Quantcast
AplikasiBlackBerry

Serba Serbi Aplikasi Kalkulator

Kalkulator tidak hanya sebatas fungsi perhitungan matematika saja. Saat ini, banyak pengembang yang menciptakan aplikasi kalkulator dengan objek yang tidak hanya berkutat pada hitungan matematika saja. Simak saja perkembangan aplikasi yang masuk dalam daftar Blackberry Appworld. Untuk minggu terakhir penghujung Maret 2011 ini saja paling tidak sudah bisa ditemukan 6 aplikasi baru yang mengatasnamakan ‘calc’, hanya saja objek yang digunakan berbeda.

Aplikasi tersebut adalah MathCalc, Health Calculator, Electronic Calculator, SimpleCalc, tipCalc, dan BAC Calculator. Sebagian besar aplikasi kalkulator ini bisa didapatkan secara cuma cuma alias gratis. Ulasan lengkap masing masing aplikasi adalah sebagai berikut :

MathCalc

Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai perhitungan matematika. Mulai dari perhitungan dasar, sampai perhitungan rumit yang menggunakan rumus dalam operasinya. Aplikasi karya Digital Hardware dengan besar file 629KB ini menghadirkan fitur untuk ekspresi matematika sebagai berikut :

– parameter nilai absolut
– perhitungan sinus, kosinus, tangen dan kotangen dengan angka spesifik
– nilai eksponen
– logaritma
– faktorial
– perhitungan lingkaran
– arc kosinus
– perhitungan fungsi
dan berbagai ekspresi matematika lain

Menilik banyaknya ekspresi matematika yang bisa dikerjakan, rasanya aplikasi MathCalc menjadi aplikasi rekomendasi untuk pelajar dan Mahasiswa. Agar Blackberry yang ada dalam genggaman menjadi lebih fungsional.

MathCalc 02

MathCalc 01

Download aplikasi MathCalc dengan barcode dari Blackberry Appworld di PC browser atau ketik keyword MathCalc dari aplikasi Appworld langsung dari Blackberry.

 Health Calculator

Health Calculator adalah aplikasi sederhana yang bisa memprediksikan kesehatan tubuh Anda berdasarkan berat badan, tinggi badan dan persentase lemak dalam tubuh.

Dalam perhitungannya, aplikasi Health Calculator akan meminta data bobot dan tinggi badan Anda. Selanjutnya aplikasi akan menganalisis hasil perhitungan dan menghasilkan laporan yang dipersonalisasi untuk Anda. Hasil perhitungan akan memberikan informasi jika berat badan Anda normal atau di atas rata rata. Selanjutnya, aplikasi akan memberikan informasi berat badan ideal dan juga saran untuk mencapainya, termasuk: olahraga, kebugaran, dan bahkan rata-rata.

Aplikasi buatan KP Production dengan besar file 187 KB ini bisa Anda dapatkan secara cuma cuma dengan scan barcode dari Blackberry Appworld di PC browser. Anda juga bisa langsung ketik keyword Health Calculator dari aplikasi Appworld langsung dari Blackberry.

Health Calculator 03

Health Calculator 02

Health Calculator 01

Electronic Calculator

Aplikasi kalkulator yang satu ini pasti berguna untuk para teknisi listrik, mahasiswa teknik atau bidang pekerjaan lain dengan cakupan bidang seputar elektronika.

Aplikasi ini akan memberikan perhitungan cepat untuk resistor dan juga kapasitor berikut panduan warna yang sesuai. Dengan aplikasi ini, perhitungan manual yang menghabiskan waktu sudah tidak diperlukan lagi.

Aplikasi gratis buatan Peter Marziano dengan besar file 617KB ini bisa anda dapatkan dengan scan barcode dari Blackberry Appworld di PC browser. Atau ketik keyword ‘Electronic Calculator’ langsung dari aplikasi Appworld dari Blackberry Anda.

Electronic Calculator

SimpleCalc

Aplikasi kalkulator yang satu ini tetap mengadopsi koridor kalkulator yang sebenarnya. Perhitungan matematika sederhana termasuk sinus, kosinus, tangen, faktorial dll bisa dikerjakan dengan tampilan aplikasi serupa kalkulator scientific fisik yang sederhana. Jadi jika biasa membawa kalkulator scientific dalam tas, dengan aplikasi ini bawaan Anda sudah pasti berkurang.

Aplikasi gratis buatan Tom Jaster yang hanya membutuhkan memori sisa sebesar 255KB ini bisa didownload dengan scan barcode dari Blackberry Appworld di PC Browser. Atau bisa juga ketik keyword ‘SimpleCalc’ langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry Anda.

SimpleCalc

tipCalc

Aplikasi gratis buatan Elkins.org ini memang hanya ditujukan untuk para pengguna Blackberry Playbook. Fungsi aplikasinya pun sangat minim. Hanya untuk menghitung berapa tip yang harus diberikan ke pramusaji restoran yang sesuai dengan jumlah order yang Anda lakukan. Aplikasi dengan besar file 745KB ini bisa didapatkan langsung dari Blackberry Appworld di PC browser, atau ketik keyword ‘tipCalc’ pada aplikasi Appworld langsung dari Blackberry Playbook Anda.

tipCalc

 BAC Calculator

Tidak seperti aplikasi kalkulator lain yang dibahas kali ini, BAC Calculator buatan Vector Mobile Development mencahrge biaya USS$0.99 USD. Aplikasi dengan besar file 594KB ini memiliki fungsi untuk menghitung konsentrasi alkohol yang terkandung dalam darah. Data yang harus dimasukkan untuk mendapatkan hasil perhitungan adalah jenis kelamin, berat badan, serta nilai konsumsi minuman beralkohol berdasarkan estimasi jam. patokan nilai yang digunakan adalah 1 drink = 1 12 oz. Beer = 1 glass of wine = 1 shot of liquor.

Aplikasi ini digunakan untuk kepentingan entertainment dan tidak mengeluarkan saran apapun. Hanya digunakan untuk menghitung kadar alkohol yang terkandung dalam darah seseorang untuk periode tertentu. Sebenarnya aplikasi ini bisa saja digunakan untuk kepentingan penyelidikan polisi, tetapi mengingat tersangka pastinya tidak akan mengaku berapa botol minumal beralkohol yang udah ditenggak, hasilnya pasti akan tidak akurat.

Sama halnya dengan aplikasi tipCalc, BAC Calculator juga hanya bisa digunakan untuk Blackberry Playbook. Aplikasi ini bisa didapatkan dengan scan barcode dari Blackberry Appworld di PC browser atau ketik keyword ‘BAC Calculator’ dari aplikasi Appworld dari Blackberry Playbook Anda.

BAC Calculator

Back to top button