Quantcast
Mobile GadgetNewsPonsel

[Hands-On] Mencoba Smartfren Andromax Prime, Ponsel 4G Murah 300 Ribuan yang Bisa WhatsApp dan YouTube

Seperti diketahui Smartfren baru saja merilis Andromax Prime, feature phone (ponsel biasa) yang dibanderol dengan harga hanya Rp349.000 saja. Meski murah, cukup banyak fitur menarik di ponsel 4G ini yang membuatnya menonjol dan layak dilirik, terutama oleh calon pengguna yang memiliki dana terbatas atau yang ingin mencari ponsel backup.

Penasaran seperti apa? Simak ulasan singkat kami:

Kecil dan ringan

Andromax Prime Hands On 3

Andromax Prime adalah ponsel dengan desain candybar. Desain seperti ini sangat populer di era sebelum smartphone booming. Walaupun tidak lagi dicari banyak orang, ponsel candybar masih diminati oleh sebagian pengguna yang mencari kepraktisan dan baterai tahan lama. Cocok untuk ponsel backup.

Smartfren bekerjasama dengan Haier dalam memproduksi Andromax Prime. Kualitas rancang bangunnya cukup baik untuk sebuah produk murah. Ukurannya kecil dan bobotnya ringan. Di bagian depan, Anda akan menemukan layar 2,4 inci bersama dengan keypad fisik.

Andromax Prime Hands On 4

Andromax Prime dibekali prosesor dual-core, RAM 512 MB, dan memori internal 4 GB. Jika Anda ingin menyimpan lebih banyak file, Anda bisa memanfaatkan slot microSD. Baterainya 2000 mAh, yang artinya bisa diandalkan untuk membuat ponsel ini menyala lebih lama.

Koneksi 4G, bisa WhatsApp – Facebook – YouTube

Smartfren Andromax Prime 2

Yang membuat Andromax Prime tampil begitu menarik di kelasnya adalah ketersediaan dukungan jaringan 4G LTE. Ya, Anda bisa menikmati internet berkecepatan tinggi lewat ponsel mungil ini. Bahkan, karena mengadopsi sistem operasi Android versi Lite atau ringan, beberapa aplikasi yang biasanya hanya Anda temukan di smartphone bisa berjalan di Andromax Prime.

Contohnya adalah WhatsApp. Dengan harga hanya 300 ribuan, Anda bisa chatting dengan teman dan keluarga. Asyiknya lagi, fitur andalan WhatsApp seperti panggilan suara gratis (menggunakan internet) dan video call pun bisa dinikmati. Khusus untuk video call, Andromax Prime didukung kamera depan VGA (ada pula kamera belakang 2 megapixel).

Kami sempat mencoba melakukan video call menggunakan Andromax Prime. Hasilnya cukup jernih meski kamera depannya cuma VGA. Syaratnya, Anda harus berada di tempat dengan kondisi cahaya yang terang agar lawan bicara Anda bisa melihat wajah Anda dengan baik.

Andromax Prime Hands On 2

Selain WhatsApp, Anda juga akan menemukan aplikasi lainnya misalnya Facebook, YouTube, dan browser Opera. Khusus untuk Facebook dan YouTube, Smartfren hanya membenamkan launcher yang akan membawa Anda ke browser Opera dan masuk ke versi mobile dari dua media sosial populer tersebut. Tidak masalah. Semua masih bisa dinikmati dengan lancar termasuk menonton video-video favorit di YouTube.

Perlu diketahui bahwa saat ini Andromax Prime belum memiliki toko aplikasi. Artinya, Anda tidak bisa meng-install aplikasi lainnya semudah di smartphone Android yang tinggal menuju ke Google Play Store. Update aplikasi seperti WhatsApp pun dijanjikan akan dikirim secara OTA (Over the Air).

Andromax Prime Hands On 1
Foto yang diambil dengan kamera Andromax Prime pun bisa langsung di-share

Kesimpulan

Dengan harga hanya Rp349.000, kami menilai Andromax Prime adalah perangkat yang sangat menarik. Upaya yang ditempuh Smartfren untuk mendorong para pengguna ponsel 2G agar segera beralih ke 4G LTE tergolong positif, karena Andromax Prime dapat menjadi solusi yang terjangkau untuk semua orang.

Memang tidak sepintar smartphone berbasis Android atau iOS. Wajar karena statusnya adalah feature phone. Tapi setidaknya, Anda disajikan aplikasi-aplikasi masa kini yang sangat berguna untuk kemudahan komunikasi dan hiburan. Bahkan jika kuota Anda habis, Anda masih bisa internetan dengan menghubungkan Andromax Prime ke WiFi, lho!

Intinya, ponsel 4G LTE ini cocok untuk Anda yang mencari perangkat tambahan sebagai backup dari smartphone utama. Selain itu, Anda yang memiliki dana terbatas namun ingin beralih ke perangkat 4G untuk bisa chatting dan video call melalui WhatsApp pun layak menjadikan Andromax Prime sebagai pilihan.

[table]Spesifikasi;Smartfren Andromax Prime
Layar;2,4 inci
Prosesor;Dual-core
RAM;512 MB
Memori internal;4 GB (ada slot microSD)
Kamera belakang;2 megapixel
Kamera depan;VGA
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth, WiFi
Baterai;2000 mAh
Fitur;WhatsApp, Facebook, YouTube, Radio FM, Music Player
[/table]

13 komentar

Back to top button