Quantcast

6 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Canon PowerShot G1 X Mark III

Canon PowerShot G1 X Mark III, sesuai namanya, adalah generasi ketiga dari kamera Canon PowerShot G1 X dan merupakan salah satu varian kamera saku Canon dengan ukuran sensor besar. Untuk mengenal lebih dekat dengan kamera saku paling canggih Canon ini, berikut 6 hal yang perlu kamu ketahui dari Canon PowerShot G1 X Mark III.

1. Desain lebih ergonomi, dilengkapi jendela bidik OLED

Canon PowerShot G1 X dan Canon PowerShot G1 X Mark II boleh saja tampil mirip. Tapi tidak dengan Canon PowerShot G1 X Mark III. Desain orisinil Canon PowerShot G1 X resmi ditinggalkan. Gantinya, Canon PowerShot G1 X Mark III hadir dengan desain yang mirip Canon PowerShot G5 X. Desain barunya membawa hand grip berukuran cukup besar. Jadi, dari segi ergonomi Canon PowerShot G1 X mark III terlihat akan lebih nyaman digenggam.

Di Canon PowerShot G1 X Mark III Anda kini juga bisa menjumpai jendela bidik OLED yang akan sangat membantu untuk memotret. Pembaruan lain, layar sentuh fleksibel yang bisa dilipat keatas di Canon PowerShot G1 X Mark II pun turut ditiadakan. Sebagai gantinya Canon menghadirkan layar sentuh LCD fleksibel berukuran 3 inci yang bisa dilipat dan diputar.

2. Ukuran sensor paling besar diantara kamera saku Canon

Canon PowerShot G1 X Mark III adalah kamera saku premium pertama Canon yang hadir dengan ukuran sensor paling besar. Bahkan, paling besar diantara kamera saku Canon lain.

Dengan sensor berukuran APS-C, ukuran sensornya ini 27% lebih besar dari sensor Canon G1 X dan 36% lebih besar dari sensor Canon G1 X Mark II. Ukuran sensor yang lebih besar artinya Canon PowerShot G1 X Mark III akan bisa menangkap cahaya yang lebih banyak dibandingkan dua generasi lawasnya.

Walau begitu, keseluruhan potensi kamera ini tidak hanya bisa dilihat dari ukuran sensor saja tapi perbedaan sebenarnya juga cukup bergantung pada teknologi lain yang diusungnya.

3. Spesifikasi setara Canon EOS M5

Patut dicatat, Canon PowerShot G1 X Mark III hadir dengan sensor CMOS APS-C 24 megapixel. Sensornya ini disokong oleh prosesor Canon DIGIC 7 dan didukung teknologi autofokus Dual Pixel AF.

Unjuk gigi dengan teknologi autofokus Dual Pixel AF, kinerja autofokusnya tentu akan terasa lebih cepat dan mengungguli 2 versi lawasnya atau kamera saku premium lain sekelasnya sehingga sangat ideal untuk foto atau video.

Di atas kertas, spesifikasinya ini memang setara dengan kamera mirrorless kelas atas Canon, Canon EOS M5. Bahkan, karena kemiripan spesifikasinya ini Canon PowerShot G1 X III bisa juga disebut Canon EOS M5 versi dengan lensa fix.

4. Lensa Zoom 3x


Hadir dengan bodi yang lebih ramping, imbasnya Canon harus mengorbankan sektor lensa Canon PowerShot G1 X Mark III.

Dibandingkan dengan Canon PowerShot G1 X Mark II yang hadir dengan lensa berkemampuan zoom optical hingga 5x, lensa Canon PowerShot G1 X Mark III memiliki kemampuan zoom optical lebih pendek yakni hanya 3x.

Walau begitu, lensanya yang setara lensa 24mm-72mm tetap amat fungsional untuk beragam kondisi pemotretan seperti portrait hingga landscape.

5. Belum mendukung 4K Video


Satu hal yang cukup disayangkan dari Canon PowerShot G1 X Mark III adalah kemampuan rekam videonya yang belum mendukung resolusi 4K. Di kamera ini Anda harus puas merekam video di resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel.

Kendati demikian, kemampuan rekam videonya ini lebih baik jika dibandingkan Canon PowerShot G1 X Mark II. Canon PowerShot G1 X Mark III kini mampu merekam video Full HD di 60p, lebih baik jika dibandingkan Canon PowerShot G1 X Mark II yang hanya mampu merekam video hingga resolusi Full HD 30p.

Berkat hadirnya dukungan Dual Pixel AF Anda juga bisa merekam video dengan kinerja autofokus yang lebih cepat dan halus hanya dengan menyentuh layarnya saja. Bahkan, dengan dukungan 3EV ND Filter terintegrasi, Anda bisa tetap merekam video dengan bukaan diafragma besar meski di kondisi cahaya yang sangat terang.

6. Harga premium

Ukuran bodi yang kecil dengan semua fitur dan pembaruan teknologi yang diusungnya, Canon PowerShot G1 X Mark III memang sebuah kamera saku yang sangat menarik. Meski harga jualnya yang menyentuh angka US$1299 tergolong tinggi untuk sebuah kamera saku premium, namun kehadirannya cukup bisa menjadi pesaing ketat Sony RX100 series dan Panasonic Lumix LX10 yang telah lebih dulu muncul di pasaran.

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: