Quantcast

[Hands-On] Mencoba Moto G5S Plus, Smartphone Kelas Menengah dengan Kamera Ganda dan RAM 4 GB

Seperti diketahui Motorola telah meluncurkan smartphone berkamera ganda pertamanya untuk pasar Indonesia, Motorola Moto G5S Plus. Dalam acara yang digelar di Jakarta, Selasa (19/9), kami berkesempatan untuk mencoba langsung seperti apa keunggulan dari smartphone seharga Rp2.999.000 ini.

Penasaran? Simak ulasan singkat kami:

Desain keren khas Motorola

Motorola memang dikenal sebagai brand yang selalu menghadirkan smartphone dengan tampilan menawan. Moto G5S Plus pun demikian. Masih memiliki DNA khas Motorola yang kental, bodinya berbalut metal dengan kamera belakang yang sedikit menonjol keluar.

Bukan hal yang baru karena kebanyakan smartphone Motorola menempatkan kamera dengan cara seperti ini. Hasilnya, Anda sebagai pengguna mungkin harus sedikit hati-hati saat meletakkan Motorola Moto G5S Plus di bidang datar.

Selain kamera, cover belakang Moto G5S Plus cenderung polos. Hanya ada logo Motorola di tengah dan garis antena. Sementara di depan, Anda hanya akan menemukan sensor sidik jari sekaligus tombol Home di bawah layar, tanpa keberadaan softkey di kiri dan kanannya.

Meski berlayar lebar 5,5 inci Full HD, bodi Moto G5S Plus secara keseluruhan cukup ramping. Ketebalannya hanya 7,7mm dan beratnya 155 gram. Kami sama sekali tidak merasa kesulitan menggenggam dan mengoperasikan smartphone ini dengan satu tangan. Agak licin memang terutama di bagian belakang. Namun bisa diatasi dengan memasang casing tambahan.

Meski saat ini tren smartphone mulai beralih ke USB Type-C, Moto G5S Plus masih menggunakan microUSB. Yang menarik, Motorola membenamkan NFC, fitur yang kemungkinan akan banyak dicari para pengguna di Indonesia nantinya. Soal varian warna, di Indonesia Moto G5S Plus tersedia dalam pilihan Lunar Grey dan Fine Gold.

Kamera belakang ganda

Kami pun tak lupa untuk mencoba lebih dulu fitur kamera belakang ganda milik Moto G5S Plus. Konfigurasinya adalah dua sensor 13 megapixel f/2.0 yang terdiri dari sensor RGB (warna) dan sensor monokrom (hitam-putih). Sensor monokrom tersebut bertugas untuk menangkap lebih banyak detail untuk menghasilkan foto yang lebih baik.

Tes kamera Moto G5S Plus (1)

Yang lebih seru, kamera ganda ini memiliki fitur untuk menciptakan foto bokeh atau background blur. Bahkan, tingkat efek blur dan fokusnya juga bisa diatur setelah foto diambil. Selain blur, Anda pun bisa mengganti background foto sesuai keinginan.

Hasil fotonya sendiri tergolong baik. Kami mencoba memotret di lokasi peluncuran Moto G5S Plus, indoor dengan kondisi cahaya yang tidak terlalu terang. Untuk menciptakan efek bokeh pun sangat mudah. Tapi satu yang hal yang harus kami ungkapkan, shutter lag cukup tinggi saat menggunakan mode bokeh.

Kesimpulan awal

Kami cukup antusias saat Motorola mengumumkan bahwa Moto G5S Plus dijual dengan harga hanya Rp2.999.000 di Indonesia. Bagaimana tidak? Dual-camera, RAM 4 GB, memori internal 32 GB, Snapdragon 625, dan Android 7.1.1 Nougat polos yang menawarkan kinerja mulus adalah beberapa alasan kami untuk menyebut smartphone ini sangat menarik di kelasnya.

Meski begitu, apa yang kami ungkapkan di sini masih bersifat impresi awal. Kami butuh waktu lebih lama lagi untuk menggali lebih dalam fitur-fitur canggih di Moto G5S Plus yang akan kami tampilkan di artikel review-nya nanti.

Yang pasti, Moto G5S Plus saat ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Anda para pengguna muda yang menciptakan foto-foto kreatif dengan kamera belakang ganda, namun memiliki budget terbatas. Jangan lupa pre-order sudah dibuka mulai 20-28 September 2017, eksklusif di Lazada.co.id.

Spesifikasi Moto G5S Plus
Layar IPS 5,5 inci Full HD
SoC Qualcomm Snapdragon 625 octa-core
RAM 4 GB
Memori internal 32 GB (ada slot microSD)
Kamera belakang dua kamera 13 megapixel f/2.0 (sensor RGB + Monokrom), dengan autofocus dan flash
Kamera depan 8 megapixel dengan lampu flash
Baterai 3000 mAh (TurboCharger)
Konektivitas 4G LTE, Bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, A-GPS, GLONASS, NFC, microUSB
Sistem operasi Android 7.1.1 Nougat
Fitur Sensor sidik jari
Dimensi 153.5 x 76.2 x 8 mm (berat 168 gram)

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: