Quantcast
Cek Harga

Jika seorang pengguna Android ditanya smartphone apa yang menjadi impiannya, mungkin sebagian besar akan menjawab Galaxy Note8. Ya, tak heran karena perangkat anyar garapan Samsung yang baru saja masuk Indonesia ini memang menawarkan banyak sekali fitur canggih dan premium.

Sementara di mata para fans garis keras seri Note, Galaxy Note8 adalah ‘penebus dosa’ dari Samsung yang membuat mereka harus menunggu lama (sekitar 2 tahun) akibat insiden Galaxy Note 7 tahun lalu.

Jadi wajar saja jika Galaxy Note8 tampil maksimal. Salah satunya dengan membuatnya sebagai smartphone pertama Samsung yang memiliki dua kamera belakang. Fitur yang bahkan tidak ada di duo premium mereka lainnya, Galaxy S8 dan Galaxy S8+. Selain itu, Samsung juga terus meningkatkan fungsi S Pen yang menjadi fitur ikonik seri Galaxy Note.

Tapi wajib diingat, semua kecanggihan yang disediakan Galaxy Note8 membuatnya harus ditebus dengan dana yang cukup tinggi, sekaligus menjadi seri Note paling mahal yang pernah dirilis Samsung. Seperti apakah kecanggihan smartphone yang dijual seharga 13 juta rupiah tersebut? Baca ulasan kami berikut ini hingga tuntas.

Desain memanjang dengan layar lebih besar

Buat Anda yang rajin mengikuti informasi tentang smartphone Samsung pasti langsung akrab saat melihat desain Galaxy Note8. Ya, Samsung masih mengandalkan DNA desain yang sama seperti duo Galaxy S8. Bahkan banyak yang bilang, Galaxy Note8 mirip Galaxy S8+, hanya saja dengan layar sedikit lebih besar.

Layar Infinity Display yang nyaris memenuhi seluruh bodi ponsel masih menjadi pemandangan utama di bagian depan. Meski ukurannya mencapai 6,3 inci, bingkai yang super tipis dengan layar lengkung di kiri-kanannya membuat dimensi bodi tidak langsung membengkak.

Hasilnya, Galaxy Note8 masih nyaman dioperasikan dengan satu tangan. Tapi sama seperti saudaranya, keputusan membuat desain lebih memanjang menurut kami membuat smartphone ini sulit untuk dimasukkan ke saku sembarang celana. Akan lebih tepat jika Anda menentengnya atau memasukkannya ke dalam tas.

Untuk bahannya, Note8 menggunakan lapisan kaca Gorilla Glass 5 di depan maupun belakang, sementara bingkai bodinya menggunakan bahan dari logam. Di belakang, ada dual-camera yang bersebelahan dengan sensor sidik jari. Posisi sensor sidik jari ini menurut kami masih menjadi nilai minus (sama seperti duo Galaxy S8) karena sulit dijangkau. Dalam praktiknya, kami cukup sering salah sentuh dan malah mengotori lensa kamera.

Lalu di manakah letak S Pen? Posisinya ada di bagian bawah. Samsung kembali memakai metode pegas untuk memudahkan Anda mengeluarkan pena ini. Cukup ditekan, S Pen otomatis keluar. Begitu juga saat menyimpannya. Jadi tidak perlu khawatir posisi S-Pen akan terbalik dan tersangkut.

Sama seperti duo Galaxy S8, Galaxy Note8 memiliki tombol khusus untuk mengakses Bixby, yang sering tidak sengaja terpencet. Kabar baiknya bagi yang memiliki headphone premium, Galaxy Note8 masih menyediakan port audio jack 3.5mm!

Secara keseluruhan, perangkat tahan air dengan sertifikasi IP68 ini adalah smartphone yang sangat menawan. Enak digenggam, meski di kiri dan kanannya terdapat lengkungan layar. Agar lebih mantap di tangan dan meminimalisir kemungkinan tergelincir, Anda bisa memasang clear case yang sudah termasuk dalam paket penjualan.

Kanvas besar yang mendukung tampilan HDR

Seri Galaxy Note memang selalu dikenal dengan layarnya yang berukuran ekstra. Di Galaxy Note8, Samsung memasukkan layar berukuran 6,3 inci dengan teknologi Infinity Display. Ini menjadikannya sebagai smartphone Samsung dengan layar paling besar sekaligus sebagai seri Note yang pertama dengan teknologi Ininity Display. Hasilnya, Anda mendapatkan sebuah ‘kanvas’ besar untuk menuangkan kreativitas dengan lebih leluasa.

Sama seperti Galaxy S8, pengguna bisa memilih resolusi dari layar Super AMOLED Note8. Pilihan yang tersedia meliputi HD+ (1480 x 720 pixel), FHD+ (2220 x 1080 pixel), hingga WQHD+ (2960 x 1440 pixel). Secara default, pengaturan resolusi layar akan berada di FHD+.

Kualitas layarnya tidak perlu diragukan. Tampilannya sangat tajam dengan kerapatan pixel mencapai 522 ppi (pixel per inci). Ciri khas Super AMOLED juga masih dipertahankan yaitu reproduksi warna yang vivid sekaligus mencolok, diimbangi dengan kontras tinggi dan warna hitam yang pekat. Tingkat kecerahan layarnya pun tinggi sehingga kami tidak menemukan masalah saat menggunakannya di bawah pancaran sinar matahari.

Nilai plus lainnya, layar Galaxy Note8 sudah memiliki sertifikasi mobile HDR. Artinya, Anda bisa memutar konten dengan format true HDR secara maksimal untuk menikmati akurasi warna dan contrast yang jauh lebih baik. Jika Anda bingung bagaimana cara mendapatkan konten HDR, Anda bisa mencoba Netflix.

Layar baru Note8 ini juga mengusung aspect ratio baru, yaitu 18.5:9. Untuk saat ini, kebanyakan konten video masih menganut rasio 16:9. Ini berarti konten video 16:9 akan terpotong dengan balok hitam di kiri dan kanannya (dalam posisi landscape). Jika ingin gambar memenuhi layar, maka akan ada bagian yang terpotong. Namun saat dicoba, menonton video yang memenuhi layar Infinity Display merupakan pengalaman yang menyenangkan. Apalagi Note8 sudah mendukung video HDR yang ada di YouTube.

Bagaimana dengan Edge Screen? Fitur ini semakin membaik. Sejauh kami menggunakannya, kami tidak pernah mengaktifkan fungsi tersebut dengan tidak sengaja. Anda juga dapat mengatur Edge Screen pada Galaxy Note8 untuk mempercepat akses ke aplikasi favorit.

Untuk urusan audio, Samsung membenamkan speaker yang jernih dan bertenaga pada Galaxy Note8. Walaupun masih mono, keluaran suara dari speakernya cukup memadai untuk menemani Anda saat menonton film atau bermain game. Jika kurang puas dengan speaker internal, Anda bisa menggunakan headset premium garapan AKG yang disertakan dalam paket penjualannya.

Fitur S Pen yang melimpah

Samsung Galaxy Note8 mengadopsi sistem operasi Android 7.1.1 Nougat. user interface dan pengalaman yang ditawarkannya kurang lebih mirip dengan Galaxy S8. Hanya saja, Samsung menanamkan banyak sekali fitur untuk memaksimalkan fungsi S Pen, selain penanya sendiri yang kini memiliki ujung lancip (0,7mm) dan sensitivitas tekanan mencapai 4096.

Ketika pertama kali mengeluarkan S Pen, menu untuk mengakses berbagai fitur yang mendukung pena tersebut langsung muncul di layar. Beberapa di antaranya mungkin terasa familiar bagi fans Note, contohnya Create Note untuk memulai corat-coret, dan Smart Select untuk meng-crop bagian tertentu dari tampilan di layar.

Fitur paling anyar yang akan Anda temui adalah Live Message. Fitur ini berfungsi untuk merekam proses saat Anda sedang membuat tulisan, coretan, atau gambar menggunakan S Pen. Setelah itu, ia akan mengubahnya menjadi file dengan format GIF. Dengan Live Message, Anda bisa mengirim file-file GIF yang kreatif agar perbincangan menjadi lebih seru.

Ada pula fungsi Translate, yang sesuai namanya dapat menerjemahkan tulisan di layar. Caranya cukup mudah. Tinggal arahkan S Pen ke kata yang ingin diterjemahkan, dan hasil terjemahannya akan langsung ditampilkan. Selain itu, ada fungsi Magnify untuk mengubah fungsi S Pen menjadi kaca pembesar, serta Coloring untuk Anda yang gemar mewarnai gambar.

Bahkan Anda juga bisa membuat catatan/memo saat layar dalam keadaan mati. Misalnya ketika Anda sedang terpikir sesuatu dan wajib ditulis agar tidak lupa, Anda hanya perlu mengeluarkan S Pen dan otomatis bisa langsung menulis di layar yang gelap tersebut. Kerennya lagi, kegiatan corat-coret menggunakan S Pen ini juga bisa dilakukan di dalam air!

Soal kualitas S Pen-nya sendiri, kami menilai Samsung semakin jago dalam memberikan pengalaman menulis/menggambar yang lebih natural. Pena ini mampu menyesuaikan seberapa besar tekanan yang kami berikan saat menulis. Mirip sekali dengan pengalaman menulis memakai pensil sungguhan.

Bixby yang (masih) belum maksimal

Samsung dinilai sangat ambisius ketika pertama kali memperkenalkan asisten virtual garapan mereka sendiri, Bixby. Di Galaxy Note8, Anda sudah bisa memanfaatkan Bixby Voice untuk menggunakan perintah suara saat ingin membuka aplikasi atau menelusuri informasi. Tapi ingat, Bixby belum bisa Bahasa Indonesia. Jadi Anda harus memberikan perintah dalam Bahasa Inggris jika ingin menggunakannya.

Fitur lainnya, Bixby Vision, setidaknya lebih fungsional. Fitur ini dapat mengenali obyek yang terlihat oleh kamera, lalu menelusuri dan menampilkan informasi terkait obyek tersebut. Meskipun cukup berguna, fitur ini masih membutuhkan banyak peningkatan untuk menarik minat penggunanya.

Sistem pengamanan yang komplit

Kami memang selalu menyebutkan bahwa posisi sensor sidik jari Galaxy Note8 agak aneh. Tapi bukan berarti Anda tidak memiliki alternatif lain untuk mengamankan perangkat Anda. Sama seperti Galaxy S8, Samsung tetap menyediakan iris scanner yang mampu mendeteksi mata dengan baik dan cepat dalam kondisi apapun, termasuk ketika sedang berada di ruangan yang gelap. Dengan catatan, jangan menggunakan kacamata atau lensa kontak saat menatap iris scanner.

Bila Anda termasuk pengguna berkacamata yang tidak mau repot selalu melepas kacamata saat ingin membuka kunci smartphone, Anda bisa memanfaatkan fitur keamanan lainnya seperti Face Recognition (pendeteksi wajah), atau yang standar misalnya pattern, password, dan PIN.

Kamera ganda untuk hasil foto keren

Sekadar mengingatkan kembali, Galaxy Note8 adalah smartphone pertama Samsung yang memiliki kamera belakang ganda. Konfigurasinya adalah satu sensor 12 megapixel dengan lensa wide f/1.7 dan satu sensor 12 megapixel lainnya dengan lensa tele f/2.4.

Yang menarik, kedua kamera tersebut memiliki fitur Optical Image Stabilization di masing-masing unit kamera. Sejauh ini belum ada smartphone berkamera belakang ganda dengan konfigurasi seperti ini. Fitur O.I.S sendiri berfungsi menyetabilkan efek guncangan yang berimbas pada hasil foto yang kabur.

Kamera belakang ganda Galaxy Note8 juga dibekali fitur Live Focus untuk membuat efek blur pada background foto. Nantinya, pengguna bisa mengatur efek blur tersebut saat akan mengambil gambar maupun pada saat foto sudah tersimpan di Gallery.

Ketersediaan mode-nya tergolong komplit, mulai dari Pro untuk pengaturan manual, Panorama, Slow Motion, Hyperlapse, Food, Virtual Shot, dan masih banyak lagi yang bisa Anda download. Asyiknya lagi, aplikasi kamera ini dibekali fitur Stickers (mirip seperti Galaxy S8) dengan pilihan stickers melimpah yang bisa diunduh, untuk memberikan hasil foto yang lucu.

Penasaran dengan kecanggihan kamera Galaxy Note8? Simak saja ulasan lengkap kami di tautan berikut ini. Jika ingin langsung melihat hasil jepretannya, kami sajikan beberapa foto yang kami abadikan menggunakan Note8 di bawah ini, serta di akun Flickr resmi YangCanggih.com.

Samsung Galaxy Note 8
Samsung Galaxy Note 8
Samsung Galaxy Note 8
Samsung Galaxy Note 8
Samsung Galaxy Note 8
Samsung Galaxy Note 8
Samsung Galaxy Note 8
Samsung Galaxy Note8

Performa kencang untuk semua aplikasi

Samsung masih mengandalkan SoC Exynos 8895 di pasar Indonesia, yang kali ini ditemani RAM 6 GB. Memori internalnya mulai dari 64 GB dan memiliki slot microSD yang sayangnya harus berbagi tempat dengan SIM-card kedua (hybrid).

Kombinasi di atas jelas menjanjikan performa yang gahar untuk semua kebutuhan, termasuk untuk 3D gaming yang menuntut kinerja berat. Selama menggunakannya, kami tidak pernah merasa kecewa dengan performa yang diberikan oleh Galaxy Note8. Sangat gesit dan bertenaga.

Beberapa game populer yang kami jalankan, seperti Arena of Valor, Mobile Legends, Middle Earth: Shadow of War, hingga PES 2017 tampil mulus tanpa kendala. Melalui Game Launcher, Anda bisa mengubah pengaturan performa seperti Save Power untuk menghemat baterai ketika bermain game, hingga High Performance untuk tenaga yang maksimal. Anda pun bisa mengaktifkan mode ‘No Alerts During Games’ agar tidak diganggu notifikasi yang muncul di layar.

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana performa dari Galaxy Note8? Langsung saja simak beberapa hasil pengujian kami menggunakan aplikasi benchmark:

Baterai cukup untuk seharian

Ketika pertama kali memperkenalkan Galaxy Note7 tahun lalu, Samsung menawarkan kapasitas baterai 3500 mAh. Namun dengan berbagai pertimbangan, meski secara ukuran lebih besar, Galaxy Note8 justru hadir dengan baterai yang sedikit lebih kecil, yakni 3300 mAh.

Apakah baterai tersebut mencukupi atau tidak, itu semua tergantung pada gaya pemakaian Anda. Bagi kami, baterai 3300 mAh sudah cukup untuk membuat Galaxy Note8 menyala seharian, atau setidaknya, sejak pagi hingga sore hari menjelang malam (resolusi layar FHD+).

Padahal, kami termasuk pengguna yang lumayan aktif. Sering browsing dan chatting, terkadang menonton video di YouTube, terkadang iseng membuat gambar atau catatan dengan S Pen, dan sesekali bermain games. Ini artinya, meski lebih kecil, kinerja baterai Galaxy Note8 tetap memuaskan.

Proses pengisian dayanya juga cepat. Dari kondisi baterai di bawah 10 persen, hanya butuh waktu sekitar 80-90 menit untuk mencapai 100 persen penuh. Tentunya syaratnya Anda harus menggunakan charger bawaan yang ada di paket penjualannya.

Bagaimana dengan pengujian menggunakan aplikasi PCMark Work 2.0 Battery Life? Simak hasilnya di bawah ini:

Kesimpulan

Slogan Galaxy Note8, yakni ‘Do Bigger Things’, sangat mengena saat kami mencoba menggunakannya. Ya, dengan smartphone ini, Anda bisa melakukan hal-hal yang jauh lebih besar dari yang bisa difasilitasi oleh smartphone lainnya, khususnya dalam hal kreativitas dan produktivitas. Tapi dengan catatan, Anda pun harus siap merogoh kocek yang lebih dalam pula karena ini adalah seri Note termahal dari Samsung.

Rasanya tak berlebihan jika kami menilai Galaxy Note8 sebagai salah satu smartphone terbaik dan paling komplit yang ada di pasaran saat ini. Bahkan, lebih komplit dan lebih menggiurkan dibanding saudaranya sendiri, Galaxy S8+ yang pernah kami ulas sebelumnya.

Intinya, Samsung berhasil menebus kegagalan Galaxy Note 7 mereka tahun lalu sekaligus mengobati rasa kecewa para fans seri Note yang masih tetap setia dan rela menunggu lama demi Galaxy Note8.

Dibanderol Rp12.999.000, Galaxy Note8 cocok untuk Anda fans setia Note yang tak bisa lepas dari S Pen, maupun untuk pengguna baru yang mencari perangkat berdesain premium dengan pena canggih, hasil foto keren, serta layar berkualitas terbaik.

Yang Canggih:

+ Desain tetap ramping untuk ponsel dengan layar lebih besar dari 6 inci
+ Desain keren dengan warna-warna yang unik tapi elegan
+ Kualitas layar yang terbaik untuk sebuah smartphone saat ini
+ Layar sudah mendukung mobile HDR
+ Kamera ganda dengan hasil foto yang amat baik di nyaris segala kondisi cahaya
+ Kualitas video amat baik untuk sebuah smartphone
+ Kinerja kamera utama cepat
+ Fungsi Stickers membuat foto-foto menyenangkan dan dapat ditambah sendiri
+ S Pen lebih canggih dengan peningkatan fitur yang terasa
+ Fitur Live Message yang menyenangkan dan belum ada di ponsel lainnya
+ Performa kencang untuk segala aplikasi
+ Fitur keamanan paling lengkap untuk sebuah smartphone saat ini
+ Fitur pengamanan seperti sensor sidik jari, Iris Scanner dan Face Recognition bekerja cepat dan cukup akurat di segala kondisi
+ Bodi tahan air dengan sertifikasi IP68
+ Daya tahan baterai baik
+ Dukungan pengisian baterai ekstra cepat, baik dengan charger biasa atau charger wireless
+ Masih memiliki jack audio 3,5mm untuk memudahkan terhubung ke headphone dan speaker

Yang Kurang:

– Posisi sensor sidik jari kurang nyaman
– Lensa kamera utama gampang kotor jika Anda sering salah sentuh saat ingin menggunakan sensor sidik jari
– Bodi sangat panjang, kurang cocok untuk pengguna yang gemar membawa smartphone di saku celana
– Slot microSD/SIM-card 2 hybrid
– Bagian belakang bodi mudah menyerap sidik jari sehingga gampang kotor
– Beberapa fitur seperti Bixby masih perlu diperbaiki
– Live Focus tidak selalu efektif menghasilkan bokeh yang baik
– Hasil foto kamera depan standar
– Speaker masih mono
– Peletakan speaker di bagian bawah sering tertutup tidak sengaja saat bermain game atau menonton video dalam posisi melebar
– Video akan terpotong jika dipaksakan memenuhi layar, akibat aspect ratio 18,5:9 yang masih jarang

Spesifikasi Samsung Galaxy Note8
Layar Infinity Display Super AMOLED 6,3 inci Quad HD+
SoC Exynos 8895 atau Qualcomm Snapdragon 835 (US)
RAM 6 GB
Memori internal 64 GB hingga 256 GB
Kamera belakang 12 megapixel Dual-pixel f/1.7 wide (OIS) + 12 megapixel f/2.4 tele (OIS)
Kamera depan 8 megapixel (autofocus)
Konektivitas 4G LTE Cat.16, Wi-Fi 802.11ac MIMO, Bluetooth v5, NFC
Baterai 3300 mAh dengan fast charging dan wireless charging
Fitur S Pen, Iris Scanner, Sensor sidik jari, Sertifikasi IP68
Dimensi 162.5 x 74.8 x 8.6mm (berat 195g)
Samsung Galaxy Note8
Smartphone layar lebar yang terbaik untuk saat ini
Galaxy Note8 adalah pilihan wajib bagi para fans seri Note yang tak bisa lepas dari S Pen, serta menginginkan kamera dan fitur canggih terdepan lainnya
Cek Harga

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: