Quantcast

[Hands-On] Sennheiser HD 4.20s: Headphone Sejutaan yang Nyaman dan Mudah Dibawa Bepergian

Sennheiser menawarkan lini produk headphone yang cukup komplit di pasar Indonesia. Dari mulai yang terjangkau hingga kelas premium, semua hadir dengan keunggulannya masing-masing.

Produk yang akan kami bahas kali ini adalah Sennheisser HD 4.20s. Harganya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 1,3 jutaan. Meski begitu, HD 4.20s bisa dibilang cukup menarik di kelasnya. Penasaran seperti apa? Simak ulasan singkat kami:

Desain nyaman, bisa dilipat

Sennheiser HD 4.20s adalah headphone yang bisa masuk kategori over-the-ear bagi sebagian orang. Mengapa demikian? Karena menurut kami, ukuran earcup-nya agak tanggung. Bagi yang bertelinga kecil hingga sedang, earcup HD 4.20s dapat menutupi keseluruhan bagian telinga. Namun lain cerita jika Anda memiliki daun telinga yang besar karena mungkin akan terjepit sebagian.

Saat kami mengenakannya, lubang earcup terasa pas dan nyaman. Earpad atau bantalannya sendiri cukup tebal, empuk, dan dilapisi kulit sintetis. Selain memberi kesan premium, material ini juga terasa lembut ketika bersentuhan dengan kulit kami.

Untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama tidak ada masalah. Enak, nyaman, tidak membuat daun telinga sakit. Anda pun bisa menggeser dan menyesuaikan posisi earcup sesuai kebutuhan.

Yang tak kalah menarik, Sennheiser HD 4.20s bisa dilipat menjadi ukuran yang lebih kecil, sehingga lebih mudah untuk membawa headphone ini saat bepergian dan pastinya lebih rapi.

Tapi satu kekurangannya, tidak ada tombol pengaturan volume eksternal. Untungnya satu-satunya tombol remote yang ada pada kabelnya bisa digunakan sebagai tombol Next, selain fungsi utamanya untuk menerima panggilan telepon masuk (ketika terhubung dengan smartphone).

Bass cukup, tidak berlebihan

Sedikit membahas kualitas suaranya, Sennheiser HD 4.20s memiliki komposisi suara yang pas alias balanced. Saat digunakan untuk memutar musik (flac) dengan bass yang dominan, headphone ini mampu memberikan hentakan yang lumayan. Bass-nya tidak berlebihan dan tidak menutupi Mid dan Treble-nya yang juga terdengar baik.

Sementara untuk musik-musik bernuansa jazz, Sennheiser HD 4.20s mampu menyajikan setiap instrumen dengan jernih. Soundstage-nya memang bukan yang terbaik di kelasnya, tapi masih dalam taraf lumayan memuaskan. Yang kami suka, HD 4.20s menawarkan noise isolation yang baik. Anda tidak akan terganggu suara-suara dari luar ketika sedang fokus mendengarkan musik atau menonton film.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Sennheiser HD 4.20s adalah headphone yang cocok untuk mendengarkan berbagai genre musik. Untuk menonton film atau bermain games pun bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pasalnya, selain kualitas suaranya cukup baik, headphone ini nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Ketika Anda ingin membawanya di dalam tas pun, Anda tinggal melipatnya agar lebih rapi.

Di Indonesia, Anda bisa membeli Sennheiser HD 4.20s dengan harga sekitar 1,3 jutaan rupiah.

Yang Canggih:

– Earpad empuk dan nyaman digunakan
– Noise isolation cukup baik
– Bass bertenaga, tapi tidak berlebihan
– Mid dan Treble pas
– Mudah dilipat dan dibawa bepergian
– Harga menarik

Yang Kurang:

– Tidak ada tombol pengaturan volume
– Kurang cocok untuk yang memiliki telinga besar

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: