Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Coolpad Cool Dual: Opsi Terjangkau untuk Mencoba Kamera Belakang Ganda

Coolpad Cool Dual 5
4
Cek Harga

Smartphone dengan kamera ganda semakin membanjiri pasaran di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, sudah banyak produsen yang membawa produk andalannya dengan kisaran harga berbeda-beda. Ada yang mengusung sistem kamera ganda di belakang, ada pula yang menyajikannya di depan untuk hasil selfie menawan.

Nah, jika Anda termasuk pengguna yang penasaran bagaimana rasanya memiliki smartphone dengan kamera ganda di belakang, Coolpad Cool Dual mungkin bisa jadi pilihan. Pasalnya, smartphone ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan smartphone berkamera belakang ganda lainnya.

Penasaran seperti apa keunggulannya? Simak ulasan kami:

Bodi metal dengan build quality baik

Coolpad Cool Dual 2 1

Coolpad dikenal sebagai brand yang memiliki produk dengan build quality cukup baik. Bahkan, smartphone ini mengusung bodi yang didominasi material metal dengan military grade yang kokoh. Meski tampil menawan, tapi jika dibandingkan dengan pendahulunya, smartphone ini tidak banyak berbeda. Apalagi jika dilihat dari depan.

Di bagian belakang, Anda akan menemukan dua buah kamera yang disusun secara vertikal, plus sebuah sensor sidik jari tepat di bawahnya. Bagian frame Cool Dual memiliki aksen metalik untuk menambah estetika.

Sementara di sisi atas dan bawah pada cover belakang, Coolpad lebih mempercayakan material polycarbonate dibanding metal. Alasannya? Agar penerimaan sinyal menjadi lebih baik.

Soal dimensi, Coolpad Cool Dual memiliki ketebalan 8.2mm. Bukan yang paling tipis di kelasnya, tapi juga tidak bongsor. Smartphone ini masih pas di genggaman tangan orang dewasa dan bobotnya pun tidak berlebihan (167 gram). Tapi yang patut digarisbawahi, cover belakangnya agak licin sehingga berpotensi lepas dari pegangan.

Oh iya, harus Anda ketahui pula bahwa Coolpad Cool Dual sudah menggunakan port USB Type-C.

Layar masih dikelilingi bezel hitam

Coolpad Cool Dual 1 1

Cool Dual hadir dengan layar IPS berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD. Tampilannya tergolong tajam dengan keluaran warna yang kaya dan sedap dipandang. Penggunaan di bawah sinar matahari dengan tingkat kecerahan maksimal pun tidak mengalami masalah yang berarti. Anda pun bisa mengganti mode layar ke berbagai opsi seperti LeEco, Vivid, Natural, dan Soft.

Yang menjadi sorotan kami, Coolpad masih menyajikan bezel hitam di sekeliling layar yang seolah sudah menjadi ‘ciri khas’ mereka. Kami sebut demikian karena dari beberapa smartphone Coolpad yang kami review, bezel hitam dengan ukuran cukup tebal ini selalu ada.

Walaupun demikian, secara keseluruhan layar smartphone ini masih memadai dan cukup nyaman untuk mendukung berbagai kebutuhan, mulai dari chatting, browsing, maupun untuk hiburan seperti menonton film atau bermain games.Coolpad Cool Dual UI 1Sektor audionya sendiri mengandalkan speaker yang posisinya menghadap ke bawah, di sebelah port USB Type-C. Tidak ada fitur spesial yang dibenamkan untuk mendongkrak performa audio. Meski begitu, suara yang dihasilkan terdengar lumayan jernih dan lantang.

Interface LeEco EMUI

Berbeda dengan smartphone Coolpad lainnya yang mengadopsi CoolUI, Cool Dual menggunakan user interface LeEco EMUI yang berbasis Android 6.0 Marshmallow. Ini membuat tampilannya nampak berbeda, dan beberapa fitur pun diakses dengan cara yang tidak umum, namun menarik.

LeEco EMUI hadir tanpa app drawer. Panel yang berisi shortcut untuk mengakses beberapa pengaturan standar seperti WiFi, Bluetooth, GPS, Airplane Mode, dan yang lainnya tidak menjadi satu dengan panel notifikasi. Anda harus masuk ke panel Recent Apps dengan menekan tombol kapasitif di bawah layar.

Dari segi performa, LeEco EMUI cukup ringan dan responsif. Tapi tidak seperti CoolUI, Cool Dual tidak memiliki fitur Dual Apps untuk mengakses dua akun sekaligus pada aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, dan sebagainya.

Catatan: Sekadar informasi, munculnya nama LeEco di smartphone Coolpad adalah karena perusahaan asal China itu resmi menjadi pemilik saham terbesar Coolpad sejak beberapa waktu yang lalu.

Kamera ganda untuk membuat foto bokeh

Inilah yang menjadi penawaran utama dari Coolpad Cool Dual. Mengusung tema ‘Twice Better’, smartphone ini dibekali kamera belakang ganda dengan dua buah sensor 13 megapixel. Yang satu merupakan kamera RGB yang menghasilkan warna pada gambar, dan satu kamera lainnya adalah monokrom alias hitam putih.

Coolpad Cool Dual 5

Kamera ganda pada Cool Dual juga didukung Phase Detection Autofocus dan dual-tone LED flash. Sama seperti sistem kamera ganda pada Huawei P9 dan P10, Coolpad Cool Dual pun bisa diandalkan untuk menciptakan foto dengan efek bokeh.

Sebagai sebuah produk yang dijual dengan harga hanya 3,2 juta rupiah, hasil foto dengan dual-camera yang ditawarkan Cool Dual tergolong bagus. Anda bisa dengan mudah membuat foto bokeh yang tingkat blur-nya dapat diatur sesuai keinginan. Bahkan, untuk pemotretan di dalam ruangan dengan cahaya temaram pun hasilnya lumayan walaupun sedikit noise tidak bisa dihindari.

Yang menjadi catatan kami, terkadang efek bokehnya terlihat tidak rapi. Ada bagian-bagian dalam foto yang tidak terkena blur secara menyeluruh. Tapi secara keseluruhan, Cool Dual merupakan opsi yang sangat menarik untuk mencicipi pengalaman memotret dengan kamera belakang ganda. (Di bawah ini adalah contoh efek bokeh yang kurang rapi. Dapat terlihat di area wajah Harry Styles)

Hasil Kamera Coolpad Cool Dual (7)

Sementara untuk kamera selfie, Coolpad Cool Dual dibekali sensor 8 megapixel PureCel f/2.2. Fitur-fitur pendukung untuk membuat selfie lebih kreatif tak lupa dibenamkan, seperti sticker dan format GIF.

Penasaran dengan hasil fotonya? Berikut beberapa momen yang kami abadikan dengan kamera Coolpad Cool Dual: (Hasil yang lebih lengkap bisa Anda akses melalui akun Flickr Yangcanggih.com)

Hasil Kamera Coolpad Cool Dual (14)

Hasil Kamera Coolpad Cool Dual (15)

Hasil Kamera Coolpad Cool Dual (8)

Performa mantap di kelasnya

Cool Dual memang smartphone dengan harga hanya 3 jutaan rupiah. Tapi untuk urusan performa, Coolpad membenamkan hardware yang menarik dibanding para pesaingnya di range harga setara.

Berbekal SoC Qualcomm Snapdragon 652 dengan prosesor octa-core 1.8 GHz, GPU Adreno 510, dan ditemani RAM 3 GB, Cool Dual mampu memberikan kinerja yang gesit untuk berbagai kebutuhan, termasuk game 3D yang biasanya menuntut performa tinggi. Sensor yang tersedia pun komplit.

Sayangnya, Coolpad Cool Dual tidak memiliki slot microSD. Anda hanya disediakan memori internal berkapasitas 32 GB. Hal ini bisa menjadi pertimbangan tersendiri yang membuat seseorang akan berpikir ulang sebelum membeli Cool Dual.

Apalagi jika Anda adalah seorang yang gemar menikmati berbagai konten. Ukuran aplikasi dan game masa kini cukup memakan storage. Belum lagi soal ruang untuk menyimpan foto dan video. Selain kekurangan ini, Cool Dual adalah smartphone yang cukup kencang di kelasnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan beberapa hasil dari aplikasi benchmark yang kami jalankan:

Baterai awet

Beralih ke daya, Coolpad menanamkan baterai 4000 mAh yang tergolong cukup besar untuk mendukung kegiatan Anda. Menurut catatan kami, Cool Dual bisa menyala hingga 1,5 hari dengan pemakaian normal seperti chatting, browsing, media sosial, memotret dengan dual-camera, dan terkadang bermain games.

Pengisian dayanya pun tidak terlalu lama karena sudah mendukung quick charge. Dari kondisi baterai di bawah 10 persen, butuh sekitar 2 jam untuk mengisi ulang daya hingga penuh.

Masih penasaran dengan performa baterainya? Langsung saja simak hasil pengujian kami menggunakan PCMark Battery Test (Work 2.0:)

Kesimpulan

Coolpad Cool Dual adalah smartphone yang menarik di kelasnya. Dual-camera, performa yang bertenaga, build quality yang kokoh, baterai yang besar, dan harga yang kompetitif adalah beberapa alasan kami menyimpulkan demikian.

Coolpad Cool Dual 1

Satu yang paling mengganjal hanya soal slot microSD. Ya, kami adalah tipe pengguna yang gemar menyimpan banyak konten di smartphone. Ketiadaan slot microSD menurut kami sangat krusial. Namun jika memori internal 32 GB menurut Anda bukan masalah, Cool Dual mungkin cocok untuk Anda.

Dibanderol ‘hanya’ Rp3.199.000, Coolpad Cool Dual layak menjadi pilihan bagi pengguna yang ingin mencicipi pengalaman smartphone dual-camera dengan harga yang terjangkau.

Yang Canggih:

+ Material metal dengan build quality bagus
+ Kamera belakang ganda
+ Performa kencang di kelasnya
+ Baterai besar dan awet
+ Layar besar yang memanjakan mata
+ Harga menarik

Yang Kurang:

– Tidak ada slot microSD
– Layar masih dikelilingi bezel hitam yang cukup tebal
– Bodi bagian belakang agak licin

[table]Spesifikasi;Coolpad Cool Dual
Layar;IPS 5,5 inci Full HD
SoC;Qualcomm Snapdragon 652 dengan prosesor octa-core 1.8 GHz dan GPU Adreno 510
RAM;3 GB
Memori internal;32 GB (tidak ada slot microSD)
Kamera belakang;Dual-Camera 13 megapixel f/2.0 yang terdiri dari sensor RGB dan sensor Monochrome
Kamera depan;8 megapixel f/2.2
Konektivitas;4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.1, A-GPS, GLONASS, BDS
Baterai;4000 mAh
Sistem operasi;Android 6.0 Marshmallow dengan LeEco EMUI
Fitur;Sensor sidik jari
Dimensi;152 x 74.8 x 8.2 mm (167 gram)
[/table]
Coolpad Cool Dual 5
Coolpad Cool Dual
Dengan budget hanya 3 jutaan rupiah, Cool Dual menawarkan pengalaman memotret dengan kamera ganda
4
Cek Harga
Back to top button