Quantcast

Review Asus Zenfone 4 Selfie Pro, Performa Mumpuni dengan Kamera Selfie Ganda

Mumpuni untuk berbagai keperluan
Cek Harga

Bagi Anda yang sedang mencari smartphone selfie, Anda akan mendapatkan banyak pilihan di pasaran saat ini. Salah satunya adalah Asus Zenfone 4 Selfie Pro yang baru diluncurkan beberapa minggu yang lalu.

Asus Zenfone 4 Selfie Pro diluncurkan bersama dengan Zenfone 4 Selfie yang telah kami ulas di artikel ini. Asus Zenfone 4 Selfie Pro memiliki spesifikasi yang lebih baik, serta fitur yang lebih lengkap dibandingkan Zenfone 4 Selfie.

Desain Premium dengan Bodi Aluminium yang Mantap

Asus Zenfone 4 Selfie Pro tampil dengan desain yang terasa premium. Bodinya mempunyai desain yang mirip dengan Zenfone 4 Selfie dengan dua tombol kapasitif di depan. Kedua tombol ini mengapit tombol Home yang juga berfungsi sebagai fingerprint scanner. Sementara di bagian atas, Anda akan menemukan dua kamera dengan jangkauan fokal yang berbeda yaitu satu normal dan satu lebar.

Bodi Zenfone 4 Selfie Pro cukup tipis, yakni sekitar 6,9mm sehingga cukup nyaman dalam genggaman. Menariknya, walaupun sama-sama mengusung layar 5,5 inci, smartphone ini memiliki dimensi sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan Zenfone 4 Selfie. Sayangnya karena mengejar bodi yang lebih ramping, Zenfone 4 Selfie Pro hanya dilengkapi dua slot, dengan satu slot hybrid untuk kartu SIM 2 dan microSD.

Kesan premium langsung terlihat di bagian belakang Zenfone 4 Selfie Pro. Bagian belakang smartphone ini didominasi bahan aluminium yang terasa mewah dan mantap saat digenggam. Walaupun terlihat mengilap, bagian belakangnya tetap terasa kesat sehingga tidak mudah tergelincir dari tangan saat digunakan tanpa case. Asus sendiri telah memberikan sebuah case transparan dalam paket penjualan untuk perlindungan ekstra.

Secara keseluruhan, Zenfone 4 Selfie Pro sukses tampil cantik sekaligus kokoh. Dalam kondisi tidak dibalut case, ponsel ini akan terasa dan terlihat mewah.

Layar AMOLED Full HD yang Tajam dan Cerah

Zenfone 4 Selfie Pro hadir ukuran layar yang sama dengan Zenfone 4 Selfie, yaitu sebesar 5,5 inci. Namun, Zenfone 4 Selfie Pro memiliki layar dengan resolusi Full HD, bukan HD seperti saudaranya. Dengan begitu, smartphone ini tentunya mampu menampilkan gambar dengan lebih tajam dibanding layar HD.

Selain itu, Asus Zenfone 4 Selfie Pro juga menggunakan layar AMOLED. Layar AMOLED ini mampu menampilkan gambar dengan warna yang lebih cerah dengan tingkat saturasi yang cukup tinggi. Tingkat kecerahannya pun bagus sehingga tetap nyaman saat digunakan di luar ruangan. Selain pengaturan tingkat kecerahan secara otomatis, Asus juga menyediakan fitur Bluelight Filter untuk mengurangi pancaran cahaya warna biru sehingga kesehatan mata Anda lebih terjaga.

Kamera Depan Ganda 12 Megapixel dan 8 Megapixel dengan Fitur Lengkap

Masuk ke ranah smartphone selfie, Asus Zenfone 4 Selfie Pro ini dilengkapi dengan berbagai teknologi dan fitur untuk mengakomodasi penyuka selfie. Smartphone ini memiliki konfigurasi kamera depan ganda. Kamera pertama merupakan kamera standar dengan sensor 12 megapixel dengan lensa f/1.8.

Sedangkan kamera kedua merupakan kamera dengan lensa wide dan memiliki sensor 8 megapixel. Dengan 2 kamera depan, maka Anda dapat menggunakannya sesuai dengan situasi pemotretan. Untuk membantu pemotretan di kondisi gelap, smartphone ini juga memiliki LED flash di bagian depan.

Secara keseluruhan dua kamera depan milik Zenfone 4 Selfie Pro ini dapat menghasilkan foto selfie 12 megapixel berkualitas baik. Bahkan kamera depannya termasuk cukup handal memotret dalam kondisi minim cahaya, seperti terlihat pada contoh hasil foto di bawah ini.

P_20171025_154040
P_20171025_152131

Asus sendiri telah memasukkan fitur DuoPixel yang menjadikan kamera depan utamanya ini mampu menghasilkan foto beresolusi hingga 24 megapixel. Sayangnya, ketajaman dan detail foto 24 megapixel malah masih di bawah foto selfie 12 megapixel.

Sedangkan kamera keduanya yang mampu menangkap gambar dari sudut lebar, memiliki kualitas hasil foto yang jauh di bawah kamera depan utamanya. Apalagi jika Anda menggunakannya dalam kondisi kurang cahaya. Berikut perbandingan hasil foto selfie dari kedua kamera depannya.

P_20171025_152710
P_20171025_152743

Asus membekali Zenfone 4 Selfie Pro dengan berbagai fitur untuk pendukung selfie. Salah satunya adalah Portrait Mode. Fitur ini bisa menciptakan foto selfie dengan efek bokeh atau background yang blur. Hasilnya menurut kami cukup rapi meskipun sesekali juga terjadi efek yang kurang diinginkan. Fitur ini sangat bergantung pada kompleksitas latar. Berikut hasil foto dengan Portrait Mode.

P_20171120_164129

P_20171120_150519

Selain itu, ada juga fitur Beauty Mode. Sesuai namanya, fitur ini dapat membantu Anda untuk memberikan efek kulit yang lebih cerah dan halus. Beauty Mode menyediakan pengaturan kecerahan kulit, memperbesar mata, dan mengecilkan rahang yang bisa Anda atur sesuai keinginan. Sayangnya, jika diatur terlalu ekstrim, hasil foto akan tampak tidak alami terutama bagi kaum pria.

Menariknya, semua fungsi tersebut telah digabungkan Asus ke dalam satu aplikasi bernama SelfieMaster. Selain fitur Portrait Mode dan Beauty Mode, SelfieMaster juga menyediakan beberapa fitur tambahan lain seperti BeautyLive yang akan memberikan efek seperti Beauty Mode saat Anda sedang melakukan live video di media sosial.

Kamera belakang juga oke

Tak hanya memiliki keunggulan di kamera depannya, kamera belakang Zenfone 4 Selfie Pro juga mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang cukup oke. Kamera belakangnya memiliki sensor 16 megapixel dengan phase detection autofocus, serta EIS untuk membantu menstabilkan gambar.

Berikut ini adalah beberapa contoh foto yang dihasilkan menggunakan kamera depan dan belakang dari Asus Zenfone 4 Selfie. Hasil foto yang lebih lengkap bisa Anda lihat di akun Flickr resmi YangCanggih.com. Kami juga telah mengupas kamera Zenfone 4 Selfie Pro secara lebih mendalam pada artikel ini.

P_20171013_160427
P_20171022_172219
P_20171013_165500_vHDR_On_HP
P_20171013_174310
P_20171120_164129
P_20171013_162448

Performa Gegas dengan Snapdragon 625 dan RAM 4GB

Asus Zenfone 4 Selfie Pro hadir dengan chipset Snapdragon 625 dengan RAM 4GB. Spesifikasi tersebut kira-kira mirip dengan beberapa Zenfone lainnya seperti Zenfone 3 dan Zenfone Zoom S. Kinerja chipset octa-core ini sangat baik untuk kelas menengah.

Selain performanya yang cukup kencang untuk berbagai kebutuhan standar sehari-hari, saat digunakan bermain game pun kinerjanya sudah memadai. Menjalankan berbagai game seperti Asphalt 8, Arena of Valor, Mobile Legends, dan berbagai game lainnya tentu bukan menjadi masalah bagi smartphone ini. Dan selama digunakan untuk bermain game pun, suhu yang dihasilkan masih tergolong wajar, tidak terlalu terasa panas.

Untuk menggambarkan kinerja dari Asus Zenfone 4 Selfie Pro, berikut ini kami tampilkan hasil pengujian dari beberapa aplikasi benchmark yang kami jalankan.

Asus Zenfone 4 Selfie Pro memiliki baterai sebesar 3000mAh. Kapasitas tersebut memang mungkin bukan yang terbesar di kelasnya, tapi sudah cukup untuk menunjang kebutuhan sehari-hari.

Didukung dengan penggunaan chipset Snapdragon 625 yang tak hanya mampu memberikan kinerja kencang, tapi juga konsumsi daya yang cukup hemat, Zenfone 4 Selfie Pro dapat digunakan untuk menunjang aktivitas Anda seharian. Selama kami gunakan, smartphone ini dapat bertahan dengan durasi 8 hingga 10 jam untuk berbagai penggunaan sehari-hari seperti chatting, browsing, media sosial, memotret, hingga bermain game.

Hasil pengujian baterainya bisa Anda lihat di bawah ini.

Kesimpulan

Keputusan Asus untuk membuat 2 varian smartphone selfie membuat Anda memiliki pilihan untuk menentukan smartphone selfie yang cocok untuk Anda. Dengan spesifikasi yang lebih baik dibandingkan saudaranya, Zenfone 4 Selfie Pro tentu memiliki tawaran yang lebih menarik bukan hanya sebagai sebuah smartphone selfie, tapi juga smartphone dengan kinerja yang memadai untuk berbagai kebutuhan. Hadirnya memori internal sebesar 64GB juga membuat Anda lebih leluasa dalam menyimpan berbagai aplikasi, foto, serta video.

Memang, ada beberapa aspek yang menurut kami justru membuat Zenfone 4 Selfie Pro ini malah kalah dibandingkan Zenfone 4 Selfie. Seperti penggunaan slot hybrid SIM, serta resolusi kamera depan yang lebih rendah, walaupun teratasi dengan hadirnya fitur DuoPixel. Tapi selebihnya, Zenfone 4 Selfie Pro jelas mengungguli saudaranya yang lebih terjangkau tersebut.

Dengan harga Rp4.999.000, Asus Zenfone 4 Selfie Pro merupakan sebuah paket lengkap bagi Anda yang bukan hanya mencari sebuah smartphone berdesain mewah dengan kemampuan dan fitur kamera yang baik, tapi juga membutuhkan performa mumpuni pada tingkat harga menengah.

Bagi yang menyukai desain dan deretan fitur kameranya tapi memiliki dana yang terbatas, Anda bisa melirik ASUS Zenfone 4 Selfie yang telah kami ulas di sini.

Yang Canggih:
+ Desain kokoh dan mewah membuatnya terlihat dan terasa premium
+ Hasil foto selfie kamera depan utama di kondisi cahaya ideal tergolong baik
+ Fitur Portrait Mode dan Beauty Mode membuat hasil foto selfie lebih variatif
+ Kamera belakang 16 megapixel dilengkapi dengan EIS untuk menyetabilkan gambar
+ Layar AMOLED Full HD menampilkan gambar yang tajam dengan tingkat kecerahan dan saturasi yang baik
+ Chipset Snapdragon 625 dengan RAM 4GB memberikan kinerja yang mumpuni untuk berbagai kebutuhan
+ Fingerprint scanner responsif dan mendukung hingga 5 jari

Yang Kurang:
– Desain hybrid slot membuat Anda harus memilih antara SIM 2 atau microSD
– Kualitas hasil foto kamera depan kedua jauh di bawah kamera depan utama
– Hasil foto dengan fitur Duo Pixel kurang tajam dan memperlambat kinerja kamera
– Efek penajaman dan pengurang noise yang berlebihan saat memotret di kondisi minim cahaya dengan semua kamera
– Daya tahan baterai hanya rata-rata

Spesifikasi Asus Zenfone 4 Selfie Pro
Chip Qualcomm Snapdragon 625
RAM 4GB
Memori Internal 64GB
Layar AMOLED 5,5 inci Full HD
Kamera Belakang 16 megapixel
Kamera Depan 12 megapixel + 8 megapixel
Baterai 3000mAh
Sistem Operasi Android 7.0 Nougat dengan ZenUI 4.0
Fitur Fingerprint scanner
Konektivitas micro USB 2.0, WiFi, Bluetooth 4.2, GPS
Dimensi 154 x 74,8 x 6,9mm
Bobot 147gram
Smartphone mewah dengan kemampuan lebih
Dengan harga Rp4.999.000, Asus Zenfone 4 Selfie Pro merupakan sebuah paket lengkap bagi Anda yang bukan hanya mencari sebuah smartphone berdesain mewah dengan kemampuan dan fitur kamera yang baik, tapi juga membutuhkan performa mumpuni pada tingkat harga menengah.
Mumpuni untuk berbagai keperluan
Cek Harga

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: