Apple iPad 2: Prediksi dan Harapan Konsumen


Apple iPad – yang dijuluki oleh Steve Jobs sebagai “Magical Device” – memang layak dihujani pujian mengingat inilah komputer tablet pertama yang benar-benar meraih sukses dalam skala global. Kemunculannya langsung diikuti puluhan – di tahun 2011 angka tersebut akan meningkat – komputer tablet yang mengandalkan berbagai macam sistem operasi mulai dari Android, BlackBerry OS, sampai Linux.

Setelah versi pertamanya yang diumumkan di awal tahun 2010 ini, Apple tampaknya siap menghadirkan generasi terbaru iPad yang sementara kita sebut saja iPad 2. Apple masih merahasiakan berbagai peningkatan dan fitur baru yang akan dimilikinya, dan itulah yang membuat para konsumen – termasuk redaksi yangcanggih.com – menduga-duga mengenai wujud Apple iPad 2.

Berikut beberapa prediksi (dan harapan) konsumen Apple iPad mengenai fitur dan perubahan yang akan dijumpai di iPad versi 2:

Port USB
Apple iPad masih mengemas port khusus seperti pada iPhone dan iPod Touch, sambil menjual aksesoris yang seharusnya tersedia cukup banyak di pasar seperti Camera Connection Kit (pada dasarnya card reader dan slot koneksi USB) dan Keyboard dock (bisa digantikan keyboard USB). Tentunya jika Apple memasukkan port USB sebagai fitur standar di iPad 2, pendapatan mereka dari sisi aksesoris akan menurun. Namun yang pasti konsumen akan semakin gembira karena mereka dapat langsung menggunakan beberapa perangkat dan aksesoris PC yang telah dimiliki ke iPad 2.

Port HDMI
Memutar film di iPad memang menyenangkan, tapi akan lebih menyenangkan lagi jika film yang diputar bisa dipindahkan ke TV layar lebar. Dengan berbekal port HDMI, iPad 2 akan menjadi media player yang sangat kompeten.

Prosesor Dual Core
Pada awalnya, kinerja prosesor yang lebih cepat sepertinya bukan hal yang penting. Tapi setelah berbagai aplikasi yang canggih dan berat bermunculan, terutama game 3D, sepertinya prosesor dual-core akan membuat pengalaman bermain game lebih asyik lagi. Tentunya daya tahan baterai dan panas yang dihasilkan juga menjadi pertimbangan utama Apple.

Pilihan ukuran layar
Setelah bermain-main dengan Samsung Galaxy Tab, sepertinya ada beberapa keuntungan dari layar berukuran 7 inci. Sayangnya, dengan menawarkan beberapa pilihan ukuran layar, akan ada satu langkah lagi pengetesan bagi pengembang aplikasi. Saya rasa iPad 2 tetap akan hadir dalam satu ukuran layar.

Retina Display
Resolusi iPad yang “hanya” 1024×768 pixel sepertinya masih bisa ditingkatkan. Retina Display sebenarnya hanyalah sebuah istilah bagi layar beresolusi tinggi saja, dan jika iPad 2 memiliki resolusi HD-ready 1336×768 pixel atau resolusi lain yang lebih tajam, rasanya akan banyak pemilik iPad versi 1 yang beralih ke iPad 2.

Kamera
Inilah fitur yang rasanya akan menjadi ciri khas iPad 2. Fitur FaceTime yang dimiliki oleh iPod Touch generasi 4 dan iPhone 4 akan lebih nikmat di layar iPad yang jauh lebih besar. Yang mungkin menjadi pertanyaan besar, berapa resolusi kamera di iPad 2?

Bodi lebih tipis dan lebih ringan
Salah satu kesan pertama banyak orang saat memegang iPad adalah bobot dan ukurannya. Jika Apple bisa membuat iPad 2 sedikit lebih kecil dengan mengurangi bingkainya, maka iPad 2 akan lebih ergonomis lagi. Tentunya jangan sampai daya tahan baterainya menurun ya.

Harga
Ini mungkin menjadi harapan banyak orang. Akan lebih fantastis lagi jika iPad 2 dijual lebih murah dibandingkan harga iPad orisinil saat pertama kali keluar.

Fitur telepon
Menelepon menggunakan iPad 2 akan mirip seperti menelepon menggunakan netbook. Dijamin Anda akan terlihat aneh, tapi jika sudah ada SIM card yang menghuni iPad 2, mengapa tidak? Bahkan sebenarnya iPad sudah bisa dibuat bertelepon ria, tapi masih terbatas menggunakan Skype dan bergantung pada koneksi Internet.

Jika masih ada prediksi dan harapan yang lain, silakan curahkan isi hati Anda melalui form komentar.

Verified by MonsterInsights