Quantcast

Review Asus ZenFone 4 Selfie: Opsi Menarik untuk yang Gemar Selfie dan Wefie

Cek Harga

Asus kembali memanaskan persaingan di kategori smartphone Android yang mengandalkan kamera selfie sebagai nilai jual utamanya, melalui peluncuran ZenFone 4 Selfie dan ZenFone 4 Selfie Pro. Keduanya sama-sama dibekali kamera depan ganda yang diklaim mampu menciptakan foto selfie yang lebih menawan.

Nah, para artikel review kali ini, kami akan secara khusus membahas ZenFone 4 Selfie. Walaupun memiliki beberapa perbedaan dibanding versi Pro-nya, ZenFone 4 Selfie tetap hadir dengan fitur-fitur yang menarik di kelasnya. Penasaran seperti apa? Simak ulasan lengkap kami:

Desain semakin baik

Sejak generasi ZenFone 3, Asus terus meningkatkan kualitas desain dari smartphone-smartphone buatannya. Tak heran jika seluruh keluarga ZenFone 4, termasuk ZenFone 4 Selfie, tampil semakin menawan dengan bahasa desain yang lebih premium.

Ketika dilihat dari depan memang tidak terasa ada yang spesial. Standar dengan dominasi layar beserta tombol Home (sekaligus sensor sidik jari) di bawahnya yang ditemani dua tombol kapasitif. Yang paling mencolok di depan adalah keberadaan dua buah kamera selfie yang posisinya terpisah di kiri dan kanan.

Beralih ke belakang barulah terlihat sisi premium dari ZenFone 4 Selfie. Asus menggunakan material metal yang bagus dengan kualitas rancang bangun yang tak perlu diragukan lagi. Sudut-sudut dan lengkungannya nampak elegan dan tidak hanya sekadar menambah nilai estetika, tetapi juga agar smartphone ini lebih pas dengan kontur tangan ketika digenggam.

Walaupun berbahan metal, ZenFone 4 Selfie tidak terasa licin. Ketebalan dan bobotnya pun pas, yakni 7.9mm 144 gram. Namun jika Anda ingin meminimalisir kemungkinan bodi lecet karena terbentur atau jatuh, Asus menyediakan clear soft case yang sudah termasuk dalam paket penjualan.

Nilai plus juga kami berikan pada konsep triple slot yang diusung ZenFone 4 Selfie, yakni dua slot SIM-card dan satu slot microSD terpisah. Ini artinya, Anda tidak perlu mengorbankan slot SIM ke-2 ketika ingin menyisipkan microSD, seperti yang terjadi pada ponsel dengan slot hybrid.

Layar lebar yang sayangnya ‘masih’ HD

ZenFone 4 Selfie hadir dengan layar yang ukurannya cukup besar, yakni IPS 5,5 inci. Dengan layar sebesar ini, Anda akan lebih leluasa saat browsing, mengakses media sosial, maupun ketika menonton film atau bermain games.

Sayangnya walaupun ukurannya besar, resolusi layarnya masih 720p alias HD. Dengan level harga yang ditawarkannya, beberapa produk pesaing sudah dibekali dengan layar Full HD yang menjanjikan tampilan lebih tajam.

Meski begitu secara keseluruhan ini adalah layar dengan kualitas yang cukup baik. Tingkat kecerahannya pun tinggi dan tidak mengalami masalah berarti untuk penggunaan di bawah sinar matahari. Selain itu, Asus juga menyediakan fungsi Bluelight Filter untuk mengurangi emisi cahaya biru yang berdampak negatif bagi kesehatan mata.Dari sektor audio, ZenFone 4 Selfie didukung fitur bernama AudioWizard yang memudahkan penggantian pengaturan sesuai kebutuhan, mulai dari Movie, Gaming, Music, Outdoor, hingga Vocal. Kualitas speaker-nya sendiri cukup jernih dan lantang.

UI kini lebih bersih

Salah satu hal yang begitu dibanggakan oleh Asus ketika meluncurkan ZenFone 4 Selfie di Indonesia adalah penggunaan ZenUI 4.0 versi terbaru. Yang menarik dari user interface berbasis Android 7.1 Nougat ini adalah tampilannya yang kini didesain lebih sederhana.

Tidak hanya itu, ZenUI 4.0 juga terasa lebih cepat dan responsif. Sangat nyaman digunakan dan mudah untuk mengakses berbagai fitur yang dibutuhkan. Bahkan, Asus juga membuang beberapa aplikasi bawaan yang kurang dibutuhkan oleh pengguna. Hasilnya, ZenUI 4.0 kini nampak jauh lebih bersih dan hanya diisi oleh aplikasi-aplikasi bawaan yang berguna saja.

Salah satu fitur yang cukup berguna adalah ZenUI Safeguard. Melalui fitur ini, Anda bisa mengirim pesan atau melakukan panggilan telepon darurat ke nomor tertentu saat keadaan darurat. Anda pun bisa membagikan lokasi Anda melalui SMS atau aplikasi pesan instan agar orang lain dapat menolong Anda secepatnya.

Ada pula Easy Mode untuk mengubah tampilan user interface menjadi lebih sederhana. Tak ketinggalan, Kids Mode tetap tersedia untuk Anda yang tak ingin anak-anak mengakses konten-konten yang tidak sesuai usianya.

Kamera depan dengan fitur selfie komplit

Sesuai namanya, ZenFone 4 Selfie adalah smartphone yang didesain khusus untuk memfasilitasi para penggemar selfie. Konfigurasi kamera depannya memang sedikit berbeda dibanding versi Pro. Namun hal itu tidak membuat smartphone ini kehilangan pesonanya sebagai perangkat yang mampu menciptakan foto selfie menawan.

Asus membenamkan kamera depan ganda dengan konfigurasi satu kamera standar 20 megapixel f/2.0 untuk hasil selfie yang tajam, dan satu kamera wide angle 120 derajat 8 megapixel f/2.4 untuk wefie. Dengan dua kamera tersebut, Anda memiliki fleksibilitas untuk menentukan mana kamera paling pas yang akan Anda pakai di momen tertentu.

Secara keseluruhan kedua kamera ini mampu menangkap gambar dengan baik. Kamera 20 megapixel-nya dapat diandalkan untuk menghasilkan foto selfie yang tajam bahkan di kondisi cahaya yang agak temaram. Sementara kamera wide angle-nya sangat berguna ketika Anda ingin berfoto dengan banyak orang sekaligus, atau ketika ingin menangkap pemandangan di belakang Anda dengan lebih luas tanpa harus membawa tongsis.

Beberapa fitur pendukung selfie tersedia, misalnya Portrait Mode untuk membuat foto selfie dengan efek bokeh alias background blur. Saat kami mencobanya, efek bokeh ini nampak cukup rapi meski terkadang kemungkinan untuk ‘salah blur’ tetap ada.

Untuk kaum hawa, ada Beauty mode yang memudahkan Anda untuk mengatur tingkat kecerahan kulit, menghaluskan kulit, membuat mata lebih indah, bahkan mengecilkan pipi. Semuanya bisa diatur sesuai kebutuhan agar Anda terlihat lebih memukau.

Yang lebih menarik, Asus membenamkan aplikasi SelfieMaster untuk sekadar memudahkan pengguna mengakses semua fitur selfie secara lebih sederhana di satu tempat. Di aplikasi ini pula Anda dapat menggunakan fitur BeautyLive jika ingin tampil menawan ketika melakukan siaran langsung.

Lalu, bagaimana dengan kamera belakangnya? Untungnya walaupun mengusung tema selfie, Asus tidak melupakan sektor yang satu ini. ZenFone 4 Selfie memiliki kamera belakang 16 megapixel lengkap dengan dukungan Phase Detection Autofocus. Hasil jepretannya cukup bagus untuk mengabadikan momen sehari-hari.

Berikut kami sajikan beberapa foto yang kami tangkap menggunakan kamera depan dan belakang dari ZenFone 4 Selfie: (hasil yang lebih lengkap bisa diakses melalui akun Flickr YangCanggih.com)

Hasil foto Selfie ZenFone 4 Selfie (3)

Hasil foto Selfie ZenFone 4 Selfie (6)

Hasil foto Selfie ZenFone 4 Selfie (5)

P_20171108_131802_p

P_20171108_141636_vHDR_On_p

Performa kurang menarik

Ketika meracik smartphone ini Asus nampaknya memang tidak terlalu menjadikan sektor performa sebagai fokus utama. Walaupun hadir dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB yang tergolong besar di kelasnya, SoC yang dibenamkan ‘hanya’ Snapdragon 430 octa-core 1.4 GHz dengan GPU Adreno 505.

Sesungguhnya SoC ini sudah mencukupi untuk mendukung berbagai kebutuhan standar dengan lancar. Namun bila dibandingkan dengan produk pesaingnya di harga yang setara, ZenFone 4 Selfie jelas menawarkan performa yang lebih rendah dan kurang bertenaga.

Walaupun tidak terlihat gahar, kami akui ZenFone 4 Selfie masih tergolong lumayan untuk menjalankan game-game seperti Arena of Valor, Mobile Legends, maupun Asphalt 8: Airborne. Tapi untuk game dengan grafis 3D menawan seperti Injustice 2, terkadang penurunan frame rate masih sering terlihat.

Untuk lebih menjelaskan seperti apa performa dari ZenFone 4 Selfie, berikut kami sajikan hasil pengujian dari beberapa aplikasi benchmark:

Baterai cukup untuk seharian

Asus dikenal sebagai produsen smartphone yang tidak pelit untuk urusan baterai. Pada ZenFone 4 Selfie pun demikian. Walaupun bukan yang terbesar di kelasnya, baterai 3000 mAh diyakini mampu mendukung kebutuhan pengguna sehari-hari.

Selama kami memakai smartphone ini, nyatanya baterai ZenFone 4 Selfie cukup awet. Dengan gaya pemakaian normal seperti chatting, browsing dan media sosial, sesekali memotret, menonton video, dan bermain games, ZenFone 4 Selfie mampu bertahan sejak pagi hingga sore menjelang malam hari.

Sayangnya Asus tidak membenamkan fitur fast charging untuk mempercepat proses pengisian daya. Meski begitu, untungnya waktu charging-nya tidak terlalu lama. Butuh sekitar 2 jam agar baterai dapat terisi penuh dari kondisi di bawah 5 persen.

Penasaran dengan hasil pengujian PCMark Battery Test? Simak hasilnya di bawah ini:

Kesimpulan

Hadir sebagai varian yang lebih murah dari versi Pro-nya, ZenFone 4 Selfie tetap layak diperhitungkan sebagai perangkat yang bisa diandalkan untuk memenuhi hasrat selfie Anda. Memang bukan yang paling sempurna di kelasnya, tapi setidaknya, Asus menghadirkan smartphone ini sebagai opsi yang menarik di harga yang lebih terjangkau dengan tidak mengurangi keasyikan memotret baik melalui kamera depan maupun kamera belakang.

Ada beberapa hal yang patut diacungi jempol dari ZenFone 4 Selfie selain sektor fotografi. Sebut saja RAM 4 GB serta memori internal 64 GB lengkap dengan slot microSD terpisah. Tak hanya itu, ZenUI 4.0 yang kini tampil lebih bersih dan responsif pun memberikan pengalaman penggunaan yang lebih smooth.

Dibanderol Rp3.499.000, ZenFone 4 Selfie cocok untuk anak muda yang mencari smartphone dengan kamera selfie menawan di kelas menengah, dan juga sanggup diajak multitasking serta bisa menyimpan banyak foto maupun video.

Yang Canggih:

+ Hasil foto kamera depan 20 megapixel cukup baik di kelasnya
+ Mudah untuk mengganti ke lensa wide ketika ingin wefie
+ Portrait Mode memberikan opsi selfie yang lebih menarik dan berfungsi dengan baik
+ Ada fitur BeautyLive di SelfieMaster untuk siaran langsung
+ Desain dan kualitas rancang bangun bagus
+ RAM dan memori internal lega
+ Triple-slot (dual-SIM + microSD)
+ ZenUI 4.0 kini minim bloatware dan terasa gegas

Yang Kurang:

– Performa kurang bertenaga jika dibandingkan pesaingnya di harga setara
– Resolusi layar masih 720p
– Belum didukung fast charging

Spesifikasi Asus ZenFone 4 Selfie
SoC Qualcomm Snapdragon 430
Layar IPS 5,5 inci HD
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB (ada slot microSD terpisah)
Kamera Belakang 16 megapixel
Kamera Depan 20 megapixel f2.0 + 8 megapixel wide angle
Baterai 3000 mAh
OS Android 7.0 Nougat
Fitur Sensor sidik jari
Dimensi 155.7 x 75.9 x 7.9 mm (144 gram)
Asus ZenFone 4 Selfie
Pilihan yang menarik untuk Anda yang menginginkan smartphone dengan kamera selfie mumpuni
Cek Harga

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: