Quantcast

Review Acer Swift 3: Tipis dan Ringan dengan Performa yang Bisa Diandalkan

Tipis dan ringan dengan performa yang bisa diandalkan

Perkembangan laptop dengan desain yang semakin tipis dan ringan tidak lepas dari inovasi teknologi prosesor yang ditawarkan oleh Intel. Tidak heran saat ini para pekerja yang memiliki mobilitas tinggi semakin dipermudah dengan banyaknya pilihan laptop berdesain langsing yang muncul di pasaran. Di segmen ini Swift 3 dari Acer berhasil tampil menonjol dan menarik perhatian kami dengan menawarkan desain bodi sangat langsing yang menjanjikan performa dan baterai tahan lama. Apakah benar terbukti kehebatannya? Mari simak review kami berikut ini.

Desain premium yang menawan

Acer Swift 3 terlihat memesona dengan desain premium dan rancangan bodinya yang terasa sangat solid. Laptop ini memiliki profil bodi yang hanya setebal 17.95mm. Bobotnya juga dijamin tidak akan memberatkan tas dan mudah diajak bermobilitas karena hanya seberat 1.5 Kg.

Lekukan sudut-sudut yang agak membulat di setiap tepian bodinya berhasil membuat tampilannya semakin cantik. Untuk menonjolkan kesan premium, Acer Swift 3 dilapisi cover bodi yang terbuat dari 100% metal dengan sentuhan anodized sandblasting yang menjadikan permukaannya terasa sangat halus. Pilihan warna bodinya ada 2 yaitu Luxury Gold dan Sparkly Silver.

Tidak hanya estetika desain yang apik, aspek fungsionalitasnya juga tetap mendapat porsi perhatian. Ini terbukti dengan bisa ditemukannya port konektivitas yang cukup lengkap di bodinya.

Di sisi kiri bodinya bisa ditemukan satu port USB 3.0. Port ini didukung dengan fitur power-off USB Charging untuk isi ulang baterai smartphone seperti menggunakan Powerbank tanpa harus menyalakan laptop. Kemudian tersedia juga port HDMI dan sebuah port USB 3.1 Type C.

Port USB Type-C ini selain bisa difungsikan untuk mengisi daya input atau output juga bisa dimanfaatkan sebagai port display untuk menghubungkannya ke monitor atau layar tambahan. Sementara di sisi kanan bisa ditemukan satu slot pembaca kartu memori SD, jack audio, dan port USB 2.0.

Guna mendukung aktivitas Anda Acer Swift 3 juga telah dilengkapi fitur Dual Band WLAN AC 2×2 MU-MIMO yang bisa memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan internet dengan kecepatan 5 kali lebih cepat dari biasanya.

Layar cukup memuaskan

Acer Swift 3 hadir dengan mengusung panel layar HD IPS berukuran 14 inci. Resolusi layarnya ini memang belum Full HD namun tampilan di layarnya terlihat cukup memuaskan. Meski akurasi warna layarnya cukup baik untuk mendapatkan tampilan yang optimal layarnya wajib diatur ke sudut penglihatan yang tepat.

Saat berkerja di kondisi luar ruangan dengan cahaya yang berlimpah, kami pun menjumpai kesulitan karena layarnya agak cukup sulit terlihat walau tingkat gelap terang sudah diatur maksimal. Tapi untunglah berkat dukungan teknologi Acer ComfyView layarnya ini bisa mengurangi efek pantulan yang berlebihan sehingga lebih nyaman dipandang mata.

Tidak ketinggalan hadir juga fitur Acer BlueLight Shield yang bisa mengurangi efek pancaran cahaya biru dari layarnya untuk melindungi mata dari kelelahan saat menatap laptop ini dengan jangka waktu yang lama.

Keyboard nyaman untuk mengetik, didukung sensor sidik jari

Untuk menemani Anda berkerja Acer Swift 3 dilengkapi keyboard bergaya chiclet. Tombol keyboardnya memiliki ukuran yang cukup besar dengan jarak antar tombol yang cukup berjauhan.

Ini menjadikan mengetik di keyboardnya terasa cukup nyaman dan tidak terlalu melelahkan tangan saat digunakan jangka waktu yang lama. Cukup disayangkan keyboardnya ini belum dilengkapi dengan lampu backlit. Jadi kurang ideal saat digunakan untuk mengetik di ruangan yang gelap atau minim cahaya. Beralih ke area touchpad, touchpad mousenya yang berukuran besar juga sangat responsif sehingga membuat jari leluasa untuk bergerak.

Menemani keyboard dan mousepadnya, Anda juga bisa menumkan sensor sidik jari yang menjadi salah satu fitur yang diandalkannya. Berkat sensor sidik jari ini Anda bisa login Windows dengan lebih cepat dan mudah tanpa perlu lagi mengetik password.

Performa memadai untuk komputasi harian

Di balik desain langsingnya, Swift 3 yang kami review berikut ini diotaki prosesor Intel Core i7-6500U, RAM DDR4 8GB dan telah menjalankan sistem operasi Windows 10.

Untuk komputasi harian seperti mengetik, berselancar di internet ataupun menyunting foto dan video sederhana bisa dilahapnya dengan tanpa masalah. Manajemen thermal laptop ini juga tergolong baik, meski rasa hangat di area keyboard sesekali masih tetap terasa saat sistem berkerja maksimal.

Secara keseluruhan performanya terasa gegas. Berkat ruang penyimpanan SSD Anda pun bisa merasakan performa booting yang lebih cepat. Untuk kapasitas SSD yang dibawanya hadir dengan kapasitas 256GB, cukup lapang untuk menyimpan seluruh file pekerjaan dan multimedia Anda.

Hasil benchmark Acer Swift 3 bisa dilihat berikut ini:

Sebagai sarana hiburan, Acer Swift 3 juga ternyata masih bisa diandalkan. Meski tidak kami sarankan untuk bermain game dengan laptop ini, namun kinerjanya masih cukup memadai untuk game-game yang tidak memerlukan kinerja grafis berat dan mumpuni untuk memutar konten file video dengan format 4K yang bisa dijalakan dengan sangat mulus. Apalagi, output suara yang dihasilkan speakernya juga terasa cukup bertenaga. Jadi tidak hanya untuk berkeja, laptop ini juga bisa digunakan untuk menikmati konten multimedia tanpa harus beralih ke perangkat lain seperti tablet atau smartphone.

Baterai tahan lama
Acer Swift 3 semakin menarik dengan baterainya yang diklaim sangat irit. Pada prakteknya, kami yang sering berkerja di luar kantor sangat terbantu dengan ketangguhan baterainya. Untuk menikmati film dengan format Full HD berdurasi sekitar 2 jam tanpa menyalakan WiFi, baterainya hanya terpakai 30% dari posisi 100%. Sementara jika WiFi aktif dan digunakan untuk kebutuhan standar seperti mengetik dan browsing dengan tingkat gelap terang layar 50%, baterainya bisa bertahan sekitar 6 jam.

Kesimpulan
Dari pengujian kami Swift 3 adalah laptop tipis dan ringan dengan performa yang bisa diandalkan. Banderol harganya yang dipatok Rp12.799.000 memang relatif tinggi, namun jika tidak keberatan dengan harganya laptop ini kami rekomendasikan untuk pengguna mahasiswa atau eksekutif muda yang sering berkerja di luar ruangan.

Yang Canggih:
+ Bodi tipis dan ringan
+ Performa memadai
+ Baterai cukup tahan lama
+ Konektivitas lengkap
+ Desain premium
+ Dilengkapi sensor sidik jari

Yang Kurang
– Layar sulit terlihat saat di kondisi cahaya terang
– Keyboard tidak dilengkapi lampu backlit
– Harga relatif tinggi

Acer Swift 3
Tipis dan ringan dengan performa yang bisa diandalkan

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: