Quantcast
NewsOperatorTelkomsel

Telkomsel Siap Tingkatkan Layanan 4G LTE dengan Frekuensi TDD 2.3 GHz

Telkomsel pada akhir Oktober 2017 lalu telah ditetapkan sebagai pemenang lelang spektrum frekuensi TDD 2.3 GHz. Kini, Telkomsel siap meningkatkan kualitas layanan 4G LTE mereka setelah dinyatakan memenuhi syarat untuk beroperasi menggunakan frekuensi tersebut.

Percepat penyediaan BTS LTE TDD

Frekuensi TDD 1

“Kami terus gerak cepat pasca pengumuman pemenang lelang spektrum untuk frekuensi 2,3 GHz, agar pelanggan dapat segera merasakan pengalaman mobile broadband Telkomsel yang lebih baik lagi. Penyesuaian izin jaringan bergerak seluler pun sudah selelsai dan telah ditetapkan oleh Kominfo,” kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah.

Menurut Ririek, tambahan spektrum ini memungkinkan Telkomsel untuk memperkuat dan memaksimalkan layanan 4G LTE, khususnya di wilayah yang lalu lintas datanya sudah padat.

Saat ini BTS LTE TDD yang mendukung layanan TDD 2,3 GHz secara bertahap digelar di area Jabodetabek yang memiliki tingkat kepadatan layanan data yang tinggi. Diharapkan pada pertengahan Desember 2017, sebanyak 500 BTS LTE TDD akan beroperasi tidak hanya di Jabodetabek namun juga di Palembang dan Bandung. Ke depannya, di awal tahun 2018, BTS LTE TDD akan digelar untuk menyasar kota-kota lainnya di seluruh Indonesia.

Tidak perlu ganti SIM-card

Frekuensi TDD 2

Yang menarik, Telkomsel memastikan bahwa untuk dapat menggunakan layanan 4G LTE di frekuensi TDD 2.3 GHz, pengguna tidak perlu mengganti SIM-card mereka. Asalkan, perangkat yang digunakan sudah mendukung frekuensi tersebut dan berada dalam coverage area.

Saat ini dari sekitar 50 juta handset LTE yang ada di jaringan Telkomsel, sekitar 85 persen diantaranya sudah mendukung. LTE TDD 2,3 GHz diklaim dapat memberikan layanan Downlink yang lebih baik dikarenakan besarnya lebar bandwidth yang digunakan.

Secara keseluruhan, komposisi alokasi frekuensi yang dimiliki Telkomsel antara lain: frekuensi 2,3 GHz dengan lebar pita 30 MHZ, frekuensi 2,1 GHz dengan lebar pita 15 MHz, frekuensi 1,8 GHz dengan lebar pita 22,5 MHz, frekuensi 900 MHz dengan lebar pita 7,5 MHz, dan frekuensi 800 MHz dengan lebar pita 7,5 MHz.

Back to top button