Quantcast

Review EZVIZ S5: Kamera Aksi Mungil Terjangkau yang Mampu Rekam Video 4K

Kamera Aksi Mungil Terjangkau yang Mampu Rekam 4K

Kamera aksi saat ini memang masih belum sepi peminat. Faktanya, sekarang sangat mudah dijumpai kamera aksi dari berbagai pabrikan yang menawarkan beragam fitur dan harga yang sangat variatif. Kantor redaksi kami kali ini kedatangan kamera aksi mungil dari pabrikan EZVIZ. Jika Anda belum mengetahui EZVIZ, EZVIZ adalah sub brand Hikvision yang merupakan perusahaan manufaktur CCTV terbesar di dunia.

Jadi tidak heran EZVIZ S5 memang sangat menggoda karena menjanjikan fitur perekaman hingga resolusi 4K dengan harga yang ramah di kantong. Apakah dengan semua fitur dan kecanggihannya EZVIZ S5 bisa diandalkan untuk teman liburan Anda? Simak review kami berikut ini..

Desain mungil

Seperti kamera aksi kebanyakan EZVIZ S5 hadir dengan rancangan bodi yang sangat mungil. Lebar bodinya hanya 58mm dengan tinggi bodi sekitar 45mm. Bobotnya pun sangat ringan yakni hanya sekitar 99.7 gram.

Anda tidak akan menemukan banyak tombol di bodinya. Di bagian atas, hanya terdapat tombol shutter untuk mengambil foto atau memulai merekam video. Di sisi kanan bodi terdapat 2 tombol yakni tombol power yang juga bisa digunakan untuk memilih mode dan tombol untuk mengakses pengaturan kamera. Semua tombolnya ini berukuran besar jadi dijamin Anda tidak akan menemukan kesulitan saat menekan semua tombol tersebut.

Berlanjut ke sisi kiri bodinya tersedia port microHDMI, port microUSB dan slot kartu microSD. Slot kartu memorinya ini mendukung penggunaan kartu memori microSD hingga kapasitas 128GB.

Di bagian belakang EZVIS S5 telah dilengkapi sebuah layar sentuh IPS LCD 2 inci yang resolusinya 320 x 240 pixel. Layarnya ini cukup memadai untuk menyajikan hasil foto atau video. Sayangnya di kondisi pencahayaan yang sangat terang layar ini cukup sulit untuk dilihat. Walau begitu respon layarnya dengan sentuhan jari sangat baik. Berkat kehadiran layar ini kami pun nyaris tidak memerlukan lagi smartphone hanya untuk sekedar menentukan angle pengambilan gambar.

Perlu diketahui, meski masuk kategori kamera aksi EZVIZ S5 belum dilengkapi dengan fitur ketangguhan. Oleh karena itu untuk mengajaknya berpetualang kami sangat menyarankan untuk menggunakan aksesoris bawaannya seperti case pelindungnya yang juga telah dilengkapi dengan fitur tahan air.

Aksesoris sangat lengkap
Selain bodi mungilnya, satu hal yang menjadikan EZVIZ S5 sangat menarik adalah langsung tersedianya beragam pilihan opsi aksesoris yang sangat lengkap. Di dalam paket pembeliannya Anda bisa menemukan aksesoris dari remot, casing tahan air dan beragam model dudukan yang memungkinkan EZVIZ S5 bisa digunakan di beragam situasi. Jadi Anda bisa menggunakan semua aksesorisnya ini sesuai dengan kebutuhan.

Saat menggunakan kamera ini aksesoris yang paling banyak kami gunakan adalah casing pelindungnya. Dengan tambahan casing pelindung ini Anda bisa mengajak EZVIZ S5 menyelam hingga kedalaman 40 meter. Kualitas casingnya pun amat baik. Plastiknya cukup tebal dan bisa menahan air dengan amat baik. Terbukti saat kami membawanya snorkeling EZVIZ S5 bisa tetap kering tanpa ada rembesan air atau embun yang masuk ke dalam casingnya.

Aksesoris lain yang juga sangat menarik adalah Touchable BacPac Backdoor. Berkat aksesoris ini Anda bisa tetap memanfaatkan fitur layar sentuh EZVIZ S5 meski menggunakan casing pelindungnya.

Sayangnya, Touchable BacPac Backdoor ini agak kurang responsif dengan sentuhan jari. Walau begitu, kehadirannya patut diakui sangat berguna terutama untuk di skenario pengambilan gambar di luar ruangan saat hujan atau gerimis. Perlu dicatat saat menggunakan Touchable BacPac Backdoor Anda tidak boleh mengajak EZVIZ menyelam masuk ke dalam air. Ini karena memang Touchable BacPac Backdoor tidak dirancang untuk digunakan di dalam air.

Dan aksesoris terakhir yang menurut kami sangat berguna adalah hadirnya remot. Remot ini bisa tersambung ke EZVIZ S5 dengan sangat cepat dan mudah. Ketika sudah terhubung ke remotnya Anda bisa langsung memotret atau merekam video tanpa perlu menekan tombol di kamera atau melalui aplikasi EZVIZ Sport di smartphone. Walau begitu kehadiran aplikasi EZVIZ Sport tetap dibutuhkan jika Anda ingin memindahkan hasil foto atau video ke smartphone untuk di bagikan ke media sosial.

Fitur cukup lengkap
Untuk memaksimalkan pengambilan gambar, selain bisa memotret dan mengambil video EZVIZ S5 juga telah dilengkapi dengan mode Burst untuk memotret tanpa henti dan mode Timelapse. Anda juga bisa menikmati pengambilan gambar secara gerakan lambat namun opsi ini hanya terbatas hingga resolusi HD 720P atau WVGA saja.

Mengingat EZVIZ S5 hadir dengan lensa sudut lebar 3mm yang bisa menangkap gambar hingga 158°, EZVIZ juga telah menyediakan opsi Lens Correction untuk membetulkan efek fish eye dan distorsi lensanya. Selain itu lensa ini juga sangat ideal untuk memotret selfie atau wefie.

Untuk meminimalkan blur atau goyangan tangan, EZVIZ tidak lupa menambahkan fitur EIS atau Electronic Image Stabilization. Fitur ini memang terbukti amat membantu dan bisa meminimalkan goyangan tangan saat bergerak sambil merekam video. Namun sayangnya, fitur penstabil ini hanya bisa digunakan di resolusi Full HD atau resolusi lebih rendah. Mengingat di resolusi 2.7K atau 4K tidak bisa memanfaatkan fitur penstabilnya, kami juga menyarankan untuk menggunakan gimbal atau stabilizer tambahan untuk meminimalkan goyangan tangan saat merekam video di kondisi bergerak.

Kamera ini semakin menarik dengan hadirnya dukungan opsi Profesional. Di opsi ini Anda bisa mengatur White Balance, batas ISO, tingkat ketajaman hingga profil warna sesuai dengan kebutuhan. Untuk profil warna tersedia hanya 2 pilihan yakni EZVIZ dan Flat yang akan lebih mudah untuk dikoreksi warnanya saat di proses penyuntingan.

Hasil Foto dan video bisa diandalkan
Untuk mengabadikan momen Anda, EZVIZ S5 dipersenjatai dengan sensor CMOS yang berukuran 1/2.33 inci dari pabrikan Sony yakni Sony IMX377. Kemampuan rekam videonya juga disokong oleh prosesor A9SE75 dari pabrikan Ambarella dengan dukungan RAM 4GB dan memori internal 2GB. Dengan spesifikasinya ini EZVIZ S5 bisa merekam video hingga resolusi 4K SuperView di 12.5fps untuk format PAL atau 15fps di format NTSC dan menghasilkan foto hingga maksimum 16 megapixel.

Saat mencobanya nyaris kami tidak menggunakan fitur 4K yang ada di kamera ini. Selain kurang ideal untuk membuat sebuah video yang umumnya di 25fps, di resolusi 2.7K atau Full HD EZVIZ S5 nyatanya tetap masih bisa diandalkan. Untuk melakukan perekaman video di review ini kami memilih untuk menggunakan resolusi 2.7K di 25fps. Sementara untuk pengaturan warna kami menggunakan opsi Flat dengan pengaturan WB di 5600K.

Kami menguji EZVIZ S5 di berbagai skenario pengambilan gambar. Dan patut diakui kamera ini sangat bisa diandalkan untuk mengabadikan semua momen liburan dalam bentuk video atau foto. Hasil foto dan videonya terlihat tajam dengan kendali eksposur yang cukup baik. Warna yang dihasilkan pun relatif cukup akurat di kondisi luar ruangan dengan pencahayaan yang cukup.

Kendala yang kami temukan hanyalah saat melakukan pengambilan gambar di kondisi pencahayaan yang sangat terang atau dengan latar berwarna putih seperti misalnya awan di langit. Di skenario ini EZVIZ S5 terlihat cukup kesulitan mengendalikan eksposur dan mengorbankan area highlight sehingga terlihat overexpose di area tersebut. Selain itu, mengingat ukuran sensornya yang kecil kamera ini juga pantang digunakan saat di kondisi minim cahaya.

Untuk hasil foto langsung dari kamera EZVIZ S5 tanpa proses penyuntingan berikut ini
EZVZ0279

EZVZ0051

EZVZ0208

EZVZ0091

EZVZ0218

EZVZ0170

EZVZ0040

Hasil foto lain bisa dilihat di laman FLICKR resmi yangcanggih.com berikut ini.

Untuk hasil video EZVIZ S5 berikut ini (video sudah melalui proses penyuntingan)

Butuh baterai cadangan
Jika Anda ingin liburan dengan EZVIZ S5, kami tentu saja sangat menyarankan untuk membawa baterai cadangan. Pasalnya, baterainya yang berkapasitas 900mAh ini memang relatif kecil jadi cukup cepat habis. Dari pengujian kami saat digunakan untuk pengambilan gambar di resolusi 2.7K baterainya ini masih bisa digunakan hingga sekitar 1 jam. Jika ingin lebih irit Anda bisa memilih merekam video di reoslusi Full HD dan menonaktifkan fitur EIS.

Kesimpulan
Sebagai anak baru di pasar kamera aksi di Indonesia kehadiran EZVIZ S5 menurut kami tidak bisa dianggap remeh. Kemudahan pemakaian, hasil foto dan video yang bisa diandalkan, fitur yang cukup lengkap, dan paket penjualan yang sangat komplit menjadikan EZVIZ S5 layak untuk dibeli dan mampu bersaing dengan kamera aksi lain yang lebih populer.

Apalagi, banderol harganya yang di kisaran 1,6 juta Rupiah juga tergolong terjangkau. EZVIZ S5 ini menurut kami cocok untuk modal para travel bloggers atau Anda yang sedang ingin beralih menggunakan kamera aksi yang lebih praktis dan mudah dibawa kemana saja untuk mengabadikan momen liburan dalam bentuk video atau foto.

Yang Canggih
+ Mudah digunakan
+ Harga terjangkau
+ Fitur cukup lengkap
+ Aksesoris lengkap dalam paket pembelian
+ Hasil foto dan video baik
+ lensa sudut lebar maksimal untuk wefie

Yang Kurang
– Kendali eksposur kurang konsisten
– Baterai relatif cepat habis
– 4K kurang berguna

EZVIZ S5
Kamera Aksi Mungil Terjangkau yang Mampu Rekam 4K

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: