Quantcast

Review Canon PowerShot SX730 HS

Cek Harga

Walaupun pasar kamera compact sudah tergerus oleh smartphone, PowerShot SX730 HS tetap punya satu keistimewaan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan fitur kamera yang tertanam di smartphone. Kamera keluaran Canon tersebut dilengkapi dengan fitur 40x optical zoom. Panjang fokal kamera yang masuk dalam kategori kamera saku tersebut setara dengan lensa 24-960mm. Dengan sensor BSI-CMOS 1/2.3” dan prosesor pengolah gambar generasi Digic 6, SX730 HS juga mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 20,3 Megapixel.

Mumpuni untuk Selfie


Namun, fitur paling menarik dari kamera tersebut adalah layar LCD-nya. Layar LCD 3,0” dengan resolusi 922.000 dot tersebut bisa dirotasi 180° secara vertikal hingga mengarah ke depan. Fasilitas tersebut membuat SX730 HS makin mudah digunakan untuk melakukan foto selfie. Bagi pengguna pemula, fitur ini pasti bakal jadi pertimbangan tersendiri.

Mudah digunakan, fitur cukup lengkap


Kalau belum cukup dengan layar LCD-nya, kendali pada PoweShot SX730 HS juga dapat dilakukan lewat smartphone dengan memanfatkan fitur Wi-Fi dan NFC. Tinggal unduh secara gratis aplikasi Canon Camera Connect dari Google Play Store. Setelah terinstal dan terhubung dengan kamera, dari aplikasi tersebut pengguna dapat menggunakan smartphone sebagai remote dan juga mentransfer foto dari kamera.

Bagi pengguna dengan bekal teknik fotografi, PowerShot SX730 HS juga sudah menyediakan hampir semua fitur yang dibutuhkan. Ada mode pemotretan yang dapat digunakan kalau ingin berkreasi dengan parameter pemotretan.

Untuk mempermudah pemotretan, tombol pengaturan fokus dan kompensasi eksposur pun punya tombol tersendiri. Sedangkan untuk mengatur parameter penting lain, seperti ISO dan mode drive tinggal menggunakan tombol Function Set di bagian belakang kamera. Secara umum, kamera baru Canon tersebut nyaman dan mudah untuk digunakan.

Ketajaman Lensa


Dari dimensi, kamera ini termasuk kecil. Bahkan lebih kecil dari telapak tangan orang dewasa. Disimpan di dalam saku pun, kamera ini masih nyaman. Namun jangan salah sangka. Walaupun kecil, dengan fasilitas zoom optiknya yang panjang, kita bisa merekam detail dari kejauhan. Saat dicoba untuk memotret burung pipit, yang ukurannya kecil, panjang fokal kamera ini masih dapat dipakai dalam jarak yang aman.

IMG_0512

Mekanisme zoom optiknya pun mampu bekerja cukup cepat. Hanya saja, saat zoom optiknya digunakan suaranya masih sedikit berisik. Suara tersebut bisa mengganggu saat dipakai untuk merekam video.

Saat digunakan di panjang fokal terlebar, ketajaman gambar yang dihasilkan oleh PowerShot SX730 HS terbilang tinggi. Gambar yang dihasilkan mampu menampilkan detail gambar dengan baik.

IMG_0572

Performa tinggi dari lensa SX730 HS akan terlihat jelas saat kamera tersebut digunakan dalam mode pemotretan makro. Di mode pemotretan makro, gambar yang dihasilkan memiliki tingkat ketajaman yang tinggi. Asyiknya, di mode makro dengan panjang fokal paling lebar, pengguna dapat memotret dengan jarak focus terdekat sekitar 1 cm. Dengan menggunakan zoom optik, jarak fokus terdekatnya sekitar 30-40cm.

Namun, saat digunakan di panjang fokal terpanjang, di zoom optik maksimalnya, ketajaman gambarnya sedikit berkurang. Kalau memang tidak terlalu penting, hindari untuk memotret di panjang fokal terpanjangnya supaya kualitas gambarnya tetap terjaga.

Hasil foto oke

IMG_0367

Soal ketajaman gambar, foto yang dihasilkan oleh PowerShot SX730 HS cukup memuaskan. Terutama, pada pemotretan dengan super wide angle. Kontras yang juga tinggi membuat ketajaman gambarnya pun makin tinggi.

IMG_0440

Dalam mode warna “Natural”, gambar yang dihasilkan memiliki karakter warna yang akurat dan natural. Kalau ingin warna yang lebih cerah, yang memiliki saturasi warna dan kontras lebih tinggi, kita tinggal memilih mode warna ke pilihan “Vivid”. Untuk pilihan karakter warna yang ada di menu My Colors, SX730 HS punya 10 pilihan karakter warna. Termasuk pilihan Hitam-Putih dan Film Positif.

Untuk ukuran kamera dengan sensor 1/2.3”, kemampuan SX730 HS dalam mnegendalikan noise terbilang cukup baik. Sampai di ISO 800, noise belum muncul pada foto yang dihasilkan. Di ISO 1600, noise masih terbilang minim tapi filter noisenya mulai bekerja lebih agresif. Di ISO 1600, ketajaman gambarnya mulai sedikit turun.

Untuk hasil foto Canon PowerShot SX730 HS lainnya tanpa proses penyuntingan bisa di lihat di tautan berikut ini.

Kesimpulan

Dengan banderol Rp 4,7 juta, kamera kecil ini memiliki fitur lensa dengan zoom optik yang menggiurkan, 40x zoom optik. Cocok untuk pengguna yang tidak ingin ribet, tapi ingin bisa merekam apa saja. Dari memotret pemandangan, memotret detail dari jarak jauh, dan memotret di jalanan secara candid. Ukurannya yang kecil juga cocok dan nyaman sebagai teman jalan-jalan.

Performanya pun cukup memuaskan. Ketajaman gambar yang dihasilkan tinggi. Untuk memotret di malam hari, foto yang dihasilkan dengan ISO 1600 masih terbilang aman. Yang terpenting, kalau tidak krusial hindari untuk memotret di atas ISO 3200 supaya hasilnya tetap baik.

Yang Canggih:
+ Jangkauan zoom optik 40X dalam bodi mungil
+ Hasil foto tajam
+ Penentuan fokus cepat
+ Layar putar 180 derajat
+ Bisa isi baterai lewat port mini USB
+ Dimensi mungil membuatnya bisa muat di saku celana
+ Harga relatif terjangkau

Yang Kurang:
– Motor zoom sedikit berisik
– Di ISO tinggi filter noise terlalu agresif
– Ukurannya yang mungil membuat beberapa tombol sulit diakses pengguna yang memiliki jari besar

Kamera saku superzoom yang praktis
Dengan banderol Rp 4,7 juta, kamera kecil ini memiliki fitur lensa dengan zoom optik yang menggiurkan, 40x zoom optik. Cocok untuk pengguna yang tidak ingin ribet, tapi ingin bisa merekam apa saja
Cek Harga

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: