Quantcast

Inilah 8 Fitur Unggulan yang Bisa Anda Temukan di Android 8.0 Oreo

Google telah meresmikan kehadiran Android 8.0 Oreo. Cukup banyak peningkatan maupun fitur baru yang dihadirkan oleh Google pada sistem operasi penerus Nougat tersebut. Untuk memudahkan Anda mengenal Android Oreo lebih jauh, berikut kami sajikan 8 fitur unggulannya:

1. Picture-in-Picture

Jika Android 7.0 Nougat menawarkan multi-windows untuk memudahkan multitasking, Android 8.0 Oreo hadir dengan fitur yang disebut Picture-in-Picture. Lewat fitur baru ini, pengguna dimungkinkan untuk melakukan dua kegiatan sekaligus dalam satu layar, tak peduli berapapun ukuran layar tersebut.Contohnya, Anda bisa membuka aplikasi kalender untuk melihat jadwal, sambil melakukan video call melalui jendela kecil yang ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Notification Dots

Cara baru untuk melihat notifikasi yang masuk ke smartphone Anda. Notification Dots (semacam titik berwarna) akan muncul di atas icon aplikasi apabila ada notifikasi baru (dan belum dibaca) masuk ke aplikasi tersebut. Yang lebih menarik, Anda bisa menekan Notification Dots ini selama beberapa detik untuk melihat semacam Preview dari pesan yang masuk.

3. Autofill with Google: hemat waktu mengetik username dan password

Android 8.0 Oreo memiliki Autofill Framework untuk membantu Anda mengisi data-data diri seperti saat membuat akun baru, atau ingin Login ke akun lama Anda. Dengan Autofill Framework, Anda tidak perlu mengetik ulang data-data diri Anda jika sudah pernah mengisi informasi serupa sebelumnya, termasuk password. Selain lebih hemat waktu, fitur ini juga mengurangi kemungkinan salah ketik.

4. Lebih hemat baterai

Google semakin membatasi apa yang bisa sebuah aplikasi lakukan saat berjalan secara background, seperti membatasi fungsi update lokasi. Dengan begitu, Android 8.0 Oreo diklaim akan berjalan lebih efisien sehingga lebih hemat baterai.

5. Kinerja lebih cepat

Sama seperti generasi sebelumnya, Google kembali menghadirkan peningkatan dari segi performa pada Android 8.0 Oreo. Dengan sistem yang lebih dioptimalkan, aplikasi diklaim dapat berjalan lebih cepat dan lebih mulus.

6. Smart text selection

image source: mirror.co.uk

Sistem operasi anyar ini hadir dengan peningkatan pada cara kerja fitur copy-paste untuk kata maupun kalimat. Nantinya, pengguna tidak perlu mem-blok kata demi kata karena OS akan mengenali frasa dan konteks tulisan tersebut.

7. Emoji baru

Android 8.0 Oreo menawarkan lebih dari 60 emoji baru. Pengguna pun nantinya bisa mengunduh emoji tersebut dan tidak terbatas pada pilihan emoji yang tersedia secara built-in pada perangkat saja.

8. Peningkatan sistem keamanan

Dari segi keamanan, Oreo dibekali fitur Google Play Protect yang akan mendeteksi dan menghapus aplikasi yang dinilai berbahaya serta berpotensi menyebarkan malware. Google memindai lebih dari 50 miliar aplikasi setiap harinya dan secara otomatis akan membuang semua aplikasi jahat.

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: