Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Synaptics Clear ID FS9500: Teknologi Sensor Sidik Jari yang Menyatu dengan Layar Smartphone

Sebelum iPhone X muncul di pasaran banyak rumor yang beredar iPhone X akan hadir dengan sensor sidik jari yang langsung terintegrasi dengan layar smartphone. Faktanya, rumor tersebut tidak terbukti benar karena iPhone X akhirnya muncul dengan teknologi pengaman FaceID yang mengandalkan pengenal wajah.

Synaptics Clear ID optical fingerprint sensor 1

Lalu apakah teknologi sensor sidik jari yang langsung menyatu dengan layar smartphone hanya isapan jempol belaka? Tentu saja tidak, karena Synaptic saat ini telah resmi memperkenalkan Clear ID FS9500 yang merupakan teknologi sensor sidik jari pertama di dunia yang mengadopsi ide tersebut.

Dirancang untuk smartphone dengan desain tanpa bingkai

Dikatakan Synaptics, hadirnya teknologi ini untuk menjawab tantangan desain smartphone tanpa bingkai yang memang diramalkan akan menjadi tren kedepannya. Dengan menyatunya sensor sidik jari langsung di layar smartphone, pabrikan kini bisa merancang smartphone dengan teknologi pengaman sensor sidik jari tanpa perlu lagi menempatkan tombol fisik di bawah layar atau belakang bodi smartphone.

Lebih canggih dan aman

Dibandingkan sensor sidik jari biometrik yang memerlukan tombol fisik, Clear ID FS9500 diklaim lebih canggih dan aman. Sensor ini mampu mengenali sidik jari pengguna dengan lebih cepat di beragam kondisi dan sudut. Di kondisi jari basah, kering atau dalam keadaan dingin sekalipun sensor ini dikatakan tetap akan mampu mengenali sidik jari pengguna dengan prima.

Clear ID FS9500 juga lebih tangguh. Ini tentu saja berkat desainnya yang selalu terlindung oleh layar yang diperkuat oleh lapisan pelindung maka sensor ini akan anti air dan goresan.

Untuk teknologi pengamannya, Clear ID FS9500 mengusung teknologi SentryPoint. Berkat teknologi tersebut pabrikan smartphone nantinya dimungkinkan untuk mengaplikasikan beragam variasi sistem autentikasi pengaman, termasuk sistem pengaman enkripsi AES.

Telah didukung oleh 5 pabrikan smartphone

Kabar baiknya, kemunculan teknologi sensor sidik jari yang inovatif ini disambut antusias oleh para pabrikan smartphone. Menurut klaim Synaptics saat ini telah tercatat 5 pabrikan smartphone papan atas yang telah siap mengadopsi tekologi Clear ID FS9500.

Jadi, tidak perlu heran tahun 2018 nanti akan banyak mucul smartphone dengan layar tanpa bingkai dan sensor sidik jari fisik tidak akan lagi ditemukan di smartphone karena telah digantikan oleh teknologi ini.

Back to top button