Quantcast

100% Canggih Award: Deretan Laptop dan Tablet Terbaik Tahun 2017

Tren pasar laptop dan tablet sepanjang tahun 2017 ini cukup menarik, terutama di segmen laptop gaming. Meningkatnya minat konsumen untuk mendapatkan sebuah laptop gaming membuat para produsen meluncurkan berbagai tipe laptop gaming dengan harga yang bervariasi.

Di segmen laptop biasa pun persaingannya juga cukup menarik. Peluncuran prosesor Intel Core generasi 8, serta gebrakan AMD dengan merilis APU Ryzen untuk perangkat laptop membuat persaingan semakin seru. Namun sepertinya Anda masih harus menunggu beberapa bulan ke depan untuk melihat laptop dengan APU Ryzen di pasaran.

Sepanjang tahun 2017 produsen-produsen tablet dan laptop telah merilis banyak perangkat ke pasaran. Berikut ini kami pilihkan beberapa perangkat terbaik berdasarkan beberapa kategori.

1. Tablet Terbaik: Apple iPad Pro 10,5 Inci

Di segmen tablet, iPad Pro masih menjadi salah satu tablet terbaik di kelasnya. Dengan dukungan ekosistem aplikasi yang berkualitas, Anda dapat menggunakan tablet ini untuk berbagai kebutuhan mulai dari hiburan hingga bekerja. Untuk bekerja pun perangkat ini didukung dengan tersedianya keyboard cover serta stylus Apple Pencil yang dapat membuat Anda lebih fleksible saat bekerja.

2. Notebook Bisnis Terbaik 2017: Lenovo ThinkPad X1 Carbon

ThinkPad X1 Carbon merupakan laptop bisnis kelas atas yang dimiliki oleh Lenovo. Laptop ini menggabungkan desain dan material khas seri ThinkPad yang tangguh dengan bodi yang sangat tipis untuk mendukung portabilitas yang membuatnya mudah untuk dibawa-bawa kemanapun.

Laptop ini hadir dengan prosesor Intel Core i7 7500U Kaby Lake, RAM sebesar 16GB, dan penyimpanan SSD M.2 sebesar 512GB. Tersedia juga tipe yang telah mendukung konektivitas LTE sehingga Anda bisa tetap terkoneksi di mana saja.

3. Notebook Terbaik di bawah 6 juta: Lenovo IdeaPad 120s

Segmen laptop dengan harga di bawah 6 jutaan saat ini umumnya didominasi oleh laptop dengan prosesor Intel Celeron atau Pentium. Begitu pula dengan Lenovo IdeaPad 120s ini. Bedanya, laptop ini menggunakan media penyimpanan SSD sebesar 120GB sehingga tampil beda dibandingkan laptop lainnya yang masih menggunakan hard disk.

Didukung dengan penggunaan SSD membuat Lenovo IdeaPad 120s ini memiliki kinerja yang baik dan cukup cepat di kelasnya. Dengan harga tak sampai 4 juta, laptop ini menawarkan value yang sangat baik untuk sebuah laptop entry-level yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mengetik, browsing, dan menonton.

4. Notebook Terbaik 6-10 juta rupiah: Acer Aspire E5-476

Acer Aspire E5-476 merupakan salah satu laptop pertama yang hadir di Indonesia yang menggunakan prosesor Intel Core generasi 8 atau Kaby Lake R. Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i7 8550U, RAM 4GB, serta kartu grafis Nvidia GeForce MX150. Tersedia juga tipe dengan prosesor Core i5 8250U.

Laptop mainstream ini mampu memberikan kinerja yang baik di kelasnya. Jika ingin meningkatkan kinerjanya, Acer pun menyediakan slot upgrade yang bisa diakses dengan mudah sehingga Anda bisa menambahkan kapasitas RAM atau memasang SSD M.2.

5. Notebook Terbaik 10-15 juta rupiah: Asus FX553VD

Asus FX553VD adalah turunan dari laptop gaming Asus ROG GL553VD. Oleh karena itu, walaupun tidak masuk ke lini gaming ROG, laptop ini tetap menawarkan berbagai keunggulan yang hadir di seri laptop gaming seperti prosesor Intel Core i7 7700HQ dan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050 2GB yang bertenaga untuk bermain game. Kapasitas RAMnya sendiri sebesar 8GB yang bisa ditingkatkan hingga 32GB.

Asus FX553VD hadir dengan desain bodi yang menyerupai sebuah laptop gaming. Begitu pula dengan fitur yang ditawarkannya, yaitu keyboard dengan backlight serta sistem pendingin besar yang mampu menjaga suhunya agar tetap aman. Semua itu bisa didapatkan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan varian laptop gamingnya.

6. Notebook Terbaik 15-20 juta rupiah: Asus VivoBook Pro 15 N580BD

Spesifikasi kencang bukan hanya milik ultrabook atau laptop gaming saja. Laptop dengan desain mainstream pun bisa memiliki spesifikasi yang tinggi. Asus VivoBook Pro 15 memiliki prosesor Intel Core i7 7700HQ, RAM 8GB, serta kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050 yang mirip dengan laptop gaming entry-level yang ada di pasaran.

Asus VivoBook Pro 15 ini memiliki bodi yang cukup ramping dan ringan. Layar 15,6 inci dengan resolusi Full HD dikelilingi oleh bezel tipis NanoEdge sehingga membuat ukuran bodinya terasa lebih ramping dibandingkan laptop 15,6 inci lain.

7. Notebook Terbaik di atas 20 juta rupiah: HP Spectre 13 (2017)

HP Spectre 13 (2017) merupakan laptop yang sangat tipis. Spectre 13 generasi kedua ini masih memegang gelar sebagai laptop tertipis di dunia dengan ketebalan sekitar 12mm saja. Sebagai laptop mahal, Spectre 13 juga memiliki bodi yang premium dengan menggunakan bahan aluminium CNC yang kokoh.

HP Spectre 13 generasi baru ini juga memiliki spesifikasi yang telah disegarkan. Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i7 8550U, RAM 16GB, serta penyimpanan SSD hingga 1TB. Kapasitas baterainya juga sangat mumpuni sehingga laptop ini bisa bertahan hingga 11,5 jam dalam sekali penggunaan dan juga didukung dengan pengisian cepat HP Fast Charge.

8. Notebook 2-in-1/convertible Terbaik di bawah 10 juta rupiah: Dell Inspiron 13 5378

Dell Inspiron 13 5378 hadir dengan layar 13,3 inci dan resolusi Full HD. Laptop ini memiliki desain dengan engsel yang bisa diputar hingga 360 derajat sehingga Anda dapat menggunakannya sebagai tablet atau berbagai posisi lainnya.

Bicara soal spesifikasinya, Dell Inspiron 13 5378 menggunakan prosesor Intel Core i3 7100U dan RAM sebesar 4GB dan didukung dengan penyimpanan hard disk sebesar 1TB. Dengan harga sekitar 8 jutaan, laptop ini memberikan kompromi yang cukup pas antara kinerja yang cukup cepat dengan portabilitas dan kemudahan penggunaan sebagai laptop biasa dan tablet.

9. Notebook 2-in-1/convertible 10-20 juta rupiah: Acer Spin 5

Di segmen laptop 1-in-1 atau convertible, Acer mempunyai seri Spin dengan tipe terbarunya yaitu Spin 5. Dengan engsel 360 derajat, Anda bisa menggunakan laptop ini pada mode laptop, tablet, display, dan tent sehingga lebih fleksibel.

Acer Spin 5 memiliki bodi yang cukup ramping dan cukup ringan dengan bobot sekitar 1,5kg. Yang menarik, Acer Spin 5 yang sekarang ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi 8 ini juga mendukung penggunaan Acer Active Stylus 4 yang dapat membuat Anda bekerja dengan lebih fleksibel.

10. Notebook 2-in-1/convertible di atas 20 juta rupiah: HP Spectre x360 13

HP Spectre x360 13 mempunyai desain yang sangat ikonik dan menggunakan bahan premium sehingga membuatnya terlihat sangat mewah. Laptop ini juga bisa diputar hingga 360 derajat untuk penggunaan dalam berbagai posisi.

Keunggulan utama HP Spectre x360 x13 adalah pada daya tahan baterainya yang sangat baik. Laptop ini diklaim bisa bertahan hingga 16,5 jam sehingga Anda tidak perlu lagi membawa charger sehari-hari. Selain itu laptop ini juga mendukung penggunaan stylus aktif sehingga Anda dapat menulis atau menggambar dengan lebih fleksibel pada layar sentuh 4K yang ada.

11. Notebook gaming terbaik di bawah 20 juta rupiah: HP Omen 15-ce086tx

Di segmen laptop gaming entry-level, HP Omen 15-ce086tx adalah laptop gaming yang bukan hanya mampu menawarkan spesifikasi tinggi, namun juga kualitas bahan yang sangat baik. Laptop dengan prosesor Intel Core i7 7700HQ dan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050 Ti 4GB ini mempunyai bodi yang kokoh dan solid sehingga membuatnya lebih kuat saat Anda bawa kemana-mana.

Kinerja yang dihasilkan oleh laptop ini tergolong bagus untuk kelasnya. Kami pernah mengulas secara mendalam laptop HP Omen 15-ce086tx ini yang artikelnya bisa Anda baca pada tautan ini.

12. Notebook gaming terbaik 2017: Asus ROG GX501 Zephyrus

Asus ROG GX501 Zephyrus menjadi contoh bahwa sebuah laptop gaming tidak harus memiliki bodi yang besar dan berat. Laptop ini memiliki bodi yang sangat ramping untuk ukuran laptop gaming kelas atas, yaitu ketebalan 1,7cm dan berat 2,25kg.

Namun di dalam bodinya yang ramping, Asus ROG GX501 Zephyrus memiliki spesifikasi yang sangat kencang. Laptop ini memiliki prosesor Intel Core i7 7700HQ, RAM DDR4 24GB, serta kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1080 8GB yang membuatnya sangat cepat dan mampu menjalankan berbagai game dengan sangat baik.

13. Notebook gaming paling inovatif: Asus ROG GX800

Asus ROG GX800 adalah laptop dengan kasta tertinggi yang ada di pasaran saat ini. Spesifikasinya begitu garang dengan prosesor Intel Core i7 7820HK, RAM 64GB, dan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1080 SLI dan didukung oleh penyimpanan SSD M.2 1,5TB membuatnya mampu melahap semua game dengan baik, serta dapat diandalkan untuk bekerja.

Selain itu, laptop ini juga menghadirkan inovasi yang unik dan canggih dengan menghadirkan sistem pendingin cair eksternal. Sistem pendingin ini memang membuat laptopnya menjadi besar dan tidak portabel lagi. Tapi tambahan sistem pendingin tersebut membuat kinerjanya dapat ditingkatkan dengan melakukan overclock, sekaligus menjaga suhu operasional saat beroperasi maksimum.

14. Notebook dengan desain terbaik: HP Spectre 13 (2017)

Sebagai sebuah laptop kelas atas, HP Spectre 13 (2017) tampil dengan desain yang sangat premium. HP betul-betul mempertimbangkan aspek desain pada laptop ini dengan menggunakan material aluminium CNC yang dicetak sedemikian rupa sehingga laptop ini terlihat begitu mewah. Selain itu, laptop ini juga memiliki dimensi yang sangat ramping dan membuatnya menjadi laptop paling tipis di dunia saat ini.

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: