AndroidAplikasiNews

CyanogenMod: Custom Rom Android yang Populer

Salah satu alasan mengapa seseorang menggunakan smartphone Android adalah, fleksibilitas dari sistem operasi tersebut untuk dimodifikasi sehingga tiap pengguna bisa mengubah tampilan dan bahkan sistem yang sudah ada menjadi sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Sifatnya yang open source telah membuka kesempatan bagi para pengembang untuk membuat Android menjadi lebih baik lagi. Salah satu custom ROM Android yang ramai dibicarakan orang adalah CyanogenMod. Sudah cukup banyak handset Android yang didukung oleh CyanogenMod terutama Google Nexus One dan yang terbanyak adalah jajaran handset dari HTC, seperti Desire atau Magic. CyanogenMod sudah stabil untuk handset tersebut. Sang pengembang sedang berusaha untuk melakukan ekspansi agar custom ROM ini dapat digunakan di handset-handset populer lainnya seperti Samsung Galaxy S.

CyanogenMod diciptakan untuk meningkatkan performa dan reliabilitas dari ROM berbasis Android yang dirilis oleh vendor. Kini CyanogenMod sudah mencapai iterasi ke 6 dalam pengembangannya dan saat ini sudah berbasiskan Android 2.2 (Froyo). Sebagian besar modifikasi custom dari CyanogenMod dilakukan oleh Cyanogen (Steve Kondik), namun beberapa bagian yang lain berasal dari kontribusi para user dari komunitas xda-developer. Seperti yang dikutip dari website CyanogenMod, mereka mengaku bahwa untuk mengembangkan custom ROM ini membutuhkan waktu dan usaha, waktu yang dapat mereka gunakan untuk bekerja dan mendapatkan gaji, namun mereka memilih untuk menciptakan sebuah ROM yang kalian cintai, dan melakukannya tanpa meminta balasan. Custom Rom ini gratis dan dapat Anda download di sini mereka, namun tim pengembang dengan tangan terbuka menerima donasi dari para penggunanya.

CyanogenMod memiliki segudang fitur yang telah meningkatkan fungsionalitas dari sebuah firmware Android bawaan vendor. Jika Anda merupakan pencinta Android yang gemar memodifikasi dan ingin handsetnya tampil prima, custom ROM dari Cyanogen ini sangatlah layak untuk Anda coba.

Related Articles

Back to top button