Quantcast

Review Kamera OPPO F5: Pertama dengan Teknologi A.I. Beauty Recognition untuk Foto Selfie Lebih Alami

Hasil foto terbaik di kelasnya
Cek Harga

Salah satu kebutuhan konsumen dari sebuah kamera smartphone adalah kemampuannya untuk menghasilkan foto selfie yang baik. Bahkan kini hampir semua vendor smartphone telah menanamkan fitur Beauty Mode di kamera depan. Tujuannya tidak lain tidak bukan untuk meningkatkan kegantengan atau kecantikan penggunanya sehingga layak sebar di media sosial.

Namun tantangan yang dihadapi, kebanyakan fitur Beauty Mode ini hanya sekedar menghaluskan kulit dan memberikan sedikit dandanan pada wajah. Hasilnya, swafoto yang diambil dengan Beauty Mode lebih sering memalukan daripada membanggakan. Apalagi jika kaum pria yang menggunakannya.

Untuk menghasilkan foto selfie yang membanggakan, baik untuk pria maupun wanita, OPPO menghadirkan F5 yang dilengkapi teknologi A.I. (Artificial Intelligence).

Teknologi A.I. Beauty Recognition

Menggantikan OPPO F3 yang diluncurkan sekitar 6 bulan silam, OPPO telah menyiapkan F5 yang memiliki pendekatan serupa tapi tidak sama. Yang pertama, tidak ada lagi dua kamera di bagian depan. Sebagai gantinya, OPPO F5 memiliki kamera depan tunggal dengan teknologi A.I. Beauty Recognition.

Mengutip penjelasan dari OPPO, teknologi kecerdasan buatan ini akan dapat memindai 200 titik wajah dan mengenali detail wajah unik seperti hidung, lekuk pipi dan bentuk dagu untuk memastikan hasil swafoto tetap alami. Jadi pria yang berswafoto tidak akan seperti wanita jadi-jadian hanya karena menggunakan mode Beauty saat mengambil foto selfie.

Pada praktiknya, fitur ini diaktifkan dengan menghidupkan Auto Beauty Mode seperti pada di gambar. Sama seperti di ponsel OPPO terdahulu, Beauty Mode ini akan memperhalus kulit dan membuat Anda tampak lebih cantik atau lebih ganteng saat dipotret dengan kamera depan.

Auto Beauty Mode

Namun yang membedakan, Auto Beauty Mode ini akan dapat menentukan tingkat pengaturan Beauty Mode sehingga hasilnya tetap alami. Setelah dicoba, hasil swafoto memang tampak lebih alami tanpa harus repot-repot mengatur tingkat percantikan secara manual.

Untuk pria yang takut akan mendapatkan hasil swafoto yang terlalu cantik, ternyata OPPO F5 mampu menyesuaikan pengaturan Beauty Mode sehingga hasil swafoto para pria akan tetap tampil maskulin. Sedangkan wanita tetap ditampilkan cantik dengan kulit cerah dan halus. Berikut beberapa hasil swafoto menggunakan Auto Beauty Mode.

OPPO F5

OPPO F5

Kualitas swafoto OPPO F5 pada kondisi minim cahaya termasuk baik sekali. OPPO rupanya lebih memilih mempertahankan detail daripada mengurangi noise secara agresif.

OPPO F5

Selfie biasa tetap oke

Bagi yang kurang menyukai penggunaan Beauty Mode saat mengambil foto selfie, OPPO F5 tetap dapat menghasilkan foto selfie yang baik di beragam kondisi pencahayaan.

Hasil swafoto termasuk amat baik di kelas menengah. Warna kulit terlihat alami dengan tingkat ketajaman yang cukup oke, seperti pada foto-foto berikut ini.

OPPO F5
OPPO F5
OPPO F5

Kami juga puas dengan performa kamera depannya saat mengambil foto selfie di malam hari. Dengan kondisi cahaya seadanya, OPPO F5 mampu menghasilkan foto selfie dengan saturasi yang cukup baik. Ketajaman memang sedikit menurun, tapi tidak akan terlihat jika hanya ditampilkan di layar ponsel.

Jika harus membandingkan dengan kamera depan OPPO F3, kami lebih menyukai hasil foto dari kamera depan OPPO F5. Selain hasilnya lebih alami, exposure dan akurasi warna kamera depan OPPO F5 juga lebih baik.

Kamera belakang yang mengejutkan

Lalu apakah OPPO melupakan sektor kamera belakang? Untungnya tidak. Bahkan dari pengujian kami, kamera belakang OPPO F5 ini lebih baik dibandingkan OPPO F3 Plus yang lebih mahal.

Kamera belakang OPPO F5 menggunakan sensor Sony IMX376 (1,27 inci) beresolusi 16 megapixel dan lensa dengan diafragma f/1.8. Saat dicoba, kamera dapat menemukan fokus dengan gegas dan cukup akurat untuk sebuah kamera ponsel. Bahkan saat memotret obyek bergerak seperti foto di bawah.

Oppo F5

OPPO F5 juga mampu menangkap detail kecil dengan sangat baik, seperti pada foto jam tangan berikut ini yang diambil di dalam ruangan.

Oppo F5
Oppo F5

Hasil foto OPPO F5 memiliki saturasi yang tinggi dan cenderung warm. Hal ini terlihat dari reproduksi warna oranye dan hijau yang lebih matang dibanding kamera ponsel kebanyakan, seperti di contoh foto berikut.

Oppo F5
Oppo F5

Akurasi White Balance pada mode Auto termasuk akurat. Jika dibutuhkan, Anda dapat mengaturnya secara manual di Expert Mode.

Oppo F5
Oppo F5

Untuk memotret close-up atau dari jarak dekat, OPPO F5 juga dapat diandalkan. Tekstur pada obyek dapat ditangkap dengan apik. Sementara efek blur di latar atau bokeh juga cukup menarik walaupun tidak menggunakan teknologi dua kamera, seperti terlihat di foto-foto berikut.

Oppo F5
Oppo F5
Oppo F5
OPPO F5

Pada UI OPPO F5, Anda akan menemukan tombol 1x / 2x. Rupanya ini adalah shortcut untuk melakukan pembesaran gambar alias zoom digital 2x. Walaupun zoom digital, hasilnya cukup oke jika kondisi cahaya masih bagus.

Oppo F5
Oppo F5

Jago untuk kondisi minim cahaya

Yang kami sukai dari kamera belakang OPPO F5 adalah performanya pada kondisi minim cahaya. Dari pengujian kami, hasil fotonya terlihat tajam dengan saturasi warna yang cukup terjaga.

Sama seperti OPPO F3, tersedia Expert Mode untuk mengatur setting pemotretan secara manual jika diperlukan. Jika dibandingkan dengan OPPO F3 Plus, performa kamera belakang F5 masih lebih baik di kondisi minim cahaya.

Expert Mode

Berikut beberapa hasil foto OPPO F5 tanpa penyuntingan di kondisi minim cahaya.

Oppo F5
OPPO F5
Oppo F5
Oppo F5
Oppo F5
Oppo F5

Kesimpulan

Sepertinya kini amat jarang pengguna yang menginginkan smartphone dengan kamera jelek. Jika dulu kamera ponsel dengan kualitas tinggi hanya terbatas ditemukan di jajaran ponsel kelas atas dengan harga selangit, kini semakin banyak smartphone kelas menengah dengan kamera yang bagus.

Salah satunya adalah OPPO F5. Selain mengunggulkan kamera depan dengan teknologi A.I. yang menarik, kamera belakangnya juga dapat menghasilkan foto yang amat baik.

Jika dibandingkan dengan OPPO F3 dan OPPO F3 Plus, kamera OPPO F5 lebih superior. Jadi jika Anda ingin memiliki smartphone dengan kamera depan belakang yang sama baiknya, serta sering mengambil foto selfie di berbagai suasana, OPPO F5 dapat menjadi pilihan yang baik.

Yang Canggih:
+ Hasil foto selfie dari kamera depan amat baik, dengan exposure dan saturasi warna yang terjaga
+ Kinerja kamera gegas
+ Hasil foto dari kamera belakang amat baik di segala kondisi cahaya
+ Noise cukup minim di kondisi minim cahaya

Yang Kurang:
– Opsi pengaturan kamera terbatas
– Hasil rekam video tidak menjadi prioritas
– A.I. Beauty Recognition tidak selalu menghasilkan foto selfie yang diinginkan
– UI pada Expert Mode kadang tidak begitu jelas

Kamera OPPO F5
Kamera canggih dengan hasil keren
Jika Anda ingin memiliki smartphone dengan kamera depan belakang yang sama baiknya, serta sering mengambil foto selfie di berbagai suasana, OPPO F5 dapat menjadi pilihan yang baik.
Hasil foto terbaik di kelasnya
Cek Harga

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: