Quantcast

Review OPPO F5: Smartphone Layar Penuh dengan Kamera Selfie Berteknologi A.I. Beauty

Cek Harga

Melalui peluncuran F5 beberapa waktu yang lalu, Oppo semakin menegaskan eksistensinya di pasar Indonesia khususnya sebagai smartphone yang menjadikan kamera selfie sebagai nilai jual utama. Sejak awal bocorannya beredar di dunia maya, kami memang memprediksi smartphone ini akan tampil menarik.

Terbukti, dibanding seri sebelumnya, Oppo F5 menghadirkan cukup banyak perubahan bukan cuma di area fotografi, tapi juga pada fitur-fitur lainnya. Bisa dibilang, Oppo F5 adalah sebuah smartphone ‘kekinian’ karena fitur-fitur yang dibenamkan sesuai dengan tren yang ada sekarang.

Apa saja yang membuat Oppo F5 layak masuk daftar belanja para penggemar selfie di Tanar Air? Simak ulasan lengkap kami:

Tampil beda dari pendahulunya
Tak bosan-bosan kami menyebutkan bahwa Oppo merupakan salah satu brand yang tak pernah menomorduakan sektor desain di semua lini produknya. Dari seri atas hingga bawah, smartphone Oppo selalu tampil menawan.

Oppo F5 pun demikian. Dengan tidak menghilangkan DNA asli dari jajaran smartphone mereka, Oppo memoles F5 agar tampil lebih baik dan lebih elegan. Yang kami suka, Oppo F5 terlihat sederhana tanpa ada aksen-aksen yang berlebihan.

Satu hal yang paling membedakan F5 dari seri sebelumnya adalah keberadaan layar Full Screen 6 inci. Layar dengan aspect ratio 18:9 ini mendominasi nyaris seluruh bagian depan, dengan ratio screen-to-body mencapai 78,1 persen. Karena layar memenuhi bagian depan F5, otomatis letak sensor sidik jari pun harus berpindah ke belakang. Posisi ini tetap mudah dijangkau menggunakan jari telunjuk Anda.

Dengan layar yang lebar biasanya dimensi smartphone akan membengkak. Tapi karena Oppo F5 memiliki bezel tipis, smartphone ini tetap nyaman dioperasikan dengan satu tangan oleh orang dewasa. Materialnya kini polycarbonate. Downgrade dibanding F3? Ya! Tapi disebut kekurangan? Tidak juga. Alasannya karena harga Oppo F5 lebih murah dibanding F3 ketika pertama kali diluncurkan.

Bahan polycarbonate yang digunakan pun terasa nyaman dan tidak licin ketika bersentuhan dengan tangan. Terlebih Oppo tak lupa menyediakan clear case dalam paket penjualan F5 untuk memberikan perlindungan ekstra dari goresan atau benturan ringan.

Selain itu, satu hal yang juga kami apresiasi dari smartphone ini adalah ketersediaan slot microSD terpisah. Artinya, Anda tidak harus mengorbankan slot SIM-card 2 saat ingin menggunakan kartu memori.

Layar penuh ekstra lebar

Inilah salah satu fitur baru yang dikedepankan oleh Oppo F5. Seperti kami sebutkan di atas, smartphone ini memiliki layar IPS 6 inci dengan aspect ratio 18:9. Resolusinya FHD+, alias 1080 x 2160 pixel, dengan 402 ppi.

Dengan layar ini, Anda akan disuguhkan visual yang lebih luas ketika menikmati berbagai konten. Apalagi untuk mendukung multitasking seperti split-screen mode (membuka dua aplikasi sekaligus di satu layar).

Ketajaman dan kontras yang ditampilkan layar Oppo F5 bisa dibilang bagus. Tingkat kecerahannya pun cukup baik. Penggunaan di bawah sinar matahari tak membuat kami mengalami kendala sama sekali.

Nilai plus lainnya, Oppo tak lupa menyediakan fitur Night Shield untuk membantu Anda melihat layar lebih lama tanpa perlu khawatir bahaya cahaya biru. Ketika diaktifkan, Night Shield dapat meminimalisir emisi cahaya biru yang memiliki efek buruk seperti menyebabkan ketegangan pada mata.

Anda pun bisa mengatur temperatur warna dari Cooler ke Warmer sesuai dengan kebutuhan. Semakin ke arah Warmer, cahaya biru pada layar juga semakin sedikit. Bahkan, Anda bisa membuat jadwal kapan Night Shield akan aktif otomatis setiap harinya. (Untuk lebih jelasnya mengenai Night Shield, Anda bisa membaca lebih lengkap di tautan berikut ini)

Beralih ke sektor audio, Oppo F5 tidak menawarkan fitur-fitur spesial untuk mendongkrak performa suara. Secara keseluruhan, suara yang dihasilkan cukup jernih dan lantang. Tapi yang kami kurang suka, posisi speaker sangat rentan tertutup oleh tangan sendiri ketika kita bermain game atau menonton video dengan mode landscape.

ColorOS 3.2 yang ringan dan kaya fitur

Oppo F5 adalah smartphone yang mengadopsi sistem operasi Android 7.1 Nougat, dengan user interface ColorOS 3.2 versi terbaru. Dari segi penampilan, ColorOS 3.2 terlihat lebih fresh tanpa app drawer dan cukup bersih dari bloatware. Kinerjanya juga gesit dan terasa ringan. Proses peralihan dari setiap halaman berjalan mulus tanpa gangguan.

Di ColorOS 3.2 Oppo menyediakan banyak fitur bawaan yang berguna. O-Share adalah contohnya. Fitur ini memudahkan Anda untuk berbagi file antar sesama perangkat Oppo tanpa perlu koneksi internet. Kecepatan mengirim file menggunakan O-Share juga jauh lebih cepat, sekitar 100 kali lebih kencang dibanding transfer data menggunakan Bluetooth.

Fungsi-fungsi gesture control tidak dihilangkan, misalnya tap dua kali untuk menghidupkan layar. Bagi yang tak mau diganggu, Anda bisa menghidupkan fitur Quiet Time. Fitur Clone Apps juga tersedia untuk menanamkan dua aplikasi yang sama di satu perangkat.Khusus untuk anak Anda, ada fitur bernama Kids Space. Fitur ini memudahkan Anda mengontrol penggunaan smartphone pada anak-anak agar durasinya tidak berlebihan. Selain itu, Anda pun dapat memilih aplikasi mana yang bisa mereka akses dan menonaktifkan fungsi seluler.

Facial unlock mampu mendeteksi dengan cepat

Fitur selanjutnya merupakan bagian dari sistem keamanan. Sesuai namanya, Facial Unlock pada Oppo F5 memungkinkan Anda untuk membuka kunci smartphone dengan cara mendeteksi wajah Anda. Sebuah alternatif yang menarik selain sensor sidik jari.

Yang kami acungi jempol, Facial Unlock dapat bekerja dengan cepat (kurang dari 1 detik) dan akurat. Ada 128 titik wajah yang akan dipindai tiap kali perangkat dihadapkan ke wajah Anda. Artinya, Oppo F5 hanya akan mengenali si penggunanya.

Penggunaanya tidak merepotkan. Anda cukup menghidupkan layar lalu arahkan smartphone ke wajah, maka Facial Unlock otomatis langsung bekerja. Awalnya kami ragu fitur ini bisa berfungsi optimal di kondisi cahaya agak gelap. Tapi ternyata, masih bisa diandalkan!

Kamera selfie dengan A.I. Beauty Recognition

Oppo memang tidak berlebihan menyebut rangkaian produknya sebagai ‘Selfie Expert’. Pada F5, Oppo meningkatkan teknologi fotografinya dengan membenamkan A.I. Beauty Recognition.

Jika Anda sering memantau Yangcanggih.com, Anda akan menyadari bahwa kami sudah sering membahas soal teknologi ini. Singkatnya, A.I. Beauty Recognition secara cerdas akan akan mengenali jenis kulit, warna, jenis kelamin, usia, serta kondisi cahaya ketika memotret. Tak hanya itu, ia juga dapat memindai lebih dari 200 titik wajah dan mengenali setiap keunikan detail wajah.

Melalui segala informasi tersebut, kamera selfie Oppo F5 akan memberikan pengaturan terbaik agar hasil foto terlihat bagus dan natural. Jika ingin hasil yang tak kalah memukau, Anda pun bisa menciptakan foto dengan efek bokeh melalui Portrait Mode.

Expert Mode

Dari segi hardware, Oppo F5 menggunakan kamera depan 20 megapixel f/2.0. Sementara kamera belakangnya mengandalkan sensor 16 megapixel f/1.8. Kedua kamera ini menurut kami mampu menghasilkan foto yang amat baik di kelasnya, baik di kondisi cahaya yang terang maupun yang agak temaram. Apresiasi khusus harus kami berikan pada kamera selfie-nya yang kualitasnya di atas rata-rata.

Berikut adalah beberapa foto yang kami abadikan menggunakan kamera Oppo F5: (Hasil yang lebih lengkap bisa diakses di akun Flickr resmi Yangcanggih.com)

OPPO F5
IMG20171117141140
OPPO F5IMG20171125171013
Oppo F5

Catatan: Di artikel ini kami memang tidak lagi membahas panjang soal kualitas jepretan dari kamera Oppo F5. Bagi yang belum tahu, kami telah menguji kamera Oppo F5 dan menyajikannya di satu artikel yang terpisah. Nah, kalau Anda penasaran, langsung saja klik tautan berikut ini.

Main Arena of Valor dengan frame rate tinggi

Performa Oppo F5 didukung SoC MediaTek Helio P23 dengan prosesor octa-core 2.5 GHz dan GPU Mali-G71 MP2. RAM yang dibenamkan 4 GB, standar smartphone kelas menengah ke atas saat ini. Sementara memori internalnya 32 GB lengkap dengan slot microSD.

Kombinasi tersebut sudah mencukupi untuk mendukung berbagai kebutuhan standar dengan mulus, tapi memang bukan yang paling kencang di kelasnya. Untuk gaming pun menurut kami Oppo F5 cukup memadai. Beberapa game bisa dijalankan dengan fitur Game Acceleration agar lebih lancar.

Salah satunya adalah Arena of Valor (AOV). Game MOBA yang sedang naik daun ini menjalin kerja sama khusus dengan Oppo F5 agar bisa dimainkan dengan lebih optimal. Saat Anda mengaktifkan High Frame Rates Mode pada pengaturan game AOV dan menjalankan fitur Game Acceleration yang ada di Oppo F5, maka frame rate yang didapatkan akan berada diatas 30 fps dan maksimumnya mampu mencapai 60 fps.

Kami sudah mencobanya langsung dan terbukti AOV berjalan lebih nyaman dan smooth. Secara tidak langsung, frame rate yang tinggi akan meningkatkan permainan Anda menjadi lebih kompetitif.

Yang tak kalah menarik, Game Acceleration memiliki fitur bernama No Disturbance khusus untuk Anda yang sering merasa terganggu oleh panggilan telepon. Nantinya, panggilan telepon yang masuk akan tampil sebagai notifikasi. Anda tetap tidak akan melewatkan panggilan, tapi bedanya, Anda punya opsi untuk segera meresponnya atau menggesernya dari layar dan lanjut bermain jika Anda menilai panggilan telepon itu tidak penting. Jadi, game tetap terus berjalan dan tidak terputus di tengah permainan.

Selain AOV, Game Acceleration dapat diaktifkan di game lainnya seperti Clash of Clans, Temple Run 2, dan Candy Crush. Untuk pengujian performa lainnya, kami tak lupa menjalankan beberapa aplikasi benchmark yang hasilnya bisa Anda lihat di bawah ini:

Baterai lumayan, tapi tanpa VOOC

Untuk urusan daya, Oppo F5 mengandalkan baterai 3200 mAh. Kami mencoba menggunakan smartphone ini dengan gaya pemakaian normal seperti chatting, media sosial, sesekali menonton video dan memotret, dan terkadang bermain games.

Hasilnya, Oppo F5 bisa menyala sejak pagi hingga sore hari. Tidak mengecewakan tapi tidak juga di atas rata-rata. Sayangnya Oppo belum membenamkan fitur fast charging andalannya, VOOC, pada F5. Cukup wajar karena pada generasi sebelumnya pun VOOC hanya ada di F3 Plus yang harga jual awalnya mencapai 6 jutaan rupiah.

Lalu, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya? Dari kondisi baterai di bawah 10 persen, kami perlu waktu sekitar 1 jam 50 menit untuk mencapai 100 persen, menggunakan charger bawaan 5V/2A dari Oppo F5.

Kesimpulan

Menurut kami belakangan ini Oppo semakin pandai meracik smartphone dengan target pengguna yang jelas, yakni para penggemar selfie yang tak mau ketinggalan dengan tren masa kini. Tidak hanya soal penanaman fitur, dari segi harga pun perangkat yang ditawarkan Oppo semakin kompetitif.

Pada F5, Oppo membuktikan bahwa sebutan Selfie Expert bukan gimmick belaka. Kamera depan smartphone ini memang memukau dan di atas rata-rata pesaingnya di level harga setara. Ini bisa menjadi senjata utama Oppo merebut pasar lebih luas, selain tentunya layar Full Screen 18:9.

Dibanderol Rp3.999.000, Oppo F5 cocok untuk Anda penggemar selfie yang ingin menciptakan foto keren untuk dipamerkan ke media sosial, dan penasaran untuk mencicipi teknologi layar 18:9 yang kekinian.

Yang Canggih:

+ Kamera selfie di atas rata-rata smartphone pesaing
+ Hasil foto kamera belakang pun amat baik, bahkan di kondisi minim cahaya
+ Kinerja kamera gegas dan responsif
+ Layar 18:9 yang memanjakan mata
+ ColorOS 3.2 terasa ringan
+ Fitur Game Acceleration sangat membantu ketika bermain game
+ Facial unlock cepat dan bisa digunakan di cahaya temaram
+ Ada slot microSD terpisah (bukan hybrid)
+ Hasil video kamera depan di kondisi cahaya ideal termasuk baik sekali

Yang Kurang:

– Opsi pengaturan kamera terbatas
– Hasil video kamera utama standar
– A.I. Beauty Recognition tidak selalu menghasilkan foto selfie yang diinginkan
– Posisi speaker mudah tertutup tangan sendiri
– Kapasitas memori internal di bawah rata-rata untuk kelas harganya

Spesifikasi Oppo F5
Layar LTPS IPS FullScreen 6 Inci Full HD+
SoC MediaTek Helio P23 Octa-core 2.5 GHz dengan GPU Mali-G71 MP2
RAM 4 GB
Memori internal 32 GB (ada slot microSD khusus)
Kamera belakang 16 megapixel f/1.8 dengan PDAF dan LED Flash
Kamera depan 20 megapixe f/2.0 dengan A.I Beauty Recognition
Baterai 3200 mAh
Konektivitas 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.2, A-GPS, microUSB
Sistem operasi Android 7.1 Nougat (ColorOS 3.2)
Fitur Facial Unlock, Sensor sidik jari
Dimensi 156.5 x 76 x 7.5 mm (berat 152 gram)
Oppo F5
Pilihan wajib bagi Anda yang gemar selfie dan ingin mencicipi tren layar masa kini
Cek Harga

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: