Quantcast

Review Samsung Galaxy Gear Icon X 2018: Baterai Lebih Tahan Lama, Tambah Optimal Untuk Teman Olahraga

Teknologi nirkabel atau wireless di dunia audio terbukti berhasil memberikan kemudahan kepada para pengguna karena tidak perlu lagi direpotkan dengan urusan kabel kusut. Tidak heran produk in-ear headphone dengan koneksi nirkabel ini lebih banyak diincar oleh para pengguna yang gemar berolahraga.

Di tahun lalu Samsung meramaikan segmen in-ear headphone wireless dengan mempersembahkan Gear Icon X. Setahun kemunculan Gear Icon X, Samsung kini sudah siap menghadirkan suksesornya yaitu Gear Icon X 2018. Ada banyak peningkatan yang dibawa oleh in-ear headphone ini. Penasaran apa saja kehebatannya? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain Lebih Pas di Telinga, Sangat nyaman digunakan

Serupa tapi tak sama. Samsung Galaxy Gear Icon X 2018 masih berbagi desain yang mirip seperti versi lawasnya. Tapi, jika diperhatikan lebih seksama ada beberapa perbedaan diantara keduanya. Pertama, Samsung Galaxy Gear Icon X 2018 hadir dengan sudut-sudut yang lebih ergonomis. Bobotnya pun dirancang lebih ringan yakni hanya 8 gram.

Saat digunakan untuk berolahraga, Galaxy Gear Icon X bisa terpasang dengan sempurna di telinga dan nyaman sekali digunakan. Bahkan, saat diajak berlari Gear Icon X 2018 tetap menempel di telinga dan tidak mudah terlepas.

Untuk menyesuaikan telinga pengguna di paket pembeliannya Samsung telah menghadirkan 3 pilihan ukuran ear tip dan wing tip berbahan karet silikon yang lentur dan lembut.

Sistem navigasi dengan panel sentuh

Seperti generasi lawasnya, Galaxy Gear Icon X 2018 juga masih dilengkapi dengan panel sentuh untuk navigasi. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu Tap dan Swipe di panel tersebut.

Sayangnya, panel sentuhnya ini tergolong sangat sensitif dengan sentuhan jari. Jadi, diperlukan waktu penyesuaian agar terbiasa dan menguasai beberapa perintah Tap dan Swipe di panel sentuhnya ini.

Proses pairing cepat dan mudah

Mengusung konektivitas Bluetooth, Gear Icon X 2018 bisa terhubung dengan sangat mudah dan cepat ke perangkat smartphone. Nyaris kami tidak menemukan masalah saat menghubungkannya ke smartphone. Semua smartphone Android bisa terhubung ke Gear Icon X 2018 bahkan Anda bisa menghubungkannya ke iPhone.

Mendukung asisten virtual dan dilengkapi fitur pemandu lari

Kelebihan lain yang ditawarkan dari Gear Icon X adalah hadirnya dukungan asisten virtual yang bisa diajak interaksi lewat perintah suara. Saat terhubung ke smartphone Android non Samsung, pengguna bisa mengaktifkan fitur asisten virtual Google Asisstant. Sementara pengguna smartphone Samsung seperti Galaxy S8, S8 Plus dan Note 8 bisa memanggil asisten virtual besutan Samsung sendiri yaitu Bixby.

Selain itu, Gear Icon X 2018 juga dilengkapi dengan fitur bernama Running Coach yang cocok untuk para penggemar lari. Saat kami mencoba fitur ini, Running Coach memang amat membantu terutama untuk para pemula yang belum terbiasa berlari.

Lewat perintah suara, Running Coach akan memandu Anda saat lari. Running Coach akan memberikan Anda perintah untuk memulai pemanasan, kapan harus meningkatkan kecepatan saat berlari dan lain sebagainya. Selain dilengkapi dengan fitur Running Coach ini, Gear Icon X 2018 juga mendukung aplikasi Samsung Health yang bisa berguna untuk memantau aktivitas olahraga Anda dengan menampilkan jarak tempuh, kecepatan lari atau jalan, dan berapa kalori yang sudah terbakar.

Bisa digunakan tanpa smartphone

Gear Icon X 2018 juga bisa digunakan secara independen. Artinya, Anda bisa langsung menggunakannya sebagai pemutar musik tanpa perlu terhubung ke smartphone. Gear Icon X telah dilengkapi dengan memori internal 4GB yang cukup untuk menyimpan ratusan judul lagu favorit sebagai teman olahraga.

Kualitas suara lumayan, isolasi suara amat baik

Suara yang dihasilkan Gear Icon X 2018 juga tergolong lumayan baik untuk sebuah in-ear headphone wireless. Suara gebukan bass terasa bertenaga tanpa mendominasi sektor mid dan high di vokal. Dengan karakter suara seperti ini Samsung Gear Icon X 2018 cocok digunakan untuk memutar lagu-lagu bergenre house music, dance atau elektronik dengan gebukan bass yang nendang sehingga sangat ideal untuk menambah semangat saat berolahraga.

Hal lain yang kami sukai, Gear Icon X 2018 juga mampu menyajikan isolasi suara yang sangat baik. Anda wajib waspada saat menggunakannya bersepeda atau berlari di jalan raya. Selain itu, mengingat desainnya belum dirancang tahan air Anda juga harus jeli melihat kondisi cuaca saat menggunakannya olahraga di luar ruangan.

Baterai tahan lama


Satu peningkatan yang cukup signifikan dari Gear Icon X 2018 adalah daya tahan baterainya yang lebih tahan lama dibandingkan versi lawasnya.

Untuk meningkatkan daya tahan baterainya ini, Samsung tidak lagi menambahkan fitur pemantau detak jantung di Gear Icon X 2018. Hasilnya, saat kami uji coba untuk mendengarkan musik secara non stop secara nirkabel, baterainya ini bisa bertahan nyaris 4 jam. Sementara jika digunakan secara independen tanpa terhubung ke smartphone, Gear Icon X 2018 bisa digunakan lebih lama hingga nyaris 6 jam.

Untuk isi ulang baterainya, Samsung Gear Icon X 2018 mengandalkan case pelindungnya yang berukuran mungil dan mengusung konektivitas USB Type-C. Menariknya, Gear Icon X 2018 juga didukung fitur isi ulang cepat. Dikatakan Samsung untuk isi ulang selama 10 menit baterai Samsung Gear Icon X 2018 ini bisa digunakan hingga sekitar 1 jam. Lalu bagaimana mengetahui berapa baterai yang tersisa? Untuk mengetahuinya Anda bisa mengandalkan aplikasi Gear Icon X yang bisa diunduh melalui PlayStore.

Kesimpulan

Samsung Gear Icon X 2018 adalah penebusan dosa Samsung untuk menjawab permasalahan baterai yang relatif boros di Samsung Gear Icon X 2017 sebelumnya.

Sentuhan pembaruan di sektor desainnya juga membawa perubahan yang cukup positif. Berkat desainnya yang lebih ergonomis dan ringan Gear Icon X 2018 bisa terpasang lebih sempurna di telinga dan tidak mudah terlepas sehingga semakin ideal untuk diajak berolahraga atau bergerak.

Dengan tambahan beragam fitur untuk menunjang kegiatan olahraga dan kualitas suara yang cukup baik, Samsung Gear Icon X wajib dilirik untuk para penggemar olahraga yang gemar mendegarkan musik.

Yang Canggih
+ Nyaman digunakan, pas ditelinga
+ Dilengkapi memori internal untuk menyimpan lagu
+ Baterai tahan lama

Yang Kurang
– Navigasi agak sulit
– Panel sentuhan cukup sensitif dengan jari
– Tidak dilengkapi fitur anti air

Samsung Gear Icon X wajib dilirik untuk para penggemar olahraga yang gemar mendegarkan musik

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: