkesan kosong. Anda bisa melihat perbandingannya di screenshot di bawah ini.

Resize of IMG 06101 Resize of IMG 06401

Meski begitu, saat ketiga tab aktif, laman Facebook yang sedang ditampilkan akan terlihat begitu atraktif.

MyPad bisa didapat secara cuma-cuma dari AppStore dengan menyisihkan kapasitas hanya 7.8MB saja sedangkan MyPad+ tanpa iklan dihargai $0.99 saja.

 

[tab:4. Facely HD]

 

Resize of IMG 0618

Jika sudah terbiasa dengan Facebook Touch tanpa ingin tampilan yang lain, maka aplikasi ini cocok bagi Anda. Facely HD seperti Facebook Touch dalam versi raksasa plus fitur chat. Tampilannya sama persis dengan tampilan touch.facebook.com.

Resize of IMG 0619 Resize of IMG 06471

Facely HD memahami pentingnya Facebook bagi Anda, oleh karena itu, setiap notifikasi yang ada akan ditampilkan selama aplikasi ini tidak ditutup, bahkan saat Anda berada di Springboard.

Resize of IMG 0651

Yang pasti, selalu log out setelah selesai menggunakan Facely untuk keamanan akun Anda.

Resize of IMG 06201

Ganti warna latar belakang aplikasi ini dengan masuk ke menu customize setting. Di sana, Anda juga bisa mengubah beberapa pengaturan aplikasi ini.

Resize of IMG 0650

Dapatkan aplikasi sebesar 6.7MB ini gratis. Versi HD juga tersedia dengan harga $0.99 dengan ukuran yang sama.

 

[tab:5. Friendly]

 

Resize of IMG 06481

Tampilan Friendly benar-benar tidak membosankan. Selain menu-menu yang lengkap, ada 3 tombol di bagian kanan bawah yang berfungsi untuk mengaktifkan Facebook chat, refresh, dan untuk kembali ke atas yang berguna saat Anda men-scroll live feed hingga terlalu jauh ke bawah.

Resize of IMG 06492

Resize of IMG 06281

Friendly adalah aplikasi pihak ketiga untuk Facebook yang juga mendukung multiple account. Perbedaannya dengan MyPad, Friendly dilengkapi dengan keamanan ekstra berupa PIN 4 nomor. Aktifkan menu ini dan kawan-kawan Anda tak akan bisa menjahili wall Facebook Anda.

Resize of IMG 06211 Resize of IMG 0622

Selalu pilih opsi Lock & Switch Account untuk keamanan dan kemudahan masuk dan keluar Facebook tanpa harus log in atau log out.

Resize of IMG 06261

Beberapa fitur minor ada di Friendly HD. Anda tak akan lagi lupa hari ulang tahun kawan-kawan Anda dengan opsi birthday di barisan menu di atas.

Resize of IMG 0627

Jika ada nomor telepon yang tercantum di sebuah status, Anda bisa langsung menyimpannya karena Friendly telah terintegrasi dengan menu Contacts.

Resize of IMG 06421

Facely memiliki tampilan portrait dan landscape yang sama sehingga lebih konsisten. Sebagai tambahan, jika Friendly memberikan tampilan Facebook Mobile setelah log in, itu berarti ada API (Application Programming Interface) yang diubah oleh pihak Facebook. Perubahan ini normal dan untuk mengatasinya, Anda harus menunggu update aplikasi ini yang biasanya hanya berselang beberapa hari setelah adanya perubahan API tersebut.

Friendly tersedia gratis di AppStore dengan ukuran 3.1MB. Jika Anda tak ingin melihat iklan yang mengganggu tampilan, pilih Friendly Plus sebesar 3.2MB yang bisa dibeli dengan harga $0.99 saja.

Back to top button