ASUS NX90JQ: Notebook kelas Premium berkolaborasi dengan Bang & Olufsen

Jika kita lihat lima tahun silam, kualitas suara di notebook bukanlah hal yang menjadi prioritas, baik oleh vendor maupun konsumen. Namun seiring peningkatan performanya yang tak berbeda jauh dengan komputer desktop, para konsumen mulai menginginkan tata suara yang lebih baik di laptop. Bekerjasama dengan David Lewis Designers yang juga merancang sistem audio kelas atas, Bang & Olufsen, ASUS mempersembahkan NX90JQ.

Untuk menghasilkan kualitas suara yang prima, ASUS memasukkan teknologi ASUS SonicMaster, yang dikolaborasikan dengan Bang & Olufsen ICEpower. Sepasang speakernya terlihat duduk manis di samping LCD 18,4 incinya, mirip seperti “sayap” atau telinga yang panjang. Speaker ini memiliki ruang resonansi yang 10 kali lipat lebih besar dibanding notebook kebanyakan, makanya tak heran jika ukurannya juga lebih besar dibanding speaker laptop biasa.

Satu lagi fitur unik yang ditemukan di NX90JQ adalah disertakannya dua touchpad di kiri dan kanan notebook. Jadi tidak ada touchpad di bawah tombol spacebar. ASUS juga memasukan software Rotation Desktop, yang dapat membuat pengoperasian kedua touchpad ini lebih menyenangkan, mirip seperti memainkan piano atau mengoperasikan meja putar DJ. Kami belum mencoba software ini jadi kurang bisa berkomentar sejauh mana keasyikannya. NX90JQ juga merupakan laptop pertama di dunia yang menggunakan bahan polished aluminium yang berkilau. Sayangnya Anda harus sering mengelap bodinya yang mudah terkena bekas sidik jari.

Urusan performa, NX90JQ merupakan salah satu laptop yang paling bertenaga, dengan paduan prosesor Intel Core i7-740QM, NVIDIA GeForce GT335M, serta RAM 8GB DDR3. Konsepnya sebagai laptop hiburan pengganti desktop semakin nyata dengan adanya hard disk 1000GB (1 TB) dan Blu-Ray DVD Combo. Tentunya segala kehebatan ini hadir dengan harganya yang juga premium. ASUS memasarkan NX90JQ di kisaran US$2609 dengan jaminan garansi global 2 tahun. Cukup tinggi? Untuk sebuah eksklusivitas dan performa, memang ada harganya. Setuju?

SpesifikasiASUS NX90JQ
CPUIntel Core i7-740QM (1.73GHz, 6MB Cache)
VGANvidia GeForce GT335M dengan 1GB VRAM
LCD18.4” 16:9 Full HD (1920×1080) LED Display
RAM / HDD / Optical8GB DDR3 1066 MHz/ 1000GB HDD SATA/ Blu-ray DVD Combo
Baterai6 cell, 5600mAh
FiturBluetooth v2.1 + EDR, USB 3.0, amplifier audio SONIC MASTER, dan Bang & Olufsen ICEpower speaker
Berat 4,4 kg
Verified by MonsterInsights