Quantcast

Review Motorola Moto C Plus, Smartphone 1 Jutaan dengan Baterai Kapasitas Besar

Cek Harga

Beberapa waktu yang Lalu, Lenovo semper meluncurkan beberapa smartphone Motorola yang menyasar segmen entry level dan menengah. Salah satunya adalah Motorola Moto C Plus.

Motorola Moto C Plus merupakan smartphone yang menjadi versi lanjutan dari Moto C yang pernah diluncurkan sebelumnya. Sama-sama menyasar segmen entry level, Moto C Plus in memiliki daya tarik utama baterainya yang berkapasitas besar yaitu 4.100mAh. Selain baterai besar, apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh smartphone ini? Simak ulasan kami berikut ini.

Desain Sederhana Berbodi Plastik

Motorola Moto C Plus hadir dengam desain yang cukup sederhana. Smartphone ini mempunyai tampilan khas smartphone entry level dengan penggunaan material plastik di seluruh bagian yang membuatnya memiliki bobot yang ringan.

Selain itu, Motorola Moto C Plus ini juga memiliki ukuran yang cukup kompak karena menggunakan layar 5 inci. Dengan begitu, ukuran keseluruhannya masih cukup nyaman untuk digenggam dan digunakan dengan satu tangan. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya karena layarnya belum dilindungi lapisan apapun.

Tampilan layar LCD 5 incinya bisa dibilang cukup baik. Dengan resolusi HD (1280 x 720 pixel), tampilannya masih cukup tajam. Warna yang dihasilkan juga cukup akurat. Saat digunakan di luar ruangan pun, Anda tidak perlu mengatur tingkat kecerahannya menjadi maksimum untuk dapat melihat layarnya dengan jelas.

Motorola Moto C Plus tidak menggunakan desain unibody. Berarti Anda dapat membuka bagian belakangnya untuk mengakses baterai, 2 slot SIM, serta slot microSD. Baterainya pun bisa dilepas sehingga Anda dapat menggantinya dengan mudah.

Chip Entry Level, Cukup untuk Sehari-hari

Motorola Moto C Plus ditenagai oleh chipset MediaTek MT6735. Untuk kebutuhan multitasking, tersedia RAM berkapasitas 2GB yang masih cukup lumayan untuk menjalankan berbagai aplikasi sekaligus. Untuk menyimpan berbagai file dan aplikasi, tersedia memori internal sebesar 16GB dengan tambahan slot microSD.

Bermodalkan spesifikasi demikian, maka Moto C Plus memiliki kinerja yang cukup, walaupun tidak bisa dibilang kencang. Kinerja chip MT6735 rasanya masih kurang memadai untuk menjalankan game dengan grafis berat seperti Asphalt 8 dengan lancar kecuali Anda sedikit menurunkan tingkat detailnya. Namun untuk bermain game seperti Mobile Legends atau Arena of Valor, Moto C Plus dapat melakukannya dengan cukup baik walaupun kadang-kadang tersendat.

Untungnya, kinerja smartphone ini untuk kegiatan sehari-hari termasuk lumayan. Berbagai aplikasi standar media sosial dapat dijalankan dengan cepat dan lancar. Apalagi didukung dengan penggunaan Android Nougat standar yang nyaris tanpa bloatware sehingga kinerja sistem menjadi sangat ringan.

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan dan sering jauh dari charger, maka Anda akan suka dengan Moto C Plus ini. Dengan modal baterai berkapasitas 4.100mAh, smartphone ini bisa menemani aktivitas Anda sehari-hari tanpa perlu takut cepat kehabisan daya. Dengan gaya penggunaan standar seperti email, messaging, dan game dengan intensitas tinggi, kami bisa menggunakan smartphone ini lebih dari 10 jam. Daya tahan baterainya tentunya akan lebih lama jika intensitas pemakaian Anda lebih jarang.

Fitur Kamera Minimalis, Hasil Mengecewakan Pada Low-Light

Motorola Moto C Plus mempunyai kamera belakang dengan sensor 8 megapixel dan dilengkapi dengan LED flash. Sedangkan kamera depanmya menggunakan sensor 2 megapixel.

Menggunakan aplikasi kamera bawaan Android, kameranya tidak menawarkan banyak fitur. Hanya terdapat tambahan pengambilan foto HDR dan beautify.

Aspek kamera sepertinya bukan menjadi prioritas utama pada smartphone ini. Hasil fotonya bisa dibilang cukup bagus pada kondisi cahaya terang. Warna yang dihasilkan cukup cerah, apalagi jika dibantu dengan fitur HDR. Namun kualitas fotonya menurun drastis pada saat digunakan di kondisi gelap. Noise yang dihasilkan pada kondisi gelap terlalu banyak sehingga menghilangkan detil yang ada pada foto.

IMG_20171106_113644
IMG_20100116_083953
IMG_20100116_062925
IMG_20170919_144937

Untuk foto selfie, hasilnya cukup oke untuk harganya. Pastikan tangan tidak berguncang terlalu keras agar hasil akhir tetap tajam dan tidak kabur.

IMG_20170919_144623
IMG_20170919_144737

Selain itu, kami juga menemukan sedikit pantulan bayangan yang muncul pada foto saat mengambil gambar dengan kondisi kontras yang sangat tinggi. Pantulan bayangan tersebut tertangkap oleh kamera dan muncul pada hasil foto seperti contoh foto di bawah ini.

IMG_20171105_215741

Hasil foto selengkapnya dari Motorola Moto C Plus ini bisa Anda lihat di akun Flickr resmi YangCanggih.com.

Kesimpulan

Sepertinya Motorola memang memposisikan Moto C Plus ini sebagai sebuah smartphone yang mengedepankan kapasitas baterai besar saja. Sementara itu aspek lainnya seperti kinerja dan kamera bukan menjadi fokus utama smartphone ini.

Kinerja smartphone ini memang tidak bisa dibilang jelek, tapi di harga Rp1.777.000, masih ada smartphone lain di kisaran harga serupa yang mampu memberikan kinerja serta hasil foto yang lebih baik.

Jadi, kalau Anda memang memprioritaskan baterai yang besar untuk menunjang aktivitas Anda seharian di luar ruangan, maka Moto C Plus ini bisa jadi pilihan mengingat tak banyak smartphone di bawah 2 jutaan yang menawarkan hal tersebut. Namun jika Anda mencari smartphone dengan kombinasi kinerja, kamera, serta baterai yang lebih seimbang, masih ada smartphone lain di rentang harga segitu yang lebih baik.

Yang Canggih
+ Harga terjangkau
+ Bodi minimalis, ringan, mudah digunakan dengan satu tangan
+ Daya tahan baterai amat memadai untuk menunjang aktivitas sehari-hari
+ Kinerja sistem ringan dengan Android polos tanpa bloatware

Yang Kurang
– Layar tanpa pelindung anti gores
– Kinerjanya kurang memadai untuk game berat
– Kualitas hasil foto di kondisi gelap kurang

Spesifikasi Motorola Moto C Plus
Chipset MediaTek MT6735 quad core 1,3GHz
RAM 2GB
Memori internal 16GB (ada slot microSD)
Kamera belakang 8 megapixel f/2.2
Kamera depan 2 megapixel f/2.8
Konektivitas 4G LTE, WiFi, Bluetooth 4.2, GPS, microUSB 2.0
Sistem operasi Android 7.0 Nougat
Baterai 4.100mAh
Dimensi 144 x 72,3 x 10mm
Bobot 162g
Motorola Moto C Plus
Smartphone terjangkau dengan baterai besar
Jika Anda mengutamakan kapasitas baterai yang besar untuk menunjang aktivitas sehari-hari Anda, Moto C Plus bisa menjadi sebuah pilihan smartphone terjangkau dengan baterai 4.100mAh.
Cek Harga

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: