Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

Leica CL: Mirrorless APS-C Pertama Leica dengan Jendela Bidik Elektronik

Leica TL dan Leica TL2 adalah kamera mirrorless bergaya futuristik dari Leica. Untuk menemani varian Leica TL, Leica menambah varian kamera mirrorless miliknya dengan mengumumkan Leica CL.

LEica CL 6

Serupa tapi tak sama

Seperti Leica TL, Leica CL juga merupakan kamera mirrorless yang hadir dengan sensor APS-C. Sensornya ini mampu menghasilkan foto hingga resolusi 24 megapixel. Didukung dengan kinerja prosesor Leica Maestro II, kamera ini menawarkan pengaturan ISO dari ISO 100 hingga ISO 50000. Selain itu, Leica CL juga mampu digunakan untuk memotret tanpa henti dengan kecepatan 10 frame per detik.

Usung desain rangefinder

Leica CL 1
Perbedaan yang paling mencolok antara Leica CL dan Leica TL adalah desainnya. Leica TL hadir dengan garis desain lebih futuristik dengan layar sentuh berukuran lebar dan tombol yang sangat minim.

Sementara Leica CL hadir dengan mengadopsi gaya kamera rangefinder yang tampil retro. Dimensinya juga lebih kecil dan ringan. Tidak seperti Leica TL, Leica CL telah dilengkapi dengan jendela bidik elektronik berteknologi EyeRes yang sama persis dengan jendela bidik elektronik kamera mirrorless full frame Leica SL. Dengan demikian kamera ini akan lebih cocok untuk fotografer yang telah terbiasa memotret dengan jendela bidik.

leica CL 3

Beralih ke sektor layar, Leica CL telah dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 3 inci. Di bagian atasnya juga telah tersedia layar LCD mini yang berguna untuk menampilkan pengaturan kamera.

Leica CL 2

Untuk mount lensa, Leica CL hadir dengan mount lensa L-Bayonet. Ini artinya, Leica CL bisa menggunakan lensa kamera Leica TL dan SL. Jika ingin menggunakan lensa Leica M dan R pengguna wajib menggunakan adapter lensa tambahan.

Bisa rekam video 4K

Selain bisa diandalkan untuk memotret, Leica CL juga dilengkapi dengan kemampuan rekam video. Kamera ini bisa menghasilkan video di resolusi 1080p 60fps hingga 4K 30fps.

Ditemani Leica Elmarit-TL 18 mm f/2.8 ASPH

Leica CL 4
Bersamaan dengan diluncurkan Leica CL, Leica turut memperkenalkan satu lensa baru yakni Leica Elmarit-TL 18 mm f/2.8 ASPH. Leica bergaya pancake ini sangat menarik karena diklaim sebagai lensa pancake sudut lebar paling kecil yang ada di pasaran saat ini.

Leica CL akan tersedia mulai akhir November 2017 dengan harga US$2795. Untuk lensa Leica Elmarit-TL 18 mm f/2.8 ASPH harganya US$1295. Paket bundle Leica CL dengan lensa Leica Elmarit-TL 18 mm f/2.8 ASPH harganya US$$3795

[table]Spesifikasi; Leica CL
Sensor; APS-C 24 megapixel
Prosesor; Maestro II
ISO; 100-50000
Autofokus; 49 titik
Layar; layar sentuh, 3 inci
Jendela bidik; elektronik 2.36 juta titik
Continuos shoot; 10fps
Mount lensa; L-Bayonet
Video; Full HD 60fps, 4K 30fps
Konektivitas; “WiFi; USB 3.0 Type-C”
[/table]
Back to top button