Quantcast

Review Acer Aspire GX-281, PC Desktop untuk Gaming Berbasis AMD Ryzen 7 dan Radeon RX4800

PC Desktop dengan performa hebat untuk berbagai tugas
Cek Harga

Hadirnya prosesor AMD Ryzen memang pasar PC menjadi lebih bergairah karena konsumen kini menjadi memiliki lebih banyak pilihan prosesor berkinerja tinggi yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Lini prosesor Ryzen menawarkan pilihan yang lengkap mulai dari Ryzen 3 quad-core untuk entry-level, hingga Ryzen 7 octa-core buat Anda yang mencari prosesor berkinerja tinggi untuk kebutuhan aplikasi berat.

Kali ini, kami akan mengulas sebuah PC desktop dari Acer yaitu Aspire GX-281. PC desktop ini menggunakan kombinasi prosesor dan kartu grafis dari AMD untuk menghasilkan kinerja yang mumpuni baik untuk bermain game, menyunting foto dan video, maupun menjalankan beragam aplikasi yang berat.

Desain Bodi Keren, Port Agak Minimalis

Acer Aspire GX-281 adalah sebuah PC desktop dengan ukuran yang bisa dibilang masih cukup ringkas. Ukuran casingnya memang masih terlihat besar, tapi tidak terlalu besar sehingga tidak akan memakan ruang yang terlalu banyak di meja Anda.

Casingnya memiliki desain yang cukup keren dengan tema yang terlihat sedikit futuristis. Bagian depannya menggunakan bahan plastik berwarna hitam dengan sedikit sentuhan merah pada bagian di sekitar port depan, dan grill kecil di kiri kanannya. Tombol powernya berukuran cukup besar dan diposisikan di bagian atas sehingga mudah untuk ditemukan. Secara keseluruhan, tampilannya cukup menarik dan minimalis.

Di bagian front panel, terdapat sebuah port USB 3.1 Type-C, dan sebuah port USB 3.0 Type-A. Lalu terdapat sebuah SD card reader, sebuah jack 3,5mm audio-out, dan sebuah jack 3,5mm line-in.

Sedangkan di bagian belakangnya terlihat sangat sederhana. Sepertinya motherboard yang digunakan merupakan motherboard kelas menengah dengan kelengkapan port yang biasa saja. Terdapat 4 port USB 2.0, 2 port USB 3.0 yang ditandai dengan warna merah, 1 port LAN, dan tiga port audio. Dari segi kuantitas, jumlah port ini termasuk terbatas. Apalagi mengingat masih banyaknya ruang tersisa yang dapat dimanfaatkan untuk memuat port koneksi lain yang lebih lengkap.

PC desktop ini juga masih menyediakan sebuah DVD-RW. Disk optikal yang terpasang menggunakan model tray-loading seperti pada laptop. Perangkat ini terintegrasi dengan casing dengan menggunakan slot 5,25 inci yang ada di bagian paling atas. Walaupun game dan aplikasi makin jarang hadir dalam bentuk media fisik, setidaknya tambahan drive DVD-RW ini bisa memberikan opsi untuk melakukan backup atau membaca CD/DVD lama yang Anda miliki.

Kinerja handal, berkat AMD Ryzen 7 1700X

Acer Aspire GX-281 hadir dengan prosesor AMD Ryzen 7 1700X 3,4 GHz dengan kartu grafis AMD Radeon RX 480 4GB “Polaris”. Kombinasi tersebut merupakan kombinasi yang mumpuni untuk berbagai kebutuhan seperti bermain game maupun bekerja. Kapasitas RAM pada perangkat ini adalah sebesar 16GB DDR4. Sedangkan untuk penyimpanannya, Acer Aspire GX-281 memiliki sebuah SSD M.2 berkapasitas 256GB, dan HDD berkapasitas 1TB. Seluruh komponen tersebut didukung oleh power supply yang berkapasitas 500 watt.

Dengan form factor PC desktop biasa, maka komputer ini pun masih memiliki kemampuan untuk diupgrade. Motherboardnya memiliki 4 slot RAM sehingga Anda masih bisa menambah kapasitas RAM menjadi lebih besar. Bahkan jika perlu, Anda pun bisa mengganti kartu grafisnya dengan yang lebih bertenaga. Tentunya sebelum melakukan upgrade, Anda perlu memperhatikan kecocokan komponen baru tersebut dengan komputer ini. Dan juga, mengganti komponen yang ada di dalam berpotensi untuk menggugurkan garansi.

Kinerja yang dihasilkan oleh Aspire GX-281 ini mumpuni untuk berbagai kebutuhan. Dengan prosesor 8 core 16 thread, komputer ini sanggup untuk menjalankan beragam aplikasi berat seperti video editing, 3D modelling, dan masih banyak lagi. Di tambah lagi dengan kinerja AMD Radeon RX480 yang sangat baik untuk bermain game di resolusi Full HD.

Kami mencoba memainkan beberapa game seperti Battlefield 1 pada PC ini dan bisa dijalankan dengan baik pada setting tertinggi saat dimainkan di resolusi Full HD. Bukan cuma itu, kami juga mencoba menjalankan game tersebut pada resolusi yang lebih tinggi lagi dengan menggunakan monitor ultrawide Acer Predator X34 yang mempunyai resolusi 3440 x 1440. Radeon RX 480 yang terpasang pada komputer ini masih mampu memberikan kinerja yang baik saat menjalankan game pada resolusi tersebut, walaupun tak bisa dalam setting tertinggi.

Selain bermain game, Acer Aspire GX-281 juga mampu memberikan kinerja yang bagus saat menjalankan aplikasi berat seperti video editing. Kami mencoba mengedit sebuah video Full HD pada komputer ini dan proses editing serta rendering dapat dijalankan dengan baik. Acer Aspire GX-281 ini juga sebenarnya masih bisa digunakan untuk mengedit video dengan resolusi 4K, hanya saja terkadang terjadi sedikit stutter saat proses editing. Tapi secara keseluruhan, komputer ini masih bisa dibilang mampu untuk mengedit video 4K.

Gambaran kinerja dari Acer Aspire GX-281 bisa Anda lihat pada hasil dari beberapa aplikasi benchmark berikut ini:

Selain itu, Acer Aspire GX-281 juga ditunjang dengan sistem pendinginan yang cukup baik, walaupun jumlah kipas yang terpasang hanya sedikit. Saat menjalankan berbagai tugas berat, sistem pendinginannya mampu menjaga suhu keseluruhan agar tetap stabil dan tidak terlalu tinggi, tapi juga tidak terlalu berisik.

Kesimpulan

Acer Aspire GX-281 adalah sebuah PC desktop yang memiliki spesifikasi yang mampu memberikan kinerja yang baik. Bermain game, mengedit foto, rendering video, dan beragam pekerjaan lainnya, bisa dijalankan dengan baik pada PC ini. Hanya saja kami merasa jumlah port yang tersedia masih agak kurang.

Saat pembelian, Anda juga akan mendapatkan paket keyboard dan mouse wireless. Yang perlu diperhatikan, PC desktop dengan harga Rp23.499.000 ini belum dilengkapi dengan monitor dalam paket penjualannya sehingga Anda harus mengeluarkan dana ekstra untuk membeli monitor.

Lalu untuk siapa Acer Aspire GX-281? Dengan spesifikasinya yang tinggi, komputer meja ini memiliki performa yang amat baik untuk tugas berat sekalipun. Jika Anda hanya ingin menggunakannya untuk sekedar mengetik naskah atau menonton film, PC ini akan terasa berlebihan. Jadi bagi yang membutuhkan PC untuk keperluan main game dan tugas yang berat lainnya seperti menyunting foto dan video secara serius, Acer Aspire GX-281 merupakan pilihan yang baik.

Yang Canggih:

+ Desain casing minimalis
+ RAM 16GB amat memadai untuk berbagai tugas berat seperti gaming dan video editing
+ Telah dilengkapi port USB Type-C di bagian depan
+ Beberapa komponen bisa diupgrade
+ Kinerja prosesor AMD Ryzen 1700x amat baik untuk multi-tasking

Yang Kurang:

– Ketersediaan port di belakang kurang lengkap, walaupun case agak besar
– Harga cukup premium, mengingat tidak dibundel dengan monitor
– Keyboard dan mouse yang diberikan amat standar

 

Spesifikasi Acer Aspire GX-281
Prosesor AMD Ryzen 7 1700X 3,4GHz
RAM DDR4 16GB
Kartu grafis AMD Radeon RX 480 4GB
Penyimpanan SSD M.2 256GB + HDD 1TB
Konektivitas 3 x USB 3.0 Type-A, 1 x USB 3.1 Type-C, 4 x USB 2.0, gigabit ethernet, WiFi, Bluetooth
Sistem operasi Windows 10
PC Desktop dengan Performa Hebat
Jadi bagi yang membutuhkan PC untuk keperluan main game dan tugas yang berat lainnya seperti menyunting foto dan video secara serius, Acer Aspire GX-281 merupakan pilihan yang baik.
PC Desktop dengan performa hebat untuk berbagai tugas
Cek Harga

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: