Quantcast

Review Xiaomi Redmi Note 5A: Smartphone Terjangkau dengan Spesifikasi Menarik di Kelasnya

Cek Harga

Setelah meluncurkan Mi A1, Xiaomi kembali meramaikan persaingan di pasar smarpthone Android Indonesia. Namun kali ini, melalui produk bernama Redmi Note 5A, Xiaomi ingin menggaet para pengguna di kelas entry-level.

Seperti smartphone Xiaomi sebelumnya, Redmi Note 5A menawarkan spesifikasi yang menarik di kelasnya di harga yang kompetitif. Penasaran apa saja keunggulannya? Simak ulasan kami:

Desain tak banyak berubah

Xiaomi Redmi Note 5A tampil dengan desain khas smartphone entry-level Xiaomi. Tak ada perubahan berarti yang nampak dari luar jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Pada smartphone ini, Xiaomi menggunakan material semacam plastik.

Walaupun belum berbahan metal, kualitas rancang bangunnya tetap baik. Bahan plastik-nya nampak solid dan tidak membuat Redmi Note 5A terlihat murahan, terlebih dengan adanya aksen chrome di cover belakangnya untuk sedikit memberi kesan premium. Ketika digenggam pun cukup nyaman, tidak licin dan bobotnya ringan.

Soal ketebalannya, Redmi Note 5A hanya 7,55mm saja. Dimensi secara keseluruhan masih bisa dibilang ramping dan tidak sulit untuk dioperasikan dengan satu tangan meski layarnya lebar, 5,5 inci.

Di bagian depan, Anda akan disuguhkan layar dengan tiga tombol kapasitif tepat di bawahnya. Sayangnya, ketiga tombol tersebut tidak memiliki lampu backlit. Agak sulit untuk digunakan di kondisi gelap.

Yang menarik, Xiaomi Redmi Note 5A menggunakan sistem triple slot. Artinya, Anda tidak perlu mengorbankan slot SIM-card 2 jika ingin menyisipkan microSD seperti yang terjadi di smartphone dengan slot hybrid.

Sekilas tidak ada kekurangan berarti dari segi desain Redmi Note 5A. Memang tidak spesial, tapi tidak juga mengecewakan. Nilai minus dari sektor keamanan, smartphone ini belum memiliki sensor sidik jari.

Layar lebar untuk semua kebutuhan

Seperti disebutkan di atas, Xiaomi Redmi Note 5A menawarkan layar IPS berukuran 5,5 inci. Resolusinya sudah HD, alias 720p. Penawaran yang cukup masuk akal untuk sebuah smartphone seharga 1,5 juta rupiah.

Layar ini sudah cukup untuk memfasilitasi semua kebutuhan, mulai dari browsing, chatting, sosial media, menonton film, maupun bermain games. Tampilannya khas panel IPS, lumayan terang dan warnanya pun cukup kaya.

Kami tidak mengalami masalah berarti saat menggunakan Redmi Note 5A di bawah sinar matahari. Dan untuk perlindungan ekstra, Xiaomi sudah melapisi layar tersebut dengan kaca Gorilla Glass.

Beralih ke sektor audio, Anda tidak akan disuguhkan fitur-fitur menarik yang mampu mendongkrak performa suara. Untungnya, suara yang terdengar baik melalui speaker atau headset cukup jernih.

MIUI 9 yang minim bloatware

Unit review Xiaomi Redmi Note 5A yang kami terima sudah mengadopsi MIUI 9 berbasis Android 7.1.2 Nougat. Kinerjanya lumayan gesit dan mulus. Asyiknya lagi, Anda tidak dijejali banyak bloatware yang mengganggu. Aplikasi bawaan yang berguna tetap ada, misalnya Mi Remote.

Soal fitur-fiturnya, yang paling menarik adalah Second Space. Sesuai namanya fitur ini mampu menciptakan ruangan kedua yang terpisah dengan aplikasi serta data-datanya sendiri. Ibaratnya, seperti punya dua smartphone sekaligus.

Selain itu, Xiaomi juga menyediakan fungsi gesture untuk memudahkan pengoperasian smartphone. Misalnya geser tiga jari dari atas ke bawah layar untuk mengambil screenshot, tahan tombol Menu di lock screen untuk menyalakan senter, dan sebagainya.

Kamera lumayan di kelasnya

Anda memang tidak perlu berharap terlalu tinggi pada kualitas kamera dari smartphone yang dibanderol kurang dari 2 juta rupiah. Namun tak ada salahnya untuk tetap berharap hasil jepretan Redmi Note 5A masih layak untuk dipamerkan di media sosial.

Smartphone ini dibekali kamera belakang 13 megapixel f/2.2 yang sudah didukung Phase Detection Autofocus (PDAF) dan lampu flash. Sementara untuk selfie, ada kamera 5 megapixel f/2.0 lengkap dengan mode beautify.

Lalu, bagaimana hasil jepretannya? Ternyata cukup baik di kelasnya. Anda masih bisa mendapatkan foto yang tajam dengan kontras yang baik di kondisi cahaya yang terang. Untuk selfie pun tidak buruk. Namun ketika beralih ke lokasi pemotretan yang agak gelap, ketajamannya jelas turun drastis dan banyak noise.

Untuk lebih menjelaskan seperti apa kualitas kamera dari Xiaomi Redmi Note 5A, simak beberapa hasil foto di bawah ini: (hasil yang lebih lengkap bisa Anda akses melalui akun Flickr resmi YangCanggih.com)

Hasil foto Xiaomi Redmi Note 5A (4)

Hasil foto Xiaomi Redmi Note 5A (5)

Hasil foto Xiaomi Redmi Note 5A (13)

Hasil foto Xiaomi Redmi Note 5A (11)

Performa (masih) terasa gesit

Xiaomi Redmi Note 5A dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 425 quad-core berkecepatan 1.4 GHz dengan GPU Adreno 308. RAM 2 GB yang dibenamkan tidak bisa dibilang besar untuk penggunaan di era sekarang. Sementara untuk memori internal, smartphone ini memiliki kapasitas 16 GB yang bisa diperluas lewat slot microSD.

Kombinasi di atas tergolong standar untuk ukuran smartphone terjangkau. Bahkan, RAM 2 GB pun agak pas-pasan. Tapi nilai plusnya, performa Redmi Note 5A masih terasa gesit. Anda pun tidak perlu khawatir kehabisan RAM asal tidak terlalu banyak melakukan multitasking dan membuka aplikasi-aplikasi berat.

Untuk gaming? Masih memadai. Kami mencoba menjalankan game-game seperti Mobile Legends dan Asphalt 8: Airborne, dan hasilnya Redmi Note 5A masih mumpuni untuk menjaga frame rate tetap stabil dan nyaman dimainkan.

Masih penasaran soal performanya? Berikut kami sajikan hasil dari beberapa aplikasi benchmark yang kami jalankan di Redmi Note 5A:

Baterai mampu menemani seharian

Semua hardware yang dibenamkan pada Redmi Note 5A tergolong tidak boros daya. Namun Xiaomi tetap menanamkan baterai dengan kapasitas 3080 mAh yang di atas kertas sudah sangat mencukupi untuk menemani aktivitas Anda seharian penuh.

Kami sudah mencobanya dengan gaya pemakaian normal, yakni chatting, browsing, media sosial, sesekali menonton video, sesekali memotret, dan kadang bermain games. Terbukti, Redmi Note 5A mampu bertahan sejak pagi hingga malam hari.

Hasil pengujian menggunakan aplikasi tes baterai pada PCMark pun memuaskan. Tapi sayangnya, Redmi Note 5A tidak memiliki fitur fast charging sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya agak lama.

Kesimpulan

Xiaomi memang cukup jago meracik smartphone terjangkau. Dengan harga yang ramah di kantong, Redmi Note 5A tetap menawarkan spesifikasi yang menarik di kelasnya, walaupun belum bisa disebut paling menggiurkan.

Layar besar, kamera lumayan, performa gesit, dan baterai yang cukup awet merupakan perpaduan yang membuat smartphone ini layak masuk dalam daftar belanja Anda. Yang perlu Anda ingat, smartphone ini belum memiliki sensor sidik jari.

Dibanderol Rp1.499.000, Xiaomi Redmi Note 5A cocok untuk Anda yang mencari smartphone murah yang bisa diandalkan untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Yang Canggih:

+ Layar lebar dan enak dipandang
+ Performa cukup gesit di kelasnya
+ Ada slot microSD terpisah (bukan hybrid)
+ Kamera lumayan untuk pemotretan outdoor
+ Ada fitur Second Space untuk menyimpan aplikasi dan data yang sifatnya rahasia
+ Baterai awet untuk seharian penuh
+ Harga terjangkau

Yang Kurang:

– Tombol navigasi tidak dilengkapi lampu backlit
– Tidak ada sensor sidik jari
– RAM pas-pasan untuk pengguna yang gemar multitasking
– Belum didukung fast charging

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5A
Layar IPS 5,5 inci HD (Gorilla Glass)
SoC Qualcomm Snapdragon 425 quad-core 1.4 GHz
RAM 2 GB
Memori internal 16 GB (ada slot microSD terdedikasi)
Kamera belakang 13 megapixel f/2.2 dengan PDAF
Kamera depan 5 megapixel f/2.0
Konektivitas 4G LTE, Bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11 b/g/n, A-GPS, GLONASS, microUSB
Sistem operasi Android 7.0 Nougat
Baterai 3080 mAh
Dimensi 153 x 76.2 x 7.55 mm (berat 150 gram)
Xiaomi Redmi Note 5A
Smartphone ini bisa jadi pilihan menarik untuk Anda yang mencari perangkat murah dengan spesifikasi mumpuni di kelasnya
Cek Harga

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: