Quantcast

Mengenal DTS Headphone:X, Teknologi 3D Audio untuk Headphone

Bagi para penggemar konten multimedia, kualitas audio yang mumpuni jelas menjadi syarat utama untuk bisa mendapatkan pengalaman yang lebih maksimal. Tidak hanya ketika mendengarkan musik saja, film dan games pun akan terasa lebih memuaskan jika didukung audio terbaik.

Salah satu hal yang memungkinkan pengalaman audio menjadi lebih nyata adalah surround sound. Didukung home theater dengan multi-speaker, pengguna akan merasakan audio yang akurat dari segala arah dan seolah-olah berada di lokasi yang ada di film atau games yang sedang dimainkan.Namun apakah untuk menciptakan surround sound harus selalu menggunakan banyak speaker? Nah, jawabannya tidak. Ada teknologi bernama DTS Headphone:X yang mampu membuat simulasi 3D Environment pada headphone! Artinya, suara yang dihasilkan akan terdengar persis seperti yang diinginkan si pembuat konten.

Cocok untuk Film, Musik, dan Games

Teknologi DTS Headphone:X ini cocok diimplementasikan pada konten-konten seperti film, musik, dan games. Untuk film, Headphone:X mampu menyajikan pengalaman yang nyata dan cinematic di headphone penggunanya. Pengalaman yang kurang lebih sama dengan 11.1 channel surround sound di bioskop.

Sementara untuk musik, file audio yang direkam menggunakan Headphone:X surround sound akan menciptakan sound staging yang akurat. Tidak hanya itu, teknologi ini juga dapat meningkatan kualitas secara keseluruhan dari musik yang sudah dimiliki si pengguna.

Untuk urusan games tak kalah menarik. Headphone:X dapat memberikan keuntungan karena games bisa mendengar dari mana datangnya musuh, maupun dari mana asal suara tembakan. Dengan begitu, gamer bisa mengantisipasi dan mengurangi kemungkinan diserang musuh dari lokasi yang tidak diketahui.

Rangkaian produk yang mendukung

Asyiknya lagi, sekarang ini sudah ada beberapa produk di pasaran yang mendukung teknologi DTS Headphone:X. Di kategori gaming desktop, ada HP Omen X. Begitu juga laptop OMEN telah dilengkapi teknologi ini. Sementara di ranah gadget mobile ada Asus ZenFone 3 Ultra, Huawei Nova, Acer Liquid Jade 2, serta Asus ZenPad 3s dan ZenPad Z8. Kategori headphone diwakili Logitech G933 Aremis Spectrum, Steelseries Arctis 5, dan Steelseries Siberia 350.

Untuk kontennya sendiri, saat ini film yang sudah mengadopsi teknologi DTS Headphone:X adalah Jason Bourne. Film yang dibintangi Matt Damon tersebut sudah tersedia dalam format Digital HD, 4K Ultra HD, dan Blu-ray. Selain itu, tour Smoke + Mirrors dari band Imagine Dragons juga direkam dengan DTS Headphone:X, agar lebih memberikan kesan realistis seperti menonton langsung konsernya.

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: