Quantcast
Foto & VideoKomputerMobile GadgetNews

Koneksi USB 3.2 Janjikan Kecepatan Hingga 20 Gbps Melalui Kabel USB Type-C

Penggunaan port USB Type-C semakin lazim digunakan oleh perangkat-perangkat seperti media simpan eksternal maupun smartphone. Selain lebih mudah karena bisa dicolok bolak-balik, port USB Type-C juga memiliki kinerja yang lebih baik karena menggunakan koneksi USB 3.0 atau USB 3.1. Selain itu, port ini juga digunakan oleh koneksi Thunderbolt 3 oleh Apple.

usb 32 2

Dengan menggunakan koneksi USB 3.0, sebuah port USB Type-C bisa menghasilkan kecepatan hingga 5 Gbps. Sedangkan dengan koneksi USB 3.1, kecepatannya bisa mencapai hingga 10 Gbps.

Di masa yang akan datang, port USB Type-C akan bisa menghasilkan kecepatan yang lebih kencang lagi. Baru-baru ini, USB Implementers Forum, sebuah konsorsium yang mengatur spesifikasi perangkat USB telah mengumumkan spesifikasi resmi untuk koneksi USB 3.2. Koneksi ini menjanjikan kecepatan maksimal 2 kali lebih cepat dibandingkan USB 3.1, yaitu mencapai 20 Gbps.

usb 32 1

Untuk mendapatkan kecepatan tersebut, koneksi USB 3.2 memanfaatkan dua jalur USB 3.1 yang memiliki kecepatan maksimal 10 Gbps. Koneksi USB 3.2 ini juga masih akan menggunakan jenis colokan USB Type-C yang sama. Bahkan, Anda tidak perlu membeli kabel USB Type-C baru untuk mendukung kecepatan USB 3.2. Selama memenuhi spesifikasi yang disyaratkan, kabel yang ada sekarang akan otomatis menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi saat dihubungkan dengan perangkat yang mendukung USB 3.2 di kedua ujungnya.

Spesifikasi akhir USB 3.2 akan difinalisasi oleh USB Implementers Forum pada akhir tahun 2017 ini. Kemudian, sejumlah produsen akan memulai proses produksi chip dan kontroler USB 3.2 untuk digunakan pada komputer desktop, laptop, maupun perangkat lain seperti smartphone.

Back to top button