Quantcast

Android Go: Sistem Operasi Android Oreo Paket Hemat untuk Smartphone Kelas Entry

Untuk memberikan pengalaman menggunakan smartphone Android yang lebih optimal di smartphone kelas entry, Google mengumumkan sistem operasi Android paket hemat yang diberi nama Android Go.

Dirancang khusus untuk smartphone kelas entry

Android Go adalah sistem operasi yang disiapkan untuk smartphone kelas entry. Dikatakan Google, Android Go sangat cocok digunakan untuk smartphone yang umumnya hanya dibekali RAM 512MB hingga 1GB dan memori internal yang terbatas. Kabar baiknya, Android Go ini diadopsi dari sistem operasi Google terbaru, Android 8.0 atau Android Oreo. Singkatnya, Android Go adalah Android Oreo versi hemat.

Lebih efisien

Android Go mampu memberikan kinerja yang lebih baik di smartphone kelas entry karena beragam optimasi. Fokus optimasinya ini ada di 3 sektor yang diantaranya sistem operasinya sendiri dengan manajemen RAM lebih baik, toko aplikasi Google Play Store, dan aplikasi yang dirancang lebih hemat ukurannya.

Menurut klaim Google, dengan optimasi ini semua aplikasi di Android Go bisa berjalan 15 persen lebih cepat jika dibandingkan dengan berjalan di sistem operasi Android biasa.

Tambahan lain, Google juga langsung mengaktifkan opsi Data Saver di Android Go yang berguna untuk menghemat penggunaan paket data internet.

Hemat memori internal dengan ukuran aplikasi lebih kecil


Dibandingkan aplikasi Android biasa, semua aplikasi untuk Android Go akan sangat menghemat memori internal. Bahkan bisa menghemat hingga sekitar 50% ruang penyimpanan. Ini karena semua aplikasi Android Go hadir dengan besaran hanya 5MB saja dan diklaim menyedot hingga 40 persen lebih sedikit paket data.

Google juga telah meracik ulang semua beberapa aplikasinya. Seperti misalnya Youtube Go, Google Maps Go, GMail Go dan asisten virtual Google Assistant Go. Selain itu, hadir juga 2 aplikasi baru yang khusus dirancang untuk Android Go yakni Google Go dan Files Go.

Lalu bagaimana dengan toko aplikasi Google Play Store? Toko aplikasi Google Play Store memang tidak mendapat pembaruan dan akan menampilkan konten seperti Play Store pada umumnya. Namun, untuk mempermudah pengguna Google menyediakan segmen Featured Apps yang akan langsung menampilkan dan merekomendasikan beragam aplikasi yang berjalan optimal di Android Go.

Tersedia mulai awal tahun 2018

Saat ini Android Go sudah dirilis ke para pabrikan smartphone. Diperkirakan smartphone dengan sistem operasi Android Go akan hadir di awal tahun 2018 nanti.

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: