Quantcast
AndroidAplikasiMobile GadgetSmartphoneTablet AndroidTips

7 Tips dan Trik Google Play Store yang Wajib Diketahui oleh Pengguna Android

Pengguna Android tentunya tidak akan bisa lepas dari Google Play Store. Bagaimana tidak. Toko aplikasi ini adalah sumber utama untuk mengunduh berbagai konten yang dibutuhkan untuk penggunaan smartphone sehari-hari, termasuk game.

Bagi Anda yang baru beralih ke Android atau mungkin pengguna lama yang belum familiar dengan Google Play Store, ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui. Dilansir dari Androidpit, Jumat (5/1), berikut kami sajikan 7 tips dan trik agar Anda bisa menggunakan Google Play Store dengan lebih maksimal:

1. Melihat daftar aplikasi milik Anda

Google Play Store memiliki tempat khusus yang bernama My Apps & Games. Sesuai namanya, Anda bisa melihat semua aplikasi yang sudah diunduh serta aplikasi mana saja yang membutuhkan update. Ada pula halaman khusus untuk melihat semua aplikasi milik Anda yang belum ter-install di perangkat tersebut.

Cara mengaksesnya: Buka Google Play Store -> klik icon Menu di pojok kiri atas (3 baris horizontal) -> klik My Apps & Games. Jika ingin meng-update beberapa aplikasi sekaligus, Google Play Store menyediakan fitur bernama Update All.

2. Mengaktifkan fitur Parental Controls

Tidak semua aplikasi di Google Play Store cocok digunakan oleh anak-anak. Karena itu, jika Anda tidak ingin anak Anda mengunduh aplikasi yang belum sesuai dengan usia mereka, contohnya game penuh adegan kekerasan atau aplikasi nge-date untuk orang dewasa, aktifkan saja fitur Parental Control.

Tips Google Play Store 1

Caranya: Buka Google Play Store -> klik icon Menu di pojok kiri atas -> pilih Settings -> pilih Parental Controls lalu aktifkan. Anda akan diminta membuat PIN rahasia. Setelah itu, Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang wajib masuk dalam daftar ‘aplikasi terlarang’ untuk anak Anda.

3. Menonaktifkan update otomatis

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, setiap developer akan selalu menghadirkan update berkala pada aplikasi garapannya. Tapi, tentu tidak semua orang ingin perangkat Android-nya langsung melakukan update secara otomatis.

Alasan paling umum adalah soal kuota. Memang ada opsi untuk menjalankan update hanya ketika terhubung ke WiFi saja. Masalahnya, ketika terhubung ke WiFi pun belum tentu kuotanya unlimited. Contohnya pengguna Mobile WiFi yang masih mengandalkan jaringan 4G milik operator dengan paket internet terbatas.

Screenshot 2018 01 05 16 51 47 523 com.android.vending

Nah, untuk menonaktifkan auto update, caranya: Buka Google Play Store -> klik icon Menu -> masuk ke Settings -> lalu klik Auto-update Apps dan pilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Mencegah aplikasi baru membuat icon di Home

Jika Anda baru memasang aplikasi dari Google Play Store, secara otomatis akan ada shortcut berupa icon untuk membuka aplikasi tersebut langsung dari Home. Jadi, Anda tidak perlu repot menelusuri App Drawer untuk mencarinya. Memang praktis. Tapi, mungkin tidak semua orang ingin halaman Home di smartphone-nya dipenuhi icon-icon dari berbagai macam aplikasi.

Screenshot 2018 01 05 16 51 53 936 com.android.vending

 

Cara menonaktifkannya: Buka Google Play Store -> pilih icon Menu dan masuk ke Settings -> lalu hilangkan tanda centang pada Add Icon to Home Screen.

5. Mengakses game-game indie

Ingin mencari game yang berbeda? Anda bisa mengakses Indie Corner yang berisi beragam koleksi game indie yang tak kalah seru dibandingkan game-game garapan developer besar.

Screenshot 2018 01 05 16 52 51 166 com.android.vending

Cara mudah mengaksesnya: Buka browser (Google Chrome) di perangkat Android Anda -> lalu masukkan kata kunci Indie Corner. Hasil pencarian teratas akan langsung mengarahkan Anda ke halaman tersebut.

6. Menambah opsi pembayaran

Anda bisa menambahkan cara pembayaran baru untuk membeli aplikasi berbayar di Google Play Store. Misalnya, ingin menggunakan kartu kredit atau memotong pulsa.

Tips Google Play Store 5

Caranya: Buka Google Play Store -> klik icon Menu lalu masuk ke Account -> pilih Payment Methods

7. Anda bisa melakukan refund

Tak perlu khawatir jika aplikasi berbayar yang Anda beli ternyata tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Google menjanjikan kemudahan untuk melakukan refund alias pengembalian dana, dari aplikasi yang sudah Anda beli. Tapi, tetap ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk lebih jelasnya, langsung saja klik tautan berikut ini.

Back to top button