Casio Bluetooth Watch: Bisa Nyambung ke Ponsel Android

Dewasa ini, sudah banyak orang meninggalkan jam tangan karena kehadiran ponsel. Namun jam tangan terbaru dari Casio menggunakan teknologi Bluetooth untuk disambungkan ke ponsel, terutama ponsel Android, memberikan informasi penting dan menawarkan fitur-fitur baru yang menarik seperti fitur “find my phone” dan caller ID.

Jam tangan yang Anda lihat di foto bukanlah tampak akhir di pasaran, jam ini masih merupakan prototip, masih berupa desain ketimbang fungsi yang sebenarnya. Hal terbaru yang menarik dari jam ini adalah penggunaan teknologi Bluetooth 4.0 dan BLE (Bluetooth Low Energy). Bluetooth 4.0 memiliki dua konfigurasi terpisah: Yang pertama adalah Bluetooth biasa yang menawarkan kecepatan tinggi dalam jangkauan lima-meter, atau Bluetooth dengan BLE yang memiliki konsumsi tenaga yang sangat rendah tapi lebih lambat dari Bluetooth biasa, namun Anda bisa menyalakan BLE pada baterai standar jam untuk setahun penuh. Bluetooth biasa sangat menguras baterai, oleh karena itu teknologi ini merupakan kemajuan yang sangat baik.

Jam tangan ini berkomunikasi dengan ponsel Android melalui sebuah aplikasi gratis. Anda tidak akan membaca email pada layar monokrom jam tersebut, namun Anda hanya akan memperoleh notifikasi. Ketika Anda ditelpon, jam ini akan berbunyi dan berkedip dan nama penelpon akan tertera di layar jam. Saat uji coba, jam ini berfungsi dengan sangat baik. Notifikasi panggilan langsung muncul pada layar jam, dan tentunya jam ini akan membuat Anda tetap terhubung dengan ponsel tak peduli ponsel Anda ‘tenggelam’ di dalam tas atau masih dalam mode vibrate. Selain itu, ada fitur “find my phone” untuk menemukan ponsel Anda yang mungkin salah taruh tanpa harus meminjam ponsel teman Anda untuk menelpon ponsel Anda.

Tampaknya Casio hendak menerapkan teknologi canggih ini pada lini produk G-Shock mereka, jam tersebut cukup besar untuk mengadopsi teknologi tersebut didalamnya, dan lini produk G-Shock terbilang cukup sukses. Jam ini akan dirilis pada tahun ini, namun belum Ada informasi yang pasti kapan tepatnya, semoga saja jam canggih ini segera hadir di Indonesia dalam waktu dekat ini.

Verified by MonsterInsights