Quantcast

[Hands-On] Kesan Pertama Menggenggam Moto E4 Plus, Smartphone Terjangkau dengan Baterai 5000 mAh

Acara peluncuran yang digelar Motorola pada Selasa (19/9) juga memberi kami kesempatan untuk mencicipi langsung Motorola Moto E4 Plus. Seperti diketahui, smartphone ini mengandalkan baterai 5000 mAh sebagai nilai jual utamanya dan dibanderol dengan harga yang terjangkau. Berikut adalah impresi awal kami untuk Moto E4 Plus:

Enak digenggam, terasa premium

Tak perlu terlalu banyak membahas soal kualitas rancang bangun dari smartphone Motorola. Intinya, tetap bagus dan sama sekali tidak terkesan murahan walaupun harga Moto E4 Plus hanya 2,3 jutaan saja.

Sama seperti versi non-Plus yang sudah beredar lebih dulu di Indonesia, Motorola kembali menggunakan material metal pada Moto E4 Plus. Hasilnya tetap menawan. Rasa premium begitu kental hadir di smartphone ini meski dari segi desain tidak bisa dibilang inovatif.

Cover belakangnya minimalis, hanya ada sebuah kamera lengkap dengan lampu flash serta logo Motorola di tengah. Bodi belakang ini dibuat melengkung mengikuti kontur tangan sehingga enak digenggam.

Motorola Moto E4 Plus memang bukan yang paling ringan dan tipis di kelasnya. Bobotnya 198 gram dengan ketebalan 9,6mm. Sedikit lebih bongsor dibanding Moto E4. Walaupu demikian, masih dalam batas wajar apalagi karena penyebabnya adalah penggunaan baterai yang jauh lebih besar.

Di bagian bawah Anda akan menemukan speaker serta port microUSB. Sementara audio jack 3.5mm ada di bagian atas. Di depan, ada layar 5,5 inci (sayangnya masih) HD yang ditemani sensor sidik jari dengan dukungan One-Button Navigation tepat di bawahnya.

Kinerja gesit

Jika melihat sektor hardware pendukung performa, SoC yang dibenamkan pada Moto E4 Plus mungkin tidak semenarik ‘salah satu pesaingnya’ di range harga setara. Motorola menanamkan SoC MediaTek MT6737 quad-core 1.3GHz. Untungnya RAM-nya cukup besar, yakni 3 GB, dengan memori internal 32 GB (ada slot microSD).

Namun karena Moto E4 Plus menggunakan Android 7.1.1 Nougat versi polos, kinerjanya terasa gesit dan ringan. Selama sekitar 15 menit kami bermain-main dengannya (karena waktu yang terbatas), kami tidak menemukan masalah yang mengganggu. Tapi tentunya hal itu harus dicoba lebih jauh lagi terutama setelah mengunduh banyak aplikasi dan games.

Soal kameranya, Moto E4 Plus dibekali kamera belakang 13 megapixel f/2.0 dengan autofocus dan flash serta kamera depan 5 megapixel yang juga memiliki flash. Saat kami mencoba memotret di lokasi acara peluncuran di Jakarta dengan venue yang memiliki pencahayaan agak temaram, hasilnya tergolong lumayan. Berikut foto-foto yang kami abadikan menggunakan kamera belakang dan kamera selfie dari Moto E4 Plus:

Hasil foto Moto E4 Plus (2)

Hasil foto Moto E4 Plus (1)

Kesimpulan awal

Sekilas Moto E4 Plus adalah perangkat yang cukup menarik. Di range harganya, jarang sekali yang menawarkan baterai 5000 mAh. Keunggulan yang mungkin bisa menjadikan Moto E4 Plus sebagai opsi paling menonjol bagi mereka yang memposisikan fitur ini sebagai pertimbangan utama. Dari segi kelengkapan fitur pun Moto E4 Plus lumayan komplit dan kameranya lumayan.

Pada kesimpulan awal ini, kami menilai Moto E4 Plus cocok digunakan oleh generasi muda yang memiliki aktivitas segudang dan membutuhkan smartphone terjangkau berdesain premium dengan baterai tahan lama.

Soal harga, Moto E4 Plus dibanderol Rp2.333.000. Selama masa promo antara tanggal 20-28 September 2017, Motorola akan memberikan bonus berupa headset Moto Pulse 2 senilai Rp399.000. Untuk pembelian menggunakan kartu kredit, ada cashback hingga Rp200.000. Tertarik?

Spesifikasi Moto E4 Plus
Layar IPS 5,5 inci HD
SoC MediaTek MT6737 Quad-core 1.3 GHz, GPU Mali-T720
RAM 3 GB
Memori internal 32 GB (ada slot microSD)
Kamera belakang 13 megapixel f/2.0 dengan autofocus dan flash
Kamera depan 5 megapixel dengan lampu flash
Baterai 5000 mAh (10W rapid charger)
Konektivitas 4G LTE, Bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11 b/g/n, A-GPS, GLONASS, microUSB
Sistem operasi Android 7.1.1 Nougat
Fitur Sensor sidik jari
Dimensi 155 x 77.5 x 9.6 mm (berat 198 gram)

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: