Quantcast

Review Motorola Moto E4 Plus: Smartphone Terjangkau dengan Layar Lebar dan Baterai Besar

Cek harga

Motorola mulai terlihat serius menggarap pasar Indonesia di sepanjang tahun 2017. Ini terlihat dari semakin banyaknya produk yang mereka luncurkan, terutama di segmen harga menengah ke bawah.

Salah satunya adalah Moto E4 Plus, smartphone 2 jutaan yang mengandalkan sektor baterai sebagai nilai jual utamanya. Kami sudah menguji smartphone ini, dan ternyata, selain baterai masih banyak fitur menarik lainnya yang ditawarkan Moto E4 Plus. Penasaran apa saja? Simak ulasan lengkap kami:

Desain elegan

Dari sekian banyak produsen yang bermain di harga 2 jutaan, Motorola termasuk yang paling menonjol dari sektor desain. Bisa dibilang, Motorola punya bahasa desainnya sendiri dan tidak mengadopsi DNA dari smartphone brand lain.

Yang kami suka adalah Moto E4 Plus terlihat jauh lebih mahal dibanding harga jualnya. Tampilannya kental dengan nuansa premium berkat material metal yang diusungnya. Selain itu, sudut-sudutnya yang ergonomis pun nampak menawan.

Bagian depan didominasi layar bersama sensor sidik jari di bawahnya. Cover belakang yang berbalut metal tampil sederhana tanpa banyak aksen-aksen yang berlebihan. Secara keseluruhan ini adalah smartphone yang elegan dan termasuk yang paling menarik di kelasnya.

 

Tapi ketika digenggam, Anda akan langsung menyadari bahwa Moto E4 Plus lebih berat dan lebih tebal ( dibanding smartphone pada umumnya. Bobotnya 198 gram, sementara ketebalannya 9,8 mm. Ya, konsekuensi dari penanaman baterai yang besar.

Meski begitu, Anda bisa tetap nyaman membawanya di dalam saku celana. Cover belakangnya memang sedikit licin, namun Anda bisa mengakalinya dengan memasang casing tambahan sekaligus untuk memberikan proteksi ekstra dari benturan.

Perlu diketahui bahwa Moto E4 Plus memiliki bodi yang lumayan lebar karena adanya layar 5,5 inci. Jika Anda termasuk orang yang bertangan besar, pengoperasian dengan satu tangan masih tergolong mudah.

Sekadar informasi tambahan, cover belakang Moto E4 Plus bisa dibuka. Bukan untuk mengakses baterai, melainkan untuk membuka slot SIM-card dan microSD.

Layar 5,5 inci

Seperti disebutkan di atas, Moto E4 Plus memiliki layar lebar dengan ukuran 5,5 inci. Cocok untuk Anda yang gemar menikmati konten-konten seperti video. Resolusinya memang masih HD (720p). Walaupun demikian, ketajaman gambarnya tetap baik dan tampilan warnanya pun sedap dipandang. Nilai plus lainnya, dengan resolusi yang masih 720p secara teori lebih hemat baterai.

Untuk penggunaan di bawah terik matahari, kami merasa tingkat kecerahannya kurang memuaskan. Terkadang cukup sulit untuk melihat konten di layar meski kami sudah mengatur tingkat kecerahan hingga maksimal.

Soal audio, tidak ada fitur spesial yang dibenamkan oleh Motorola. Akan tetapi, kualitas suara yang dikeluarkan jernih, lantang, dan nyaman didengar meski diatur ke volume yang tinggi.

OS bersih yang ringan

Moto E4 Plus mengadopsi Android 7.1.1 Nougat. Seperti smartphone Motorola lainnya, Moto E4 Plus menggunakan OS murni yang bersih dari bloatware. Keuntungannya, selain terasa ringan dan gesit, tak banyak software bawaan yang tidak dibutuhkan dan memenuhi memori.

Aplikasi Moto tetap tersedia. Bagi yang belum tahu, di aplikasi ini Anda bisa mengaktifkan fitur One-Button Nav untuk memudahkan navigasi dengan fungsi gesture pada tombol Home (sensor sidik jari).

Untuk mengaktifkannya, masuk ke aplikasi Moto dan pilih Moto Actions, lalu nyalakan One-Button Nav. fitur satu tombol untuk semua navigasi ini memang cukup inovatif dan jarang ditemukan di smartphone lainnya. Akan tetapi, kami pribadi lebih suka menggunakan tiga tombol on-screen.

Selain Moto Actions, Anda juga bisa mengakses Moto Display untuk menyesuaikan tampilan layar ketika menggunakan Moto E4 Plus di malam hari atau kondisi gelap.

Kamera lumayan di kelasnya

Tak banyak smartphone terjangkau yang dibanderol 2 jutaan menawarkan kamera dengan kualitas baik di kelasnya. Untungnya, Moto E4 Plus termasuk dalam kelompok yang sedikit tersebut.

Smartphone ini dipersenjatai sensor 13 megapixel f/2.0 dengan autofocus dan flash untuk kamera belakang, serta 5 megapixel juga dengan flash untuk kamera depan. Kedua kamera tersebut tidak didukung fitur tambahan yang spesial. Bahkan, mode manual pun tidak ada.

Hasil foto Moto E4 Plus (10)

Hasil foto Moto E4 Plus (13)

Meski begitu, hasil jepretannya tergolong cukup baik di kelasnya, baik untuk pemotretan outdoor dengan kondisi cahaya yang terang maupun di indoor atau dengan cahaya temaram. Masih lumayan tajam dan reproduksinya warnanya pun tidak buruk.

Hasil foto Moto E4 Plus (4)

Hasil foto Moto E4 Plus (2)

Satu-satunya yang cukup mengganggu adalah autofocus kamera belakang yang lambat. Bahkan, ketika fokus sudah terkunci dan siap memotret, terkadang dalam hitungan tak sampai 1 detik justru lepas kembali dan gambar menjadi blur. Hasilnya, Anda harus ekstra sabar saat mengunci fokus agar hasil foto sesuai keinginan.

Masih penasaran dengan kualitas fotonya? Hasil yang lebih lengkap bisa  Anda lihat di akun Flickr YangCanggih.com.

Performa seadanya

Memang, ada harga ada rupa. Dengan harga yang ditekan agar tetap terjangkau, Motorola tidak bisa menanamkan SoC yang bertenaga. Yang ada hanyalah Mediatek MT6737 Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53, dengan GPU Mali-T720 dan RAM 3 GB.

Untuk penggunaan sehari-hari masih terasa memadai. Anda yang gemar bermain game pun tetap bisa menikmatinya di Moto E4 Plus, tapi, jelas tidak semua judul bisa berjalan maksimal. Untuk game-game populer seperti Mobile Legends dan Arena of Valor, penurunan frame rate akan sering terasa di beberapa kondisi. Terkadang, hingga pada level yang menyebalkan.

Moto E4 Plus memang lebih cocok digunakan untuk pemakaian standar, seperti browsing, chatting, menonton film, dan mengakses media sosial. Apalagi, memori internalnya 32 GB (ada slot microSD juga) yang artinya Anda bisa menyimpan cukup banyak konten seperti foto, musik, maupun video.

Berikut kami sajikan hasil pengujian menggunakan beberapa aplikasi benchmark:

Baterai tahan hingga 2 hari

Inilah nilai jual utama dari Moto E4 Plus. Ya, baterai 5000 mAh. Kapasitas yang besar dan menjanjikan daya tahan mumpuni, sekaligus merupakan opsi menarik karena tidak banyak smartphone dengan harga setara yang menawarkan keunggulan seperti ini.

Kami menggunakan Moto E4 Plus dengan gaya pemakaian normal untuk komunikasi, berselancar di dunia maya maupun media sosial, dan terkadang menikmati musik atau video. Hasilnya, Moto E4 Plus bisa menyala hingga 1,5 atau bahkan 2 hari!

Anda tidak perlu mengisi ulang daya setiap malam atau harus repot-repot membawa power bank ketika bepergian. Tapi ketika ingin melakukan charging (menggunakan 10W rapid charger), Moto E4 Plus butuh lebih dari 2 jam hingga penuh.

Kesimpulan

Moto E4 Plus punya target yang jelas, yakni pengguna dengan budget terbatas yang ingin memiliki smartphone dengan daya tahan baterai memuaskan. Motorola juga tidak ambil pusing membenamkan fitur-fitur kekinian seperti dual-camera, yang belum tentu dibutuhkan dan bahkan berpotensi melambungkan harga.

Semua yang ditawarkan oleh Moto E4 Plus tepat pada sasaran. Baterai 5000 mAh, layar 5,5 inci, kamera yang lumayan, desain yang tidak murahan, dan pastinya, harga yang ramah di kantong.

Dengan banderol Rp2.333.000, Moto E4 Plus cocok untuk Anda yang mencari smartphone terjangkau dengan layar lebar dan baterai besar untuk menemani aktivitas super sibuk sehari-hari.

Yang Canggih:

+ Desain bagus dengan material metal
+ Layar lebar 5,5 inci
+ Android bersih dan ringan
+ Baterai tahan hingga 2 hari
+ Ada slot microSD terpisah (bukan hybrid)
+ Sensor sidik jari cepat dengan tambahan fungsi navigasi
+ Harga menarik

Yang Kurang:

– Performa kurang bertenaga
– Autofocus kamera belakang lambat
– Bodi agak tebal

Spesifikasi Moto E4 Plus
Layar IPS 5,5 inci HD
SoC MediaTek MT6737 Quad-core 1.3 GHz, GPU Mali-T720
RAM 3 GB
Memori internal 32 GB (ada slot microSD)
Kamera belakang 13 megapixel f/2.0 dengan autofocus dan flash
Kamera depan 5 megapixel dengan lampu flash
Baterai 5000 mAh (10W rapid charger)
Konektivitas 4G LTE, Bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11 b/g/n, A-GPS, GLONASS, microUSB
Sistem operasi Android 7.1.1 Nougat
Fitur Sensor sidik jari
Dimensi 155 x 77.5 x 9.6 mm (berat 198 gram)
Motorola Moto E4 Plus
Harga yang terjangkau menjadikannya opsi menarik untuk yang mencari smartphone dengan baterai 5000 mAh
Cek harga

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: