Quantcast

Untuk mendapatkan pengalaman gaming yang maksimal memang tidak cuma soal PC berperforma tinggi. Kualitas layar untuk menampilkan gambar juga menjadi syarat utama jika kamu ingin menikmati visual yang memanjakan mata.

Yang perlu diperhatikan dari spesifikasi sebuah layar monitor tidak hanya melulu soal resolusi. Kamu juga harus memperhatikan refresh rate yang dimiliki layar tersebut, misalnya 60 Hz atau 120 Hz. Bagi yang menuntut kepuasan, layar dengan refresh rate 120 Hz adalah pilihan yang tepat.

Tapi, tahukah kamu apa saja keuntungan yang bisa kamu rasakan jika menggunakan layar dengan refresh rate 120 Hz? Nah, simak beberapa poin berikut ini:

Lebih smooth pada adegan yang bergerak cepat

Sedikit menjelaskan tentang refresh rate; ini adalah kemampuan layar untuk melakukan refresh atau menampilkan gambar setiap detiknya. Semakin tinggi refresh rate, semakin cepat sebuah monitor atau layar mampu memperbarui gambar dalam satu detik.

Karena itu, dengan refresh rate yang tinggi seperti 120 Hz, layar atau monitor yang kamu gunakan akan menampilkan setiap gerakan dalam game dengan lebih mulus. Artinya pada adegan-adegan yang bergerak cepat, gambar akan terlihat lebih nyata dan tidak blur. Sebagian besar pengguna akan langsung bisa melihat perbedaan tampilan gambar antara layar dengan refresh rate 120 Hz dengan 60 Hz.

Meminimalisir screen tearing

Pernah dengar tentang screen tearing? Secara sederhana, screen tearing adalah keadaan saat gambar terlihat seperti ada patahan dan membuat tampilannya menjadi tidak sempurna. Hal ini terjadi karena tidak ada sinkronisasi yang pas antara frame rate yang disajikan oleh kartu grafis dengan refresh rate pada layar. Atau singkatnya, kecepatan layar tidak mampu mengimbangi kecepatan kartu grafis.

Refresh rate yang tinggi merupakan solusi untuk meminimalisir gangguan-gangguan seperti screen tearing tersebut. Mata kamu bakal dimanjakan dengan transisi antar scene yang super smooth, sehingga game lebih nyaman dimainkan dan gambar tampil lebih sempurna.

Cocok untuk game yang kompetitif

Keuntungan lainnya juga bisa kamu rasakan pada game-game yang kompetitif seperti Overwatch dan Counter Strike: Global Offensive. Pada game seperti ini, perbedaan sepersekian detik saja sangat menentukan hasil akhir, apakah kamu berhasil mengalahkan musuh, atau justru sebaliknya. Karena itu, game kompetitif akan lebih baik jika dimainkan dengan frame rate yang tinggi, misalnya 120 FPS (Frame Per Second).

Akan tetapi, kamu tidak akan bisa merasakan perbedaan antara game yang berjalan di 60 FPS dengan 120 FPS jika layar kamu masih 60 Hz. Alasannya? Karena walaupun kartu grafis kamu mampu menjalankan game di 120 FPS, monitor kamu hanya me-refresh sebanyak 60 kali per detik.

Kamu butuh layar dengan refresh rate 120 Hz yang mampu memberikan respon lebih cepat dan menampilkan detail dengan lebih baik. Tak hanya itu, refresh rate pada monitor juga memiliki dampak pada input lag. Dengan refresh rate yang tinggi seperti 120 Hz, input lag akan lebih rendah dan kamu bisa bereaksi lebih cepat dari musuh kamu untuk memenangkan duel!

Ada di laptop juga

HP Omen 17 2017

Perlu kamu ketahui bahwa menikmati refresh rate 120 Hz tidak terbatas pada penggunaan monitor eksternal saja. Laptop gaming pun kini sudah dibekali layar dengan refresh rate tinggi, contohnya pada beberapa laptop OMEN by HP keluaran tahun 2017.

Dengan hardware bertenaga seperti prosesor Intel Core i7 dan kartu grafis GTX 1070, kamu bisa menikmati game AAA maupun game kompetitif dengan frame rate yang tinggi, namun tetap terlihat smooth berkat keberadaan layar 120 Hz yang diusungnya.

Jadi sudah siap mendominasi permainan dengan teknologi tercanggih?

Artikel ini merupakan hasil kerjasama YANGCANGGIH.COM dan HP Indonesia untuk mengedukasi pengguna gadget di Indonesia.

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: