Nokia X5, Ponsel Musik Funky dengan Slider QWERTY

Nokia X5 menghadirkan desain unik yang menarik. Bentuk kotak dengan slider dan QWERTY di dalamnya. Fitur yang dihadirkan dalam ponsel ini juga tidak kalah menarik dengan desainnya. Dengan bandrol harga sekitar 1.8 juta rupiah, Tidak hanya unggul di kelengkapan aplikasi jejaring sosial, tetapi Anda juga bisa menikmati music player sampai dengan 1000 daftar lagu dan kamera 5 megapiksel di dalamnya.

[tab:Konsep Desain]
Desain Nokia X5 terbilang unik, sebagian masyarakat menyukai, dan sebagian lain berkata tidak karena aneh. Tapi saya mengikuti sebagian yang menyatakan unik. Bentuk kotak yang tidak ramping seakan membuat ponsel ini terlihat montok. Dan trendi pastinya, karena Nokia X5 yang masuk ke meja redaksi berwarna pink yang menggemaskan. Nokia X5 mengusung dimensi 74.3 x 66.4 x 16.8 mm dan berat 129 gram. Sasaran calon pembelinya sudah bisa dipastikan anak muda yang masih menjadikan SMS sebagai aktifitas komunikasi terhemat, hobby chatting dan update status di situs jejaring sosial.
Nokia X5 menyediakan keyboard QWERTY dibalik slidernya. Susunan keyboard QWERTY khas Nokia dengan keypad numerik di bagian tengah. Antara keypad satu dan lainnya tidak disematkan jarak sedikitpun. Untungnya, size keypad tidak terlalu kecil, sehingga ‘si jempol besar’ pun tetap nyaman mengetik teks panjang.

Bagian depan ponsel dihiasi dengan 6 keypad berikut navigator key tentunya. Home keypad, shortcut keypad kanan dan kiri, call dan endcall keypad, serta media key. Hal ini jadi mengingatkan saya, bahwa Nokia X series merupakan ponsel musik, termasuk Nokia X5 ini. Detail bagian sisi ponsel terbilang minimalis. Sisi atas ditempatkan slot multifungsi (untuk charging dan kabel data) dan port audio 3,5mm. Sisi kanan terdapat volume key. Sedangkan sisi kiri dan bawah tidak ditempatkan keypad apapun.

[tab:Fitur]

Nokia X5 menawarkan berbagai fitur. Berikut adalah beberapa fitur unggulan Nokia X5 yang patut dijadikan pertimbangan untuk dijajarkan dengan ponsel keluaran merek lain di kelasnya.

Music Player
Sebagai sebuah ponsel musik, tidak layak rasanya jika tidak menyajikan kemampuan musik player yang memuaskan. Nokia X5 sudah didukung oleh Comes With Music. Dengan dukungan Comes With Music, anda dapat mendownload musik dengan bebas. Memori internal 2 GB yang dapat diekspansi dengan microSD hingga 32 GB memungkinkan Anda untuk menyimpan 1000 lagu di dalamnya. Ditambah lagi dengan adanya fitur “Surprise Me” yang dapat menyajikan lagu lain secara acak hanya dengan mengguncang ponsel. Nokia X5 juga telah menyediakan port audio universal yang kompatibel dengan berbagai jenis headset ataupun speaker eksternal. Nokia X5 mampu menemani Anda mendengarkan musik sampai dengan seharian full. Asalkan hanya digunakan untuk mendengarkan musik saja yaaa, tidak untuk aktifitas lain.

Kamera 5 Megapiksel
Kamera 5 megapiksel dengan resolusi maksimal 2592 x 1944 pixels. Sayangnya, tidak ada keypad untuk akses cepat ke fitur kamera. Untuk alternatif akses cepat ke fitur kamera, Anda bisa setting fitur kamera pada home screen. Selain ketiadaan keypad kamera, lensa kamera ponsel juga tidak terlindungi, hal ini menyebabkan lensa rentan terhadap debu dan goresan yang bisa merusak hasil bidikan. Resolusi hasil foto bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Disediakan mulai dari resolusi yang fit untuk MMS sampai resolusi maksimal yang bisa dicetak 5R. Nokia X5 juga menyediakan mode panorama untuk mengambil gambar dengan sudut pandang besar. Agar sukses mengambil gambar panorama dengan baik, pastikan ketika tangan anda tidak bergerak ke kanan atau ke kiri, tidak melewati kotak view merah yang memandu.

Ketika digunakan untuk membidik objek di pagi hari dengan tidak mengarah ke cahaya matahari, tampilan di layar sebelum eksekusi foto terlihat sangat cemerlang. Tetapi sayangnya, ketika eksekusi keterangan warna seakan berkurang, dan hasil foto terlihat lebih gelap. Mungkin saja ini terjadi karena angle objek yang saya tempatkan kurang baik. Menggunakan kamera X5 untuk memotret objek di malam hari cukup prima. Bantuan flash LED terasa sangat memuaskan.

Nokia X5 juga menawarkan fitur unggulan lain, yaitu ‘Messaging Box’. Fitur ini membantu anda mengetahui jumlah pesan yang belum terbaca hanya dengan mengguncang ponsel.

[tab:Performa]

Performa keseluruhan mengasyikkan. Akses data cepat dengan dukungan CPU 600 MHz. Jika pulsa sudah menipis, Anda bisa memanfaatkan dukungan untuk Wi-Fi di dalamnya. Multitasking? So pasti, Facebook, Yahoo! Messenger, Twitter jalan terus selagi Anda browsing. Ditemani musik yang mengalun? bisa juga. Ditambah dengan QWERTY keyboard yang nyaman membuat Anda berah berlama lama chatting atau comment status facebook atau twit teman. Tetapi sayangnya, Nokia X5 yang digunakan untuk review tidak bisa digunakan untuk facebook-an. ‘File Corrupted’ pesannya. Walaupun aplikasi sudah di install ulang, tetap aplikasi facebook tidak bisa berjalan. Selain itu, kapasitas baterai yang hanya 650 mAh membuat daya tahan Nokia X5 kurang maksimal mengingat semua apliaksi yang disajikan membutuhkan daya yang cukup besar.

[tab:Kesimpulan]

Nokia X5 cocok untuk Anda yang hobby chatting dan berkomunikasi di situs jejaring sosial. Tetapi sayangnya, dengan desain kotak yang menurut saya terbilang feminim, rasanya akan lebih pantas jika digunakan oleh wanita. Kurang ‘macho’untuk pria. Fasilitas multimedia yang disediakan terbilang baik. Kemampuan media player patut diacungi jempol, cukup dahsyat untuk ukuran ponsel mungil. Ditambah lagi dengan adanya fitur Surprise Me untuk bisa lompat mencari lagu lain secara acak. Kamera 5 megapiksel lengkap dengan mode panorama membuat hasrat fotografi Anda tertantang untuk mengabadikan view pemandangan alam.